Sponsors Link

7 Obat untuk Burung Murai Lumpuh Paling Mudah Didapatkan

Sponsors Link

Burung murai anda lumpuh? Bukan tanpa sebab hal ini terjadi, dan anda harus menyelidiki apa penyebabnya. Sehingga anda pun akan mudah menentukan Obat untuk Burung Murai Lumpuh. Karena dalam kondisi yang seperti ini, anda sebagai pemilik tidak bisa sembarangan dalam memilih obat. Salah satu obat yang paling aman tentunya yang lebih alami, namun apa?

ads

Mungkin anda mengingat salah satu tanaman yang multi-fungsi sekali, yakni binahong. Tumbuhan ini banyak di manfaatkan oleh banyak orang guna menyembuhkan penyakit. Bahkan sebelumnya juga telah di sampaikan tentang tanaman binahong untuk menyembuhkan burung yang sesak nafas. Jadi, bukan tidak mungkin lagi jika binahong juga mampu memberikan penawar dari kelumpuhan burung murai anda.

Namun di bawah ini bukan hanya di sampaikan Obat untuk Burung Murai Lumpuh dengan binahong saja. Tetapi beberapa obat lain juga akan di sertakan, sehingga akan mudah menjadi referensi anda. Akan tetapi sebelumnya, anda harus mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab dari burung murai anda lumpuh. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Suara Ayam Pada Murai)

Burung murai anda lumpuh bisa jadi karena suatu penyakit. Namun di samping itu tentu saja ada faktor lain yang membuatnya demikian. Mungkin suatu kecelakaan kecil bisa menyebabkan burung anda lumpuh. Kecelakaan itu misalnya seperti terjatuh sangkarnya dan melukai bagian kaki, atau memang suatu penyakit tertentu. Melihat burung mulai seperti ini, anda sebagai pemilik tentunya cukup bimbang.

Lantaran menjadi pecinta burung memang tidak mudah, melihat kondisi peliharaan tidak baik selalu berupaya mencari solusi. Berikut ini adalah beberapa obat maupun jenis atau caranya untuk mengobati lumpuhnya burung murai. Obat herbal untuk Burung Murai Lumpuh dengan daun binahong yang cukup alami bisa anda manfaatkan.

  1. Air Rebusan Daun Binahong

Manfaatkan air rebusan daun binahong untuk menyembuhkan burung murai yang lumpuh. Sudah cukup lama daun binahong sangat berkhasiat, entah bagaimanapun cara mengolahnya. Nah, untuk yang cukup simple yakni memanfaatkan air rebusan daun binahong yang di minumkan pada burung. (Baca Juga: Cara Budidaya Murai Batu)

Caranya:

  • Ambil 5 helai daun binahong
  • Sediakan air di dalam panci dengan takaran kapasitas satu gelas
  • Cuci bersih daun binahong dan masukkan ke dalam panci yang berisi air
  • Mulailah merebus kurang lebih 15 menit
  • Biarkan dingin
  • Saring airnya dan berikan kepada burung
  1. Perasan Daun Binahong

Obat yang kedua ini masih dengan khasiat alami daun binahong. Hanya saja prosesnya tidak sama seperti pada poin satu. Untuk yang ini anda bisa memanfaatkan air dari perasan daun binahong. Banyak daun yang di butuhkan masih sama, yakni 5 helai. Caranya adalah, tumbuk sampai lumat daun binahong. Tambahkan air sebanyak takaran setengah gelas saja. Setelah itu, saring agar terpisah dari ampasnya sebelum di berikan pada burung.

Pada langkah ini terdapat dua jenis yang bisa anda coba, memberikan langsung pada burung atau merebusnya. Selain itu, anda juga bisa menentukan apakah perasan air binahong di tambah dengan gula atau tidak. (Baca Juga: Cara Penangkaran Murai Batu Medan)

  1. Tumbukan Daun Binahong

Sedangkan cara lain untuk area luar tubuh burung, anda bisa mencoba dengan menumbuk terlebih dahulu daunnya sebanyak 5 lembar. Setelah itu langsung oleskan pada bagian kaki burung murai anda. Akan tetapi cara ini memang kurang efektif di banding dengan yang di berikan secara langsung.

Sponsors Link

  1. Rendaman Air Daun Binahong

Cara lain yang tak kalah mudah adalah dengan merendamnya. Sediakan lima lembar daun binahong dan rendam dalam gelas berisi air. Kapasitas air yang di perlukan masih sama, yakni setengah gelas saja. Kurang lebih rendaman selama 20 menit.

  1. Pemberian Obat

Selain obat alami, anda juga bisa memberikan obat lain instan untuk burung anda. Obat memang sudah menjadi hal umum di manfaatkan untuk situasi kondisi seperti ini. Sebaiknya anda membeli obat di kios pakan burung, dan sampaikan keluhan anda tentang burung murai yang lumpuh. Biasanya pemilik toko sudah memahami obat yang di anjurkan. (Baca Juga: Cara Ternak Opior Jawa)

  1. Pemberian Vitamin

Vitamin juga termasuk salah satu obat yang bisa menyembuhkan Burung Murai Lumpuh. Namun vitamin yang di sarankan adalah B12. Karena kelumpuhan yang terjadi pada burung umumnya memang harus di usahakan untuk mengkonsumsi vitamin B12. Sebab vitamin ini untuk menjaga stamina dan kesehatan sang burung itu sendiri tetap dalam kondisi stabil.

  1. Vitamin B Complex

Selain B12, berikan juga vitamin B Complex untuk burung murai anda yang terserang kelumpuhan. Vitamin ini tak kalah penting dalam berperan memerangi virus di salam kaki burung. Sehingga bisa membantu mengurangi bakteri atau virus untuk melihat burung berangsur-angsur sembuh. Meskipun tidak 100% karena semua bukan sekedar tentang vitamin, namun berbagai perawatan dan komponen lainnya juga di butuhkan. (Baca Juga: Cara Budidaya Burung Puyuh Skala Kecil)

Selain 7 langkah di atas, anda tentunya juga harus aktif memberikan perawatan serta perhatian. Satu hal yang paling penting adalah pola pakan serta lingkungan. Bersihkan kandang setiap hari dan buatlah burung murai anda nyaman. Demikian obat untuk Burung Murai Lumpuh, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Wednesday 17th, October 2018 / 17:24 Oleh :
Kategori : Burung