Sponsors Link

5 Penyebab Perut Kembung Pada Kelinci

Sponsors Link

Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan yang saat ini masih banyak diminati karena tingkah polanya yang lucu dan raham terhadap manusia.

ads

Dalam proses merawat dan membesarkan kelinci tersebut tentu ada beberapa resiko permasalahan pada kesehatan kelinci yang dapat muncul akibat berbagai macam faktor.

Salah satu permasalahan tersebut adalah kondisi dimana perut kelinci mengalami kembung yang tidak boleh diangap remeh. Berikut ini beberapa penyebab perut kembung pada kelinci dapat uraian dibawah ini. (Baca juga : tips agar kelinci tidak cepat mati)

  1. Kurangnya nutrisi makanan

Penyebab pertama yang bertanggung jawab terhadap kondisi perut kembung pada kelinci adalah akibat kurangnya asupan nutrisi makanan yang baik.

Kekurangan asupan nutrisi makanan tersebut memang akan menimbulkan masalah pada kesehatan kelinci yang patut diwaspadai dan salah satunya adalah keadaan dimana perut kelinci mengalami kembung.

  1. Terlalu banyak makan sayuran

Penyebab perut kembung pada kelinci selanjutnya adalah kondisi dimana kelinci terlalu banyak mengkonsumsi sayuran, tepatnya sayuran yang mengandung serta kasar tinggi.

Jenis sayuran yang mengandung serta kasar tinggi tersebut seperti wortel, kubis, jagung manis, kangkung.

Selain sayuran beberapa buah dengan rasa manis tinggi dapat juga memicu kelinci mengalami kondisi kembung. (Baca juga : cara memelihara kelinci di rumah)

  1. Makanan yang tidak tepat

Pemberian makanan yang kurang tepat dapat menjadi salah satu penyebab dimana kelinci akan mengalami perut yang kembung.

Makanan dengan kualitas rendah yang dibeli secara langsung pada kelinci terkadang dapat memicu terjadinya kembung akibat efek dari makanan kurang berkualitas tersebut.

  1. Karbohidart dalam pelet tidak diserap sempurna

Kelinci yang mengkonsumsi makanan jadi seperti pelet terkadang dapat mengalami masalah kembung pada perutnya.

Hal ini dikarenakan, karbohidrat yang terdapat di dalam pelet tidak dapat terserap secara sempurna sehingga akan menumpuk di daerah usus yang memicu terjadinya kondisi perut kembung. (Baca juga : tips agar kelinci nafsu makan)

  1. Masalah pada pencernaan kelinci

Kondisi lainya yang juga dapat menjadi penyebab perut kembung pada kelinci adalah akibat adanya masalah pada daerah pencernaannya tersebut.

Beberapa permasalahan yang memicu terjadinya perut kembung diantaranya seperti infeksi bakteri maupun virus pada saluran pencernaan, diare, konstipasi, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Kelinci

Setelah mengetahui bagaimana perut kelinci dapat mengalami kembung maka cara mengatasi yang baik terhadap kondisi tersebut dapat dilakukan dengan benar sesuai penyebabnya.

Berikut ini beberapa cara mengatasi kembung pada kelinci diantaranya dalam penjelasan di bawah ini.

  • Ganti menu makanan, cara pengatasan yang pertama adalah dengan menganti menu makanan yang dikonsumsi oleh kelinci. Menu makanan yang dikonsumsi sebaiknya berkualitas baik dengan tidak mengandung serat kasar secara berlebihan. Pola makan kelinci juga harus mulai dirubah untuk mengatasi kembung akibat makanan yang dikonsumsinya. (Baca juga : tips membawa kelinci jarak jauh)
  • Pemijatan, untuk membantu mengatasi kelinci yang kembung dapat dilakukan dengan cara pemijatan langsung pada daerah perut. Pijat perut kelinci secara perlahan kearah anus sampai kelinci dapat buang air besar. Pemberian air minum secara terus menerus juga dapat membantu mengatasi kondisi kembung.
  • Mengatasi masalah pada saluran pencernaan, obat obatan seperti antibiotika dan jenis obat lainya dapat diberikan kepada kelinci untuk mengatasi masalah sepertin infeksi saluran pencernaan dan kondisi masalah lainnya. (Baca juga : cara merawat kelinci di musim hujan)

Itulah beberapa ulasan mengenai penyebab perut kembung pada kelinci yang perlu diperhatikan dengan baik agar dapat menentukan solusi dalam mengatasi masalah tersebut.

Kondisi perut kelinci yang kembung tentu akan menimbulkan keadaan yang beresiko buruk sehingga harus segera diatasi.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 12th, October 2018 / 02:14 Oleh :
Kategori : Kelinci