Sponsors Link

5 Penyebab Lumpuh Pada Kelinci – Cara Mengatasi

Sponsors Link

Kelumpuhan merupakan kondisi dimana organ tubuh tidak dapat digunakan atau digerakan sesuai keiginan dan biasanya organ tersebut akan terlihat lemah. Kondisi kelumpuhan tersebut merupakan salah satu permasalahan serius yang dapat menyerang kelinci.

ads

Munculnya permasalahan tersebut sangat membahayakan kondisi kesehatan kelinci yang dipelihara maupun diternakan. Karena kondisi bahaya tersebut maka keadaan kelinci harus menjadi perhatian pada peternak maupun pemeliharanya agar dapat mengetahui penyebab lumpuh pada kelinci beserta dengan berbagai macam cara menaganinya dalam penjelasan dibawah ini.

  1. Gangguan syaraf

Kondisi utama yang dapat menyebabkan terjadinya kelumpuhan pada kelinci adalah akibat adanya gangguan pada syaraf kelinci. Kondisi gangguan syaraf tersebut disebabkan oleh berbagai macam hal termasuk penyakit penyakit tertentu yang berhubungan langsung dengan syaraf. Untuk mengetahui penyebab ini dibutuhkan pemeriksaan medis yang jelas oleh dokter hewan. (Baca juga : tips membawa kelinci jarak jauh)

  1. Kurang minum

Penyebab lumpuh pada kelinci lainnya yang juga sering terjadi pada kelinci adalah akibat kekurangan minum air. Kurangnya minum tersebut dapat mengakibatkan kelinci menjadi lemas dan kurang mau untuk bergerak sehingga seolah olah mengalami kelumpuhan. Perhatikan jumlah air yang diberikan pada kelinci dan pastikan air dalam keadaan bersih.

  1. Patah tulang

Patahnya tulang kelinci juga dapat menjadi salah satu penyebab kondisi lumpuh yang perlu diperhatikan. Kondisi patah tulang menyebabkan kelinci tidak dapat berdiri. Kondisi patah tulang biasanya terlihat dengan gejala lumpuh yang disertai gelisah, rasa sakit, dan bentuk tulang yang tidak normal. (Baca juga : cara memelihara kelinci di rumah)

  1. Stres

Stres yang dialami oleh hewan peliharaan jelas akan menyebabkan berbagai macam permasalahan mulai dari susah makan hingga bulu yang rontok. Stres juga dapat menyebabkan kelinci menjadi lumpuh dan tidak mampu beraktivitas dengan baik. Kondisi stres memang harus selalu diperhatikan oleh pemilik hewan peliharaan. Stres sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari kondisi yang kurang nyaman, kebersihan yang tidak terjaga, sampai makanan yang dikonsumsi oleh kelinci. (Baca juga : tips agar kelinci nafsu makan)

  1. Anti nutrisi dalam makanan

Penyebab lumpuh pada kelinci lainya adalah karena adanya anti nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi oleh kelinci. Anti nutrisi seperti oksalat yang terdapat di dalam bayam, kangkung, daun katuk dapat menyebabkan pengendapan calsium. Kondisi ini menyebabkan kalsium tidak dapat diserap oleh tubuh kelinci sehingga tulang kekurangan kalsium yang menjadikan munculnya kelumpuhan mendadaki. (Baca juga : tips agar kelinci tidak cepat mati)

Cara Mengatasi Lumpuh Pada Kelinci

Setelah mengetahui apa saja penyebab yang dapat menjadikan kelinci mengalami kelumpuhan maka hal selanjutnya adalah melakukan upaya pengatasan kondisi tersebut. Berikut ini beberapa cara mengatasi lumpuh pada kelinci yang tepat dan sesuai dengan penyebabnya.

  • Pemberian nutrisi yang baik, salah satu penyebab yang menjadikan kelinci mengalami kelumpuhan adalah karena kondisi kurangnya nutrisi di dalam tubuhnya. Pemberian multivitamin dan makanan yang tepat serta memberikan air dalam jumlah yang cukup akan membantu mengatasi lumpuh pada kelinci.
  • Hindari pakan dengan anti nutrisi, pakan anti nutrisi harus dihindari pemberiannya terlebih dahulu dalam proses penyembuhan karena dapat menyebabkan terjadinya hambatan pada penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh kelinci. (Baca juga : cara merawat kelinci di musim hujan)
  • Atasi penyebabnya, mengatasi beberapa penyebab dengan baik seperti tulang yang patang, stres, dll harus dilakukan untuk dapat mengembalikan kondisi kelinci dari yang lumpuh kembali normal.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab lumpuh pada kelinci dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Keadaan lumpuh pada kelinci akan berakibat buruk pada kesehatannya sehingga perlu untuk segera mendapatkan carap pengatasan yang baik.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Sunday 07th, October 2018 / 04:00 Oleh :
Kategori : Kelinci