Sponsors Link

Penyebab Diare Pada Kelinci -Cara Mengatasi

Sponsors Link

Kelinci menjadi salah satu hewan peliharaan lucu yang banyak dipelihara dirumah sampai sekarang ini. Dalam proses merawat dan memelihara kelinci tersebut bisa jadi memiliki resiko munculnya berbagai macam penyakit atau konidisi yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan kesehatan.

ads

Salah satu konidisi permasalahan kesehatan tersebut adalah keadaan dimanan kelinci mengalami diare atau mencret dengan frekuensi tertentu. Untuk membantu peternak atau pemilik kelinci untuk dapat mencari cara mengatasi kondisi yang dijelaskan diatas, berikut ini beberapa penyebab diare pada kelinci.

  1. Cuaca yang tidak menentu

Kondisi cuaca yang tidak menentu dan kurang baik dapat menyebabkan munculnya permasalahan kesehatan terhadap makhluk hidup yang tinggal di daerah tersebut termasuk pada hewan peliharaan kelinci. Keadaan cuaca yang tidak menentu seperti pada saat pancaroba atau peralihan musim dapat menjadi salah satu penyebab kelinci mengalami diare atau mencret terutama jika kandang kelinci berada di luar rumah. (Baca juga : cara merawat kelinci di musim hujan)

  1. Stres

Stres pada kelinci selain dapat menjadi penyebab munculnya kondisi bulu rontok juga dapat menjadikan kelinci megalamai masalah pada pencernaannya yang salah satunya adalah diare. Stres pada kelinci memang kerap kali muncul dan dapat disebabkan oleh berbagai hal. (Baca juga : tips agar kelinci tidak cepat mati)

  1. Salah mengkonsumsi makanan

Penyebab diare pada kelinci lainya yakni karena kelinci yang salah dalam mengkonsumsi makanan ataupun mengkonsumsi makanan tertentu dalam jumlah yang berlebihan. Makanan dengan tinggi serat yang dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan munculnya diare pada kelinci karena konsistensi tinja yang lembek akibat serat tersebut. Makanan dengan serta tinggi yang dapat memicu terjadinya mencret salah satunya adalah sayur sayuran.

  1. Infeksi saluran pencernaan

Kondisi lain yang juga menjadi pemicu atau penyebab diare pada kelinci adalah karena adanya infeksi pada saluran pencernaannya. Infeksi pada saluran pencernaan kelinci tersebut dapat terjadi terutama ketika sistem imun atau kesehatan kelinci tidak terjaga dengan baik. Bakteri meruapkan penyebab utama terjadinya infeksi saluran pencernaan pada kelinci. (Baca juga : tips agar kelinci nafsu makan)

  1. Kebersihan yang tidak terjaga

Masalah lain yang juga dapat menjadi pemicu terjadinya keadaan diare pada kelinci adalah akibat kebersihan diri dan kebersihan kandang yang tidak terjaga dengan baik. Kotoran yang terdapat di daerah kandang dan pada tubuh kelinci dapat menjadi pemicu terjadinya diare atau mencret mencret.

Cara Mengatasi Diare Pada Kelinci

Kondisi diare pada kelinci tentu dapat menyebabkan menurunkan kesehatannya sehingga harus segera diatasi dengan baik sesuai penyebab yang ada. Berikut ini beberapa cara mengatasi diare pada kelinci yang benar sesuai dengan penyebabnya dalam penjelasan di bawah ini.

Sponsors Link

  • Beri makanan yang tepat, salah satu penyebab terjadinya diare adalah akibat makanan pada kelinci yang tidak tepat. Untuk mengatasinya maka dapat dnegan memberi makanan yang sesuai dan tidak terlalu banyak mengandung serat.
  • Antibiotik, untuk mengatasi penyebab diare yang diakibatkan infeksi bakteri maka yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan antibiotik pada kelinci atau obat herbal lain yang memiliki fungsi sama sebagai anti bakteri. (Baca juga : cara memelihara kelinci di rumah)
  • Perhatikan kebersihan, kebersihan menjadi salah satu masalah utama terjadinya diare, oleh karena itu selalu perhatikan kebersihan kandang maupun kebersihan diri sebagai upaya pencegahan terjadinya diare.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab diare pada kelinci yang perlu diperhatikan oleh pemilik kelinci agar dapat menentukan cara pengatasn yang tepat. Kondisi diare harus segera diatasi dengan baik dan perhatikan agar kelinci tidak mengalami dehidrasi. (Baca juga : tips membawa kelinci jarak jauh)

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Tuesday 09th, October 2018 / 10:53 Oleh :
Kategori : Kelinci