Sponsors Link

5 Tanda Kucing Sudah Tua Perlu Kamu Tahu

Sponsors Link

Setiap pemilik hewan peliharaan tentu memiliki hubungan emosional yang cukup kuat dengan hewan yang dipeliharanya tersebut.

ads

Adanya hubungan emosional tersebut menjadikan pemilik hewan peliharaan menjadi sulit untuk berpisah meskipun waktunya akan datang ketika hewan peliharaan sudah memiliki usia yang tua. Kondisi tersebut terjadi pada semua hewan termasuk kucing.

Untuk mengetahui kucing sudah memiliki usia tua biasanya dapat terlihat dari tanda tanda yang ada. Berikut ini beberapa tanda kucing sudah tua yang perlu diketahui setiap pemilik kucing dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Kebingungan

Hal pertama yang dapat menjadi tanda kucing sudah tua adalah kebingungan atau disebut sebagai disorientasi. Kucing akan mengalami kondisi kesulitan dalam mengenali benda benda disekitarnya yang semestinya biasa dikenalinya. Selain benda, kucing yang sudah tua juga akan lupa dimana letak rumahnya. Kondisi tersebut yang menyebabkan kucing dengan usia tua sering menghilang dari rumah karena tidak dapat mengingat dimana tempatnya tinggal. (Baca juga : cara mengatasi nafas cepat pada kucing)

  1. Perubahan interaksi

Hal lain yang juga akan dirasakan oleh kucing ketika sudah memiliki usia tua adalah menjadikannya mengalami perubahan interaksi. Perubahan interaksi dan perilaku kucing tentu akan terlihat berbeda dengan kebiasaan yang dilakukan selama ini. Kucing bisa menjadi lebih manja terhadap pemiliknya dan bisa jadi berperilaku sebaliknya yakni sudah tidak memiliki keinginan untuk berinteraksi sama sekali. (Baca juga : cara merawat kucing tanpa kandang)

  1. Gangguan tidur

Kondisi lain yang juga dapat dilihat sebagai tanda kucing sudah tua adalah keadaannya yang akan sering mengaami masalah atau gangguan pada aktivitas tidurnya. Kucing yang sudah tua akan menjadi lebih sulit tidur atau bahkan mudah terbangun akibat gangguan kecil ketika tidur. (Baca juga : tips membawa kucing perjalanan jauh)

  1. Melakukan kebiasaan buruk

Kucing yang sudah tua terkadang sudah tidak dapat lagi dikontrol perilakunya sehingga lebih sering akan melakukan berbagai macam kebiasaan buruk yang tentu dapat menyebabkan rumah pemiliknya menjadi kotor. Kondisi tersebut muncul dimungkinkan karena sudah lupa dengan hal yang menjadi kebiasaan baiknya. Beberapa hal buruk yang akan dilakukan kucing tua diantaranya seperti mengotori rumah, buang air kecil dan buang air besar sembarangan, dan lain sebagainya.

  1. Kucing menjadi malas

Keadaan lain yang juga dapat menjadi pertanda bahwa kucing sudah tua adalah kondisi dimana akan terjadi perubahan aktivitas yang mengarah pada kondisi malas. Kucing yang sudah tua biasanya akan lebih malas untuk beraktivitas maupun diajak bermain oleh pemiliknya. (Baca juga : proses pertumbuhan dan perkembangan pada kucing)

  1. Perubahan fisik pada bagian gigi

Hal terakhir yang dapat menjadi pertanda bahwa kucing sudah memiliki usia yang tua adalah adanya perubahan fisik. Bentuk perubahan fisik tersebut dapat diamati oleh pemiliki kucing secara langsung. Beberapa bentuk fisik yang mengambarkan kucing sudah tua salah satunya adalah bagian gigi. Beriikut ini beberapa kondisi yang menjadi tanda kucing sudah tua pada gigi diantaranya seperti gigi yang tampak berwarna kuning semuanya, gigi akan terlihat tumpul, beberapa gigi mungkin akan terlepas, gigi berkarang, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi tanda kucing sudah tua yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik kucing agar dapat mempersiapkan kondisi yang baik bagi masa tua kucing. Kucing dengan umur yang tua lama kelamaan tentu akan mengalami kondisi kematian. (Baca juga : cara membuat kucing betah di rumah)

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Sunday 07th, October 2018 / 03:02 Oleh :
Kategori : Kucing