Sponsors Link

8 Efek Samping Steril Pada Anjing Patut Diperhatikan

Sponsors Link

Terdapat beberapa isu yang cukup penting untuk anda ketahui dan di pertimbangkan. Terlebih lagi ketika anda tengah mendapatkan anak anjing. Perawatan seperti vaksinasi, pemberian makanan hewan, obat cacing, pelatihan dasar, dan lain-lain harus lebih anda pahami. Ini semua faktor yang memang harus ditangani dalam tiga sampai empat minggu pada saat pertama kali sang hewan peliharaan telah anda pelihara.

ads

Keputusan lain yang harus di lakukan adalah langkah sterilisasi pada anjing. Terkadang hal ini yang kebanyakan di abaikan oleh banyak pemelihara lantaran terlalu berat untuk melakukannya. Padahal ini adalah langkah terbaik dan tepat bagi si anjing itu sendiri, khususnya betina. Sedang beberapa pertanyaan telah di sampaikan sebagian orang lantaran kurang mengertinya tentang steril itu sendiri. Adapun pertanyaan itu adalah sebagai berikut:

  • Apa yang di maksud dengan steril pada anjing?

Nah, ini merupakan pertanyaan umum yang di sampaikan oleh sebagian orang. Adalah hal yang wajar jika anda pun harus mempertanyakan seputar steril. Jawaban yang paling tepat yakni, steril merupakan langkah pengangkatan organ reproduksi (ovarium, saluran telur, rahim) dan atau steril pada hewan jantan berarti mengangkat testisnya.

Tujuan dari sterilisasi adalah untuk mencegah hewan berkembang biak (sehingga mengurangi over populasi hewan peliharaan anda). Sterilisasi akan memberikan banyak manfaat kesehatan pula untuk sang hewan dan juga mengurangi masalah pada perilaku tertentu yang tidak diinginkan. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Pada Bulu Anjing)

  • Perlukah anjing mempunyai anak sebelum di sterilisasi?

Untuk jawaban yang satu ini, tentu saja tidak. Semua bukti medis telah menunjukkan anjing yang sebaik-baiknya disteril terlebih dahulu sebelum loop pertama. Semakin muda usianya, maka akan semakin mudah langkah operasi yang dilakukan oleh dokter hewan dan semakin cepat masa penyembuhannya.

Sterilisasi tentu sangat penting bagi semua anjing untuk mengurangi birahi mereka. Dengan begitu hewan peliharaan anda tidak akan mudah mengundang anjing lainnya (khususnya beda kelamin) untuk datang kerumah. Selain itu khusus untuk anjing betina tidak akan sering hamil. Namun langkah ini tentu saja mempunyai beberapa efek samping. Adapun Efek Samping Steril Pada Anjing akan di sampaikan di bawah ini berdasarkan pertanyaan yang di ajukan. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Koreng Pada Anjing)

  • Apa saja Efek Samping Steril Pada Anjing?

Beberapa efek sampingnya adalah sebagai berikut:

  1. Sakit

Sakit tentu sudah pasti akan di rasakan bagi sang anjing setelah di lakukan sterilisasi. Sakit yang di rasakan khususnya pada bagian organ reproduksi yang telah di angkat baik pada anjing jantan maupun betina.

  1. Nyeri

Selain sakit, nyeri akan timbul beberapa waktu pada masa setelah operasi. Berbeda dengan sakit yang terjadi ketika baru saja usai di operasi karena rasa nyeri ini akan di rasakan oleh anjing untuk keesokan harinya sampai keadaan benar-benar kering. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Gemetar Pada Anjing)

  1. Panas

Panas juga menjadi salah satu dampak yang akan timbul ketika Anjing di sterilkan yang akan di rasakan pada bagian organ reproduksi. Hanya saja panas yang di rasakan tidak amat sangat, hanya sekedarnya saja.

  1. Dehidrasi

Setelah mengalami masa sterilisasi, anjing akan sering merasa haus. Akan tetapi tetap batasi dalam pemberian minum. Maksudnya bukan berarti anda memberikan sedikit air, akan tetapi pastikan tidak sangat banyak air yang di minum anjing setelah masa sterilisasi. Karena agar bekas pengangkatan (operasi) tersebut tidak terus basah.

  1. Lebih Tenang

Tenang sudah pasti akan terjadi, maksudnya yakni para anjing tersebut tidak akan agresif lagi terhadap lawan jenis. Karena seperti yang telah di ketahui bahwa proses sterilisasi juga bisa untuk mengurangi birahinya. (Baca Juga: Cara Anjing Mengenali Majikannya)

Sponsors Link

  1. Nafsu Makan Normal

Untuk nafsu makannya tidak ada masalah, efek samping dari hasil sterilisasi pada anjing tidak pengaruh pada nafsu makan mereka. Umumnya beberapa perawatan akan memberikan dampak pada nafsu makan entah bertambah atau berkurang. Tetapi jika untuk pengangkatan organ reproduksi ini nafsu makan anjing tetap normal. Kalaupun nafsu makan si anjing berkurang, mungkin saja ada faktor lain yang memicu.

  1. Mudah Tidur

Mudah tidur akan sangat baik bagi anjing karena kurangnya aktifitas yang akan membuatnya lelah. Efek samping lainnya yakni membuat si anjing mudah tidur, meskipun tidak semuanya sama. Biar bagaimanapun masing-masing anjing akan mempunyai efek samping berbeda-beda.

  1. Mata Sayu

Mata yang satu adalah efek dari setelah mengalami masa operasi. Adalah hal yang wajar mengingat si anjing sendiri baru saja mengalami masa-masa yang bisa di katakan sakit. Pandangan anjing tidak fokus dan seperti sedang mengantuk namun anda tidak perlu khawatir. (Baca Juga: Cara Memberi Makan Anak Anjing 2 Bulan)

Mengetahui beberapa hal di atas anda sebagai majikan itu penting sekali, akan tetapi Anda tidak perlu khawatir terlalu berlebihan dikarenakan memang kedelapan efek samping steril pada Anjing hanya akan terjadi dalam jangka yang tidak lama. Setelah melewati beberapa waktu, Anjing akan pulih dengan sendirinya. Akan tetapi kalau Anda menemukan kejadian yang diluar kewajaran, maka sebaiknya segera menghubungi Dokter terdekat atau bertanya terhadap pemilik Anjing lainnya yang lebih berpengalaman.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 05th, September 2018 / 05:05 Oleh :
Kategori : Anjing