Sponsors Link

8 Pengobatan Jamur Pada Ikan Gurame

Sponsors Link

Ikan gurame adalah salah satu jenis ikan yang tak jarang di temui. Bukan tergolong ikan hias, namun gurame adalah jenis ikan yang enak untuk di sajikan sebagai hidangan. Banyak sekali aneka resep masakan dengan menggunakan ikan gurame sebagai olahan dasarnya. Maka tak heran jika gurame banyak di jual di pasar, dan harganya juga mengkondisikan. Ada saatnya gurame harus dijual mahal lantaran proses pemanenan yang terbilang sulit. Tetapi di saat masa panen mudah, gurame membawa harga turun.

ads

Dalam beternak gurame, yang mungkin terbilang sulit adalah masa perawatan. Bagaimana mungkin? Tentu saja, karena salah sedikit saja anda memberikan perawatan pada gurame akan merugikan anda nantinya. Salah satu yang menjadi kasus bagi pembudidaya gurame adalah jamur. Masalah ini menjadi resiko utama bagi pembudidaya. Pengobatan Jamur pada Ikan Gurame harus anda lakukan secepat mungkin. Tujuan ini cukup jelas untuk masa panen anda nantinya.

Jamur yang menempel pada tubuh gurame bisa membahayakan nyawanya. Akibatnya jika anda tidak lebih cepat memberikan perawatan tepat, bukan tidak mungkin lagi akan mewabah pada yang lainnya. Oleh sebab itu anda perlu mengetahui berbagai macam cara pengobatan jamur pada ikan Gurame yang di jelaskan pada kesempatan ini.

8 Pengobatan Jamur Pada Ikan Gurame

  1. Pemberian Antibiotik

Anda tentu sudah mengerti, apa itu antibiotik. Bagi sebagian orang hanya menyebutnya sebagai obat saja. Padahal antibiotik tak sekedar obat yang harus di berikan pada ikan, tetapi lebih kepada nutrisi kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

Untuk mengatasi jamur yang telah meradang pada tubuh ikan anda, sebaiknya campurkan antibiotik ke dalam kolam ikan anda. Cara ini cukup familiar, beberapa orang mungkin telah mencobanya. Karena tidak mungkin anda akan memberikan antibiotik satu per satu pada ikan anda. (Baca Juga: Cara Ikan Gurame Cepat Bertelur)

  1. Membersihkan Air Kolam

Kolam ikan tentu tak pernah luput dari kotoran, dan anda tentu sudah sering sekali menjumpai. Bila di biarkan, kolam ikan akan di penuhi dengan dedaunan atau kotoran lain yang masuk ke dalam. Inilah yang menyebabkan bakteri datang dan menyerang ikan hingga jamuran. Salah satu cara yang tepat yakni dengan rutin menyaring kotoran di dalam kolam. Pastikan keadaan kolam tidak ada sampahnya.

  1. Rajin Menguras Kolam

Sebagai pembudidaya ikan, pekerjaan yang wajib anda geluti yakni rajin menguras kolam. Kedengarannya memang membosankan, namun inilah salah satu cara yang terbaik untuk menjaga gurame anda tetap bersih dan terhindar dari berbagai serangan penyakit atau bakteri.

Anda tentu tidak menginginkan ikan gurame anda gagal panen lantaran jamuran, kan? Untuk itu latihlah diri anda agar rutin dalam menguras kolam ikan. Minimal lakukan dua kali dalam seminggu jika kolam yang anda miliki besar, dan tiga kali dalam seminggu apabila kolam yang anda punyai cukup kecil. (Baca Juga: Cara Supaya Ikan Gurame Cepat Besar)

  1. Mengganti Air

Sebenarnya mengganti air sama seperti menguras kolam, karena setiap menguras kolam pada akhirnya anda juga akan mengganti air. Tetapi, beberapa orang ada yang sekedar menguras tanpa mengganti air. Hal itu terjadi pada kolam yang kecil, mungkin terlalu menyayangkan airnya terbuang sia-sia. Padahal cara ini sangat salah untuk menjadi sebuah perawatan pada ikan gurame.

Sponsors Link

  1. Memberikan Vitamin

Jangan lupa bahwa vitamin di butuhkan oleh semua makhluk hidup, bukan saja manusia namun juga hewan dan tumbuhan. Akan tetapi semua ada porsi dan bagian-bagian sendiri. Anda juga harus memahami bahwa gurame juga butuh vitamin tersebut. Untuk teknik pengobatan lainnya yakni dengan memberikan vitamin untuk gurame. Anda bisa membeli pada kios pakan ikan yang di jual dengan harga terjangkau. (Baca Juga: Cara Mengatasi Cacar Pada Ikan Gurame)

  1. Pemberian Pakan Cukup

Jangan sampai anda memberikan takaran makanan untuk gurame terlalu minim. Bila anda mengharapkan ikan gurame dapat di panen dengan bobot yang memuaskan, sebaiknya berikan pakan yang cukup dan teratur. Sehingga pola makan yang baik ini nantinya dapat membantu gurame hidup sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit, termasuk jamuran. Hal ini dikarenakan ketika Gurame sehat, maka jamur akan sulit menjangkit tubuh ikan.

  1. Pemberian Pakan Bergizi

Selain vitamin, gurame juga harus di perhatikan untuk makanannya. Berikan pakan yang memenuhi gizi untuk gurame, sehingga tubuhya bisa berkembang sehat dan cepat. Pakan gurame yang memenuhi gizi bisa anda dapatkan di kios penjual pakan ikan. (Baca Juga: Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah)

  1. Vaksinasi

Nah, pengobatan atau perawatan yang lain untuk mengatasi jamur pada gurame yang terakhir yaitu dengan cara memberikan vaksin. Bagaimana bisa? Sebenarnya bisa, hanya saja cara ini mungkin terbilang berat apabila jumlah gurame yang Anda pelihara sangat banyak. Tidak mungkin anda memberikan vaksin satu per satu. Tetapi jika kolamnya kecil dengan kapasitas ikan sedikit maka bisa di lakukan vaksinasi. Untuk menghemat biaya, vaksin ikan gurame yang berjamuran saja.

Seperti itulah 8 cara pengobatan Jamur pada Ikan Gurame yang perlu anda ketahui. Jika menemukan ciri-ciri jamuran, segera lakukan penanganan tersebut supaya tingkat resiko yang ditimbulkan tidak terlalu besar. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Saturday 06th, October 2018 / 01:58 Oleh :
Kategori : Ikan