Sponsors Link

10 Fungsi Grooming pada Kucing

Sponsors Link

Kebersihan adalah kenyamanan yang didambakan semua makhluk hidup ya sobat, tidak hanya manusia saja, namun juga pada kucing. Kucing adalah hewan yang menyukai kebersihan yang ia sering melakukannya dengan cara menjilati tubuhnya sendiri secara alami,

ads

nah sobat, cara tersebut merupakan slaah satu cara untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada tubuhnya. Namun tentunya hal itu saja tidak cukup untuk menjaga kebersihan terlebih kecantikan bulunya,

kucing sekali waktu juga perlu untuk dimandikan sehingga tubuhnya terada benar benar bersih hingga ke lapisan kulitnya, dalam istilah kesehatan kucing, memandikan kucing disebut dengan grooming,

namun tahapan yang dilakukan disertai dengan beragam perawatan lainnya di seluruh tubuhnya, tak hanya untuk memandikan saja. Grooming juga memiliki fungsi yang beragam tidak hanya untuk kebersihan saja, berikut 10 Fungsi Grooming pada Kucing. (Baca juga mengenai fungsi catnip pada kucing)

1. Membersihkan Segala Bentuk Bakteri

Fungsi dari grooming adalah membersihkan kucing peliharaan dari segala bentuk bakteri dan kutu kucing peliharaan yang sangat berbahaya. Penyakit kulit pada kucing peliharaan yang disebabkan oleh adanya kutu Notoedres cati yang nempel di permukaan kulit kucing peliharaan tentu membuat kucing merasa tidak nyaman, grooming akan mencegah hal tersebut.  (Baca juga mengenai efek minyak kayu putih pada kucing)

2. Mencegah Bulu Rontok dan Mencegah Jamur

Kutu Notoedres cati tersebut bisa membuat lubang pada permukaan kulit yang membuat kucing peliharaan terus menggaruk hingga pada rontok bulunya. Bila tidak ditangani dengan baik kutu pada kucing peliharaan tersebut bisa menyebabkan kematian. Selain itu perawatan grooming pada kucing peliharaan juga dapat mencegah kucing peliharaan terkena jamur.  (Baca juga mengenai efek samping suntik kutu pada kucing)

3. Membuat Ikatan Emosional

Fungsi lain dari grooming adalah menjaga penampilan agar terlihat bersih dan lucu. Sayang kan jika sobat beli kucing peliharaan mahal mahal ternyata terlihat kumel, bau dan kotor. Kucing peliharaan yang sobat sayangi juga akan menjadi lebih dekat jika kita sering melakukan grooming.

Proses pendekatan terhadap kucing peliharaan biasanya akan terjalin dengan mudah karena sobat turun tangan langsung membelai dan membersihkan kucing peliharaan. Ini membuat ikatan emosional antara pemilik dan kucing peliharaan menjadi lebih dekat.  (Baca juga mengenai efek shampo pada kucing)

4. Mencegah Kulit Kucing Iritasi

Brushing dalam grooming adalah proses menyikat dan menyisir bulu kucing peliharaan untuk membersihkan kotoran dan menyebarkan minyak alami ke seluruh bulu. Proses tersebut sering dilakukan untuk mencegah kulit menjadi kusut dan terhindar dari iritasi.  (Baca juga mengenai efek obat penenang pada kucing)

Sponsors Link

5. Mencegah Tubuh Kucing Lengket dan Bau

Mandi diperlukan dalam proses grooming apabila bulu kucing peliharaan lengket dan bau. Sesi mandi dapat dilakukan menggunakan shampo khusus kucing peliharaan yang diformulasikan khusus untuk kebutuhan mandi si kucing peliharaan. Dengan demikian, bulu kucing peliharaan senantiasa lembut dan bebas dari ksust, lengket, serta bau yang dapat mengganggu kenyamanannya. Kucing peliharaan pun selalu riang karena memiliki tubuh yang bersih.

6. Menjaga Kesehatan Kuku

Tahapan penting lainnya dalam grooming adalah memotong kuku. Sobat harus berhati hati saat memotong kuku karena ada sebagian kucing peliharaan yang langsung marah ketika kukunya di potong. Usahakan untuk membuat kucing sobat nyaman terlebih dahulu dengan mengelus elus bagian kaki kucing peliharaan, kemudian pijat lembut pada setiap kakinya.

ads

7. Mencegah Kucing Stres

Grooming mencegah kucing stres karena kucing nyaman dengan tubuhnya yakni dengan proses grooming tidak boleh dipaksakan bagi kucing peliharaan, sobat harus memastikan saat itu kondisi kucing peliharaan sedang rileks agar tidak melakukan hal yang sia sia.

Buatlah proses ini senyaman mungkin dan jangan sampai kehilangan kesabaran karena pada dasarnya kucing peliharaan tidak suka mandi. Jika kucing peliharaan benar benar tidak mau dibersihkan, sebaiknya tunda dulu sampai kucing peliharaan benar benar siap untuk dibersihkan.

Untuk grooming kucing peliharaan yang pertama kali, usahakan prosesnya tidak terlalu lama. Cukup dengan 5 hingga 10 menit saja. Setelah kucing peliharaan terbiasa di grooming baru bisa menambahkan waktunya secara bertahap. Gunakan kata kata memuji dan merayu untuk membuat kucing peliharaan merasa tenang bersama air.

8. Meningkatkan Kasih Sayang Kucing

Kasih sayang dari kucing bisa didapatakn dengan memastikan sobat selalu melakukan prosedur perawatan grooming kucing peliharaan dilakukan dengan lembut dan mendekati mereka secara emosional sebagaimana sobat memperlakukan seorang teman maupun kekasih.

Dengan begitu situasi yang tercipta akan lebih santai dan jauh dari ancaman, sehingga kucing peliharaan sobat tidak perlu stres dan tertekan. Malah, tidak menutup kemungkinan semua proses akan terasa menyenangkan baik bagi sobat maupun si manis kesayangan sobat.

9. Untuk Memanjakan dan Menyenangkan Kucing

Tak ada kucing yang tak suka dimanja, begitupula kucing peliharaan sobat. Mereka, sebenarnya, sangat suka dimanja. Perawatan bulu kucing peliharaan, selain medium untuk memanjakan mereka, juga mampu mempererat hubungan sosial antara sobat sebagai manusia dengan mereka.

sobat pasti pernah melihat bagaimana kucing peliharaan kucing peliharaan saling menyikati tubuh mereka masing masing, itulah salah satu cara mereka membangun pertemanan sekaligus rasa percaya. Maka, semakin dini sobat mulai merawat bulu bulu mereka, semakin cepat pula mereka percaya kepada sobat dan semakin erat pula hubungan kita dengan hewan kesayangan sobat.

10. Mencegah Hairball atau Bulu yang Menggumpal

Fungsi lainnya adalah semakin sering sobat menyisiri bulu bulu mereka dengan grooming, semakin menurut mereka pula dan tidak rewel saat kelak sewaktu waktu harus menjalani perawatan di dokter hewan maupun salon kucing peliharaan.

Selain itu, merawat bulu bulu kucing peliharaan akan sangat membantu mencegah mereka mengalami kerontokan khususnya jika kucing peliharaan sobat jenis peranakan bulu panjang. Serta mampu mengurangi volume rambut yang masuk dan menggumpal di perut mereka, sehingga mereka tidak perlu muntah terlalu sering atau hairball.

Dan yang paling penting dari semua itu, merawat kucing peliharaan kita secara rutin memungkinkan sobat mengecek telinga, mata, dan tubuh hewan kesayangan sobat sehingga sobat tahu apakah ada bagian yang terluka atau mengalami pembengkakan.

Sponsors Link

Mencegah lebih baik daripada mengobati ya sobat? Itulah mengapa penting bagi sobat terlibat dalam proses grooming. Fungsi grooming adalah melakukan perawatan terhadap kucing peliharaan secara menyeluruh, tidak hanya pada bagian bulunya saja tapi sampai pada perawatan kuku, kebersihan mata, kebersihan telinga dan perawatan gigi kucing peliharaan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan berkualitas, sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 11th, September 2018 / 23:12 Oleh :
Kategori : Kucing