Sponsors Link

8 Fungsi Vaksin Pada Kucing Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Anda tentu pernah mendengar vaksinasi pada kucing? Pastinya vaksin yang di berikan untuk kucing seringkali anda dengar atau bicarakan. Khususnya bagi para pecinta kucing, vaksin menjadi topik pembicaraan saat bersama teman sesama penyuka kucing. Tahukah anda apa Fungsi Vaksin Pada Kucing?

ads

Bukan tanpa manfaat yang jelas vaksin harus di berikan secara teratur dan berkala pada binatang berkumis lucu tersebut. Secara umum vaksin adalah langkah pemberian obat untuk melawan serangan penyakit atau pemberian kekebalan tubuh. Vaksin di berikan dengan cara menyuntik tubuh kucing. Tidak harus menunggu saat kucing sedang sakit atau sekarat, melakukan vaksin yang tepat yakni minimal dua kali dalam satu bulan.

Melihat kucing lemas, para majikan merasa gelisah. Ini menjadi hal yang sangat wajar. Bilamana kesayangan telah mengalami sakit, pastinya tindakan demi tindakan tak henti di berikan. Padahal setiap harinya mungkin anda telah memberikan perawatan terbaik, namun siapa yang bisa menebak kapan penyakit datang dan menyerang peliharaan anda. Berikut kedelapan manfaat vaksin ketika diberikan kepada sang Kucing. (Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Pipis Terus)

8 Fungsi Vaksin Pada Kucing

  1. Memberikan Kekebalan

Fungsi vaksin yang paling penting adalah mampu memberikan kekebalan pada tubuhnya. Khususnya pada virus tertentu, sehingga tidak sampai menyerang tubuh dan menimbulkan wabah penyakit. Hal ini tentu saja cukup wajar mengingat bahwa pemberian vaksin pada dasarnya dibuat untuk membantu sistem imun tubuh kucing agar memiliki kekebalan serta dapat mengenali jenis-jenis virus yang nantinya mulai masuk ke dalam tubuh. Parahnya lagi adalah virus yang kemudian melumpuhkannya.

  1. Meningkatkan Daya Tahan

Manfaat lain dari pemberian vaksin yakni untuk membuat daya tahan tubuh. Sebenarnya mirip dengan kekebalan tubuh, namun daya tahan ini lebih kepada kesehatan kucing nantinya. Nah, pastinya anda ingin mempunyai kucing sehat kan? Inilah fungsi vaksin yang harus anda kenali, sehingga tidak menyepelekan langkah tersebut. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kucing yang Kejang-kejang)

  1. Mengurangi Kemungkinan Serangan Penyakit

Vaksin dapat membantu kucing menghindari kemungkinan serangan penyakit. Karena seperti yang diketahui, kucing mempunyai kesehatan yang sulit di tebak. Terkadang yang awalnya ceria mendadak lemas dan mati. Nah, adapun fungsi pemberian vaksin ini adalah untuk mengurangi kemungkinan serangan penyakit yang tak di ketahui. Artinya dengan vaksin anda telah mewaspadai penyakit.

  1. Meningkatkan Kualitas Kucing

Pastinya dengan vaksin mampu meningkatkan kualitas kucing anda. Pasalnya vaksin multi fungsi sekali bagi tubuhnya, sehingga apabila anda rutin memberikan vaksin akan membentuk ekor-ekor kucing berkualitas. Sehingga Kucing akan terlihat lebih cantik dan enak dipandang. (Baca Juga: Fungsi Ekor Pada Kucing)

  1. Menguatkan Sistem Imun

Sistem imun kucing akan menjadi lebih kuat bilamana anda memberikan vaksin. Kandungan obat saat kucing di vaksin akan membantu menguatkan sistem imun, sehingga akan lebih jarang jika kucing terserang penyakit. Sebab tubuhnya sudah memiliki sistem perlindungan yang kuat.

  1. Menjaga Kesehatan Kucing

Sedangkan fungsi pemberian vaksin pada kucing lainnya yakni menjaga kesehatannya. Jadi jika kucing anda telah sehat namun tetap di vaksin maka kucing anda akan senantiasa sehat. Menjaga kesehatan pada peliharaan seperti kucing memang bukan hal mudah. Namun hanya dengan vaksin anda bisa merasakan manfaatnya. (Baca Juga: Ciri-ciri Kucing Terkena Virus)

Sponsors Link

  1. Menghemat Biaya

Bagaimana mungkin vaksin berfungsi untuk menghemat biaya? Pastinya, karena vaksin membutuhkan uang cukup terjangkau. Bayangkan saja bila kucing anda tidak pernah di vaksin mengalami sakit, maka anda akan lebih menghabiskan biaya perawatan tersebut. Namun jika anda telah memberikan vaksin maka biaya akan lebih hemat.

  1. Sebagai Antibody

Vaksin nyatanya juga bisa menjadi antibody bagi kucing. Kegunaan vaksin ini tak lain juga untuk mengurangi terjadinya infeksi bermacam-macam seperti berikut ini:

  • Mampu membantu pertumbuhan sistem imun kucing yang masih kecil
  • Untuk mencegah terjadinya infeksi feline leukimia virus
  • Agar tidak terjadi infeksi penyakit rabies
  • Mencegah infeksi feline panleucopenia yang menyerang tiba-tiba
  • Guna mencegah infeksi feline rhinotracheitis
  • Mencegah infeksi bernama chlamdia psittaci
  • Mencegah infeksi herpesvirus
  • Mampu mengurangi terjadinya risiko kematian dini
  • Mampu membantu dalam menanggulangi penyakit pada kucing yang di pelihara
  • Membantu untuk membuat masa hidup kucing lebih lama

Setelah membaca fungsi Vaksin Pada Kucing, pastinya anda sudah mengerti betapa pentingnya pemberian vaksin tersebut. Merawat kucing memang bukan hal yang mudah, dan anda harus bisa mengenali karakteristik kucing yang akan mengalami sakit. Sehingga setelah mengenali tanda-tandanya anda sudah bisa melakukan penanganan.

Namun berbeda halnya jika anda telah melakukan vaksinasi pada kucing, apalagi sejak masih kecil. Pastinya kucing akan lebih sehat dan bugar. Karena seperti yang telah di jelaskan bahwa fungsi vaksin secara garis besar menangkal serangan virus. (Baca Juga: Tanda Kucing Sudah Tua)

Vaksin minimal di lakukan dua kali dalam sebulan dan maksimalnya adalah empat kali dalam sebulan. Vaksin tidak bisa di berikan secara berlebih karena akan menimbulkan resiko baru yang bahkan efek sampingnya lebih parah jika dibandingkan dengan suatu penyakit kucing biasa pada umumnya. Demikian artikel yang telah di sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jaga kesehatan kucing anda.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Thursday 11th, October 2018 / 16:55 Oleh :
Kategori : Kucing