Sponsors Link

5 Penyebab Kura Kura Tidak Mau Makan – Cara Mengatasi

Sponsors Link

Kura kuran menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang sekarang ini mulai banyak dilirik untuk dipelihara adalah kura kura. Bentuknya yang eksotik menjadi daya tarik utama hewan kura kura tersebut untuk dipelihara. Dalam proses perawatan kura kura tersebut tentu akan ditemukan berbagi macam permasalahan keseahatan.

ads

Selain kesehatan, pola makan haruslah mampu ditata dengan baik agar tidak muncul masalah yang besar terjadi salah satunya berdakwah. Kondisi kura kura yang tidak mau makan dapat dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

  1. Adaptasi lingkugan baru

Hal pertama yang dapat menjadi penyebab kura kura tidak mau makan adalah karena proses adaptasi di lingkungan baru. Kura kura yang baru dimiliki memang lebih sering memerlukan proses adaptasi lingkungan baru sehingga dapat menyebabkan terjadinya nafsu makan yang menurun. Pemilik harus membantu proses adaptasi tersebut agar tidak terjadi kondisi kura kura tidak mau makan berkepanjangan. (Baca juga : ternak kura kura kaki gajah)

  1. Lingkungan yang tidak sesuai

Kondisi munculnya permasalahan kura kura tidak mau makan tentu dapat berdampak buruk terhadap kondisi kesehatannya. Salah satu masalah yang menyebabkan kondisi tersebut adalah karena lingkungan kandang kura kura yang tidak sesuai dengan habitat aslinya.

  1. Tidak suka makanan yang diberikan

Tidak mau makannya kura kura terkadang bukan karena masalah dari dalam tubuh kura kura itu sendiri melainkan dari faktor makanan yang diberikan oleh pemiliknya. Kurang kurang tidak mau makan karena sebenarnya tidak menyukai jenis makanan yang diberikan kepadanya. (Baca juga : budidaya kura kura indian star)

  1. Adanya parasit dalam tubuh kura kura

Keadaan lain yang juga dapat menjadi penyebab kura kura tidak mau makan adalah karena adanya parasit dalam tubuh kura kura tersebut yang menganggu saluran pencernaannya. Kondisi ini dapat diketahui melalui proses pemeriksaan dokter hewan. Kenali penyebabnya dengan benar sehingga cara mengatasi kura kura yang tepat dapat dilakukan.

  1. Sakit pada kura kura

Selain parasit, kondisi lain yang juga dapat menjadi satu penyebab terjadinya keadaan dimana kura kura tidak mau makan adalah karena gejala penyakit tertentu. Beberapa bentuk gejala penyakit yang menjadikan kura kura tidak mau makan seperti luka pada bibir kura kura, flu, dan lain sebagainya. (Baca juga : cara memelihara kura kura kecil)

Cara Mengatasi Kura Kura Tidak Mau Makan

Setelah mengetahui beberapa penyebab kura kura tidak mau makan maka langkah atau cara untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan benar. Berikut ini beberapa cara mengatasi kura kura yang tidak mau makan tersebut.

  • Memberikan makanan yang tepat, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kura kura yang tidak mau makan adalah dengan memberikan makanan yang tepat atau menganti makanan yang pernah diberikan. (Baca juga : budidaya kura kura air tawar)
  • Bantu proses adaptasi, adaptasi dan kondisi lingkungan yang tidak sesuai harus diatasi dengan baik oleh pemilik kura kura agar tidak mengalami stres dan dapat makan dengan baik.
  • Atasi penyebab sakit pada kura kura, beberapa penyakit dapat menyebabkan terjadinya kondisi kura kura tidak mau makan maka atasi penyebab sakit tersebut agar nafsu makan kura kura kembali.

Itulah beberapa penyebab kura kura tidak mau makan yang perlu diperhatikan dengan baik dan tepat agar proses pengatasannya dapat dilakukan dengan benar. Kondisi kura kura yang tidak mau makan sebaiknya tidak ditangapi dengan kepanikan karena pada dasarnya kura kura dapat bertahan hidup tanpa makan sampai berhari hari.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Sunday 07th, October 2018 / 03:57 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan