Sponsors Link

10 Fungsi Bulu pada Kucing

Sponsors Link

Sobat tentu paham ya bahwa kucing memiliki bulu yang beraneka warna dan bulu adalah satu bagian dari tubuh kucing yang membuatya lucu serta tampak menarik.

ads

Nah sobat, bulu di tubuh kucing ternyata tidak hanya sebagai penghias dan mempercantik dirinya saja, namun juga bermanfaat untuk keseharian dan metabolismenya juga, berikut selengkapnya yang penulis uraikan pada kesempatan kali ini, 10 Fungsi Bulu pada Kucing.

1. Melindungi Diri

Bagi bangsa kucing peliharaan dan semua jenis kucing fungsi bulu pada kucing merupakan alat penting untuk mempertahankan hidup. Fungsi bulu pada kucing  melindungi tubuh kucing peliharaan dan semua jenis kucing dari cuaca panas dan dingin serta air hujan.

Bagi kucing peliharaan dan semua jenis kucing yang hidup di alam bebas, warna dan corak fungsi bulu pada kucing kucing peliharaan dan semua jenis kucing juga berfungsi sebagai alat penyamaran yang sangat diperlukan untuk berburu maupun mempertahankan diri dari musuhnya. (Baca juga mengenai fungsi kucing dijemur)

2. Pengatur Suhu

Terletak di lapisan paling bawah, fungsi ini berupa fungsi bulu pada kucing lembut yang biasanya berombak atau cenderung keriting dan disebut down hair. Bentuknya pipih dan tidak bisa berdiri tegak, jumlah down hair lebih banyak dari pada guard hair.

Fungsi utama dari fungsi bulu pada kucing  ini untuk melindungi agar lapisan udara kering di dekat kulit tidak basah oleh air . Dengan kata lain fungsi bulu pada kucing  ini berfungsi yang berfungsi sebagai pengatur suhu.  (Baca juga mengenai fungsi steril pada kucing jantan)

3. Membentuk Warna Kulit atau Ciri Khas

Merupakan fungsi bulu pada kucing  pada lapisan atas yang berukuran lebih besar dan lebih panjang dibandingkan downhair. Guard hair nampak seperti fungsi bulu pada kucing yang muncul dari gerombolan downhair. Bagian ujung dari fungsi bulu pada kucing  ini

merupakan fungsi bulu pada kucing  yang nampak dari luar tubuh kucing peliharaan dan semua jenis kucing, mempunyai pigmentasi sehingga membentuk warna dan pola kucing peliharaan dan semua jenis kucing dan berfungsi sebagai kamulfase.  (Baca juga mengenai fungsi kebiri pada kucing)

4. Melindungi dari Air Hujan dan Radiasi Matahari

Fungsi bulu pada kucing  ini juga berfungsi menumpahkan air dan melindungi kulit kucing peliharaan dan semua jenis kucing dari hujan dan radiasi sinar matahari. Guard hair merupakan fungsi bulu pada kucing  yang berdiri ketika kucing peliharaan dan semua jenis kucing merasa terancam atau merasa takut.  (Baca juga mengenai fungsi grooming pada kucing)

Sponsors Link

5. Untuk Menumpahkan Air Jika Terkena Air

Fungsi bulu pada kucing  ini lebih panjang dari undercoat akan tetapi lebih pendek dari guard coat. Pada awalnya tumbuh sebagai guard hair namun sebelum sampai tengah perjalanan pertumbuhannya berubah menjadi fungsi bulu pada kucing yang kecil dan berombak (mirip undercoat).

Bagian bawah berfungsi seperti undercoat (thermoregulator) sedangkan bagian atas berfungsi seperti guard hair (menumpahkan air). Karena bentuknya yang kecil, fungsi bulu pada kucing ini tidak bisa berdiri seperti guard hair.  (Baca juga mengenai fungsi catnip pada kucing)

6. Sebagai Alat Sensor

ads

Bagian dengan fungsi ini disebut whisker atau vibrissae merupakan sekelompok fungsi bulu pada kucing yang terletak di moncong kucing peliharaan dan semua jenis kucing (dekat bibir dan hidung), di atas mata serta di bagian belakang kaki depan.

Berbeda dengan fungsi bulu pada di bagian tubuh yang lain, di dalam fungsi bulu pada kucing  yang kaku ini penuh tertanam syaraf syaraf kecil yang berfungsi layaknya sensor sentuh. Whisker dapat disetarakan dengan GPS atau radar pelacak bagi seekor kucing peliharaan dan semua jenis kucing.

Syaraf pada whisker sangatlah sensitif terhadap pergerakan udara di sekelilingnya, dengan merasakan perubahan pada arus udara, kucing peliharaan dan semua jenis kucing bisa mendeteksi keberadaan benda benda disekelilingnya sehingga kucing peliharaan dan semua jenis kucing dapat berjalan di dalam kegelapan.

Demikian juga kucing peliharaan dan semua jenis kucing yang buta masih dapat berjalan dengan mudah di dalam sebuah ruangan. Pada keadaan ini kucing peliharaan dan semua jenis kucing menggunakan whisker seperti layaknya manusia menggunakan telapak tangan untuk meraba raba dalam kegelapan.

7. Melindungi Kulit

Fungsi bulu pada kucing kucing peliharaan dan semua jenis kucing juga menjadi pelindung ketika kucing peliharaan dan semua jenis kucing bertengkar dengan musuh atau ketika mencri mangsa, fungsi bulu pada kucing kucing peliharaan

dan semua jenis kucing yang tebal dan merata di seluruh tubuh akan menyulitkan musuh menyentuh kulitnya secara langsung sehingga kulit kucing peliharaan dan semua jenis kucing terlindungi dari sentuhan langsung dari musuh tersebut.

8. Mencegah Infeksi

Fungsi bulu pada kucing kucing peliharaan dan semua jenis kucing berfungsi untuk mencegah kulit kucing peliharaan dan semua jenis kucing dari infeksi sebab dengan adanya fungsi bulu pada kucing kucing peliharaan dan semua jenis kucing, kulit kucing peliharaan dan semua jenis kucing tidak bisa terkena langsung dengan area sekitar sehingga memperkecil kemungkinan kulitnya untuk terkena paparan kuman.

9. Kehangatan Tubuh

Fungsi bulu pada kucing pada tubuh kucing peliharaan dan semua jenis kucing membuat tubuh kucing peliharaan dan semua jenis kucing dalam keseharian tetap hangat karena selalu tertutup, sehingga kucing peliharaan dan semua jenis kucing dapat beradatasi dengan baik ketika berada di lingkungan yang dingin atau ketika berada dlaam cuaca yang ekstrim seperti musim salju yang ada di luar negeri.

10. Tempat Keratin dan Protein

Fungsi bulu pada kucing  ialah tempat keratin, suatu senyawa protein yang muncul atau tumbuh dari dalam folikel fungsi bulu pada kucing  (folliculus pili) yang ada di dalam kulit. Pada setiap folikel fungsi bulu pada kucing terdapat satu fungsi bulu pada kucing  utama (guard hair)

Sponsors Link

yang dikelilingi lebih kurang 15 fungsi bulu pada kucing  tambahan (secondary hair). Setiap fungsi bulu pada kucing  mempunyai akar yang tertanam di dalam kulit dan batang yang nampak dari luar. Sehingga tidak hanya bermnafaat dar luar tubuh saja namun juga berhubungan dengan anggota tubuh atau kulitnya di bagian dalam.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan berkualitas untuk sobat semua, sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Tuesday 11th, September 2018 / 23:46 Oleh :
Kategori : Kucing