Sponsors Link

11 Efek Kebiri pada Anjing

Sponsors Link

Setelah dikebiri, anjing peliharaan akan sangat membutuhkan perhatian Sobat. Efek pengebirian akan memengaruhi kesehatan anjing peliharaan dan kemampuannya menghasilkan keturunan. Walaupun caranya sederhana, anjing peliharaan akan sangat kelelahan dan mungkin merasa tidak nyaman untuk sementara.

ads

Walaupun demikian, hewan peliharaan masih akan menyayangi Sobat. Oleh sebabnya, lakukan yang terbaik untuk mencegah infeksi dan merawat anjing peliharaan untuk cepat sembuh dengan memahami apa saja 11 Efek Kebiri pada Anjing beserta cara penanganannya berikut.

1. Lebih banyak tidur

Begitu tiba di rumah, pastikan anjing peliharaan memiliki kandang nyaman untuk berbaring. Sebaiknya untuk menyediakan kandang yang setenang mungkin sebab anjing peliharaan akan banyak tidur setelah dikebiri. Cek anjing peliharaan Sobat sejam sekali untuk memastikannya tidak muntah. Jauhkan hewan peliharaan lain dan anak anak dari anjing peliharaan Sobat. (Baca juga mengenai mengobati infeksi di telinga anjing)

2. Efek bius

Selalu siapkan air minum untuk anjing peliharaan. Tapi, jangan beri makan anjing peliharaan sampai efek bius hilang sepenuhnya. Biasanya, efek bius sudah hilang di malam hari setelah berlangsungnya kebiri. Tapi, banyak anjing peliharaan mengalami mual setelah kebiri dan hanya bisa sedikit makan,

itu pun apabila makan sama sekali. Untuk makanan pertama anjing peliharaan setelah kebiri, berikan setengah porsi makanan sehari harinya. Berikan sisanya sedikit demi sedikit di sepanjang hari tersebut.  (Baca juga mengenai menghilangkan trauma pada anjing)

3. Sedikit lesu

Efek kebiri pada anjing mungkin akan membuatnya sedikit lesu, namun jia terjadi lesu terus menerus, penurunan selera makan, dan muntah muntah atau diare yang tidak kunjung berhenti pada anjing peliharaan. Hubungi dokter apabila gejala gejala ini muncul lebih dari sehari setelahkebiri.

  • Untuk 24 jam pertama setelah kebiri, gejala gejala di atas belum perlu dikhawatirkan, kecuali terjadi berlebihan.  (Baca juga mengenai menghilangkan gatal pada anjing)

4. Efek batuk

Jangan khawatir apabila anjing peliharaan sedikit batuk batuk. Slang pernapasan yang digunakan untuk membantu pernapasan anjing peliharaan selagi dalam pengaruh bius dapat menyebabkan iritasi yang akan sembuh dalam beberapa hari.

Pakaikan kerah yang saat ini dikenal sebagai “corong” memiliki bentuk serupa tutup lampu terbalik. Alat ini akan mencegah anjing peliharaan menjilat dan menggigit luka bekas kebiri. Hal ini penting untuk menjaga jahitan, mencegah infeksi, dan mempercepat penyembuhan.  (Baca juga mengenai mengatasi anak anjing sembelit)

5. Kemerahan di bekas kebiri

Pastikan bekas luka bekas kebiri di tubuh anjing peliharaan sepenuhnya sembuh. Utamanya, perhatikan kemerahan, pembengkakan, atau keluarnya cairan di sekitar bekas luka. Sedikit bengkak kemerahan di dekat luka biasanya normal, tetapi hubungilah dokter hewan apabila muncul cairan atau pembesaran bengkak di bekas luka.  (Baca juga mengenai melatih anjing agar tidak galak)

Sponsors Link

6. Efek stres sementara

Efek penyembuhan tidak boleh diganggu sehingga anjing peliharaan harus banyak istirahat. Bawalah anjing peliharaan berjalan jalan sebentar dengan tali kekang, dan sebaiknya menjauh dari hewan hewan lainnya. Jangan lepaskan tali kekang, bahkan di dalam taman atau halaman berpagar.

  • Pilih waktu berjalan jalan yang sepi dari anjing peliharaan lain.
  • Apabila Sobat melihat anjing peliharaan lain, seberangi jalan atau berbeloklah sehingga tidak berpapasan dengannya untuk mengurangi stres dan mengurangi potensi gerakan yang mendadak.

7. Gatal di bekas luka

Selama dua minggu setelah kebiri, jangan biarkan anjing peliharaan bergelutan, melompat lompat, atau bahkan berlari. Luka harus disembuhkan sepenuhnya sebelum anjing peliharaan bisa kembali aktif.

ads
  • Sobat boleh mulai membiarkan anjing peliharaan berkeliaran di halaman apabila bekas luka sudah mulai tampak sembuh. Tapi, tetap gunakan tali kekang sampai luka kebiri sembuh total.

8. Efek perih di bekas kebiri

Sebaiknya anjing peliharaan tidak mandi dulu selama 10 hari. Ikuti instruksi dari dokter hewan perihal lama waktu penyembuhan. Sebaiknya tunggu minimal seminggu sebelum membasahi tubuh anjing peliharaan untuk mencegah risiko infeksi.

  • Apabila anjing peliharaan berbaring di kamar mandi, atau harus dibersihkan sebab suatu alasan, pakai shampo nonair dari toko hewan peliharaan. Jangan sampai shampo ini kena area bekas luka pada anjing peliharaan.

9. Efek perubahan bekas luka kebiri

Baca kembali dokumen kebiri anjing peliharaan. Sobat harus memastikan bahwa kebiri menggunakan “benang yang menjadi daging”, yang tidak perlu dilepaskan dan menyatu dengan aman. Apabila benang ini tidak digunakan, mungkin Sobat perlu kembali mengunjungi dokter hewan untuk melepaskannya. Kalau Sobat ragu, hubungi dokter hewan yang melakukan prosedur kebiri.

  • Dokumen kebiri anjing peliharaan dapat membuktikan bahwa anjing peliharaan telah dikebiri sehingga simpanlah dengan baik. Selain itu dokumen juga menunjukkan vaksin yang diterima anjing peliharaan, dan informasi lainnya, misalnya apakah anjing peliharaan ditanamkan mikrocip (biasanya dilakukan bersamaan dengan prosedur pengebirian).

10. Efek perasaan lebih tenang

Apabila anjing peliharaan Sobat menggila dan memiliki energi yang banyak hingga dia melompat di pintu, tanyakan pada dokter hewan Sobat apakah berjalan santai bukanlah masalah. Selalu gunakan rantai anjing peliharaan ketika berjalan.

  • Pada masa tiga hingga empat hari setelah kebiri, Sobat dapat mempertimbangkan untuk mengajak anjing peliharaan Sobat berjalan jalan. Berjalanlah di permukaan yang datar dan tidak lebih dari lima menit.

Apabila Sobat memiliki anjing peliharaan lain yang ingin bermain kasar dengan anjing peliharaan Sobat yang sedang dalam efek penyembuhan, perhatikanlah terus agar mereka tidak melakukannya pada anjing peliharaan Sobat yang baru melakukan kebiri. Jangan bermain perang dengan anjing peliharaan Sobat, atau permainan lain yang membutuhkan pergerakan.

  • Apabila Sobat khawatir tidak dapat mengendalikan anjing peliharaan Sobat yang lain, cobalah minta teman Sobat untuk menjaga anjing peliharaan anjing peliharaan tersebut hingga bekas jahitan pada anjing peliharaan Sobat sudah disingkirkan.
Sponsors Link

11. Efek sensitif sementara

Sama seperti prosedur kebiri mayor, pasien harus tidak merasakan sakit. Kebanyakan dokter hewan menggunakan kombinasi penawar rasa sakit (opioid dan non steroid) ketika dikebiri, dan memulngkan anjing peliharaan dengan menggunakan penawar rasa sakit pada mulut untuk dibawa pulang.

  • Ketahuilah bahwa beberapa anjing peliharaan lebih sensitif dan bisa merasa lebih sakit dibandingkan dengan anjing peliharaan lain. Waktu rata rata yang dibutuhkan untuk menggunakan pereda rasa sakit adalah selama empat hingga lima hari, tetapi mungkin anjing peliharaan Sobat tidak membutuhkannya selama itu.
  • Jangan gunakan penawar rasa sakit tanpa resep dari dokter hewan Sobat.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 18th, October 2018 / 13:38 Oleh :
Kategori : Anjing