Sponsors Link

Tanda – tanda Menstruasi Pada Anjing

Sponsors Link

Menstruasi merupakan siklus berulang yang terjadi dalam sistem reproduksi manusia dengan jenis kelamin wanita.

ads

Kondisi menstruasi ternyata juga akan dialami oleh beberapa hewan.

Hewan hewan yang memiliki masa menstruasi sepenuhnya yakni jenis primata besar seperti gorilla, orang utan, simpanse, bonobo, dan lain sebagainya.

Beberapa hewan lain seperti kucing dan anjing juga dapat mengalami tanda tanda yang menyerupai menstruasi meskipun sebenarnya bukanlah siklus yang sama dengan menstruasi pada manusia maupun primata besar.

Tanda menstruasi pada anjing beberapa memang mirip dengan gejala menstruasi pada umumnya yang diantaranya diulas dalam penjelasan di bawah ini. (Baca juga : cara menjinakkan anak anjing)

Siklus Loop Anjing

Sebelum mengetahui tanda menstruasi pada anjing maka hal pertam yang harus diketahui adalah penjelasan mengenai siklus tersebut. Menstruasi pada anjing disebut sebagai siklus loop anjing atau siklus estrus yang merupakan siklus dimana anjing dapat mengalami kehamilan.

Ada 4 tahap dalam siklus ini yakni proestrus, estrus, diestrus (metestrus) dan anestrus. Rata rata anjing mengalami siklus ini ketika sudah memasuki usia 6 bulan. Ada beberapa anjing yang dapat mengalami siklus estrus lebih cepat dan ada juga yang dapat lebih lama hingga usianya 14 bulan. (Baca juga : cara mengatasi anjing keracunan)

Lama waktu terjadinya siklus loop ini berkisar 3 minggu atau 21 hari dan akan terjadi setiap tahun sebanyak 2 kali. Anjing betina hanya dapat hamil pada saat siklus loop ini terjadi dan biasanya masa subur anjing betina berada di hari ke 11 hingg hari ke 15.

Anjing betina yang sedang mengalami siklus loop tersebut akan selalu dipantau oleh anjing jantan sehingga sebaiknya berhati hati ketika membawa anjing betina tersebut jalan jalan agar tidak bermasalah dengan anjing jantan yang liar. (Baca juga : cara mengatasi hidung tersumbat pada anjing)

Tanda Menstruasi Pada Anjing

Anjing yang mengalami siklus loop atau menstruasi harus segera dapat diidentifikasi oleh pemiliknya melalui tanda tanda yang muncl sehingga jika anjing ingin dikawinkan maka waktunya dapat ditentunkan dengan tepat namun jika anjing tidak ingin dikawinkan maka dapat dilakukan upaya pencegahannya. Berikut ini beberapa tanda menstruasi pada anjing yang dapat terlihat diantaranya seperti dibawah ini.

  1. Perubahan mood, hal pertama yang dapat terlihat sebagai tanda menstruasi pada anjing adalah munculnya kondisi dimana anjing betina lebih mudah marah dan sering berubah ubah moodnya.  (Baca juga : cara mengatasi asam lambung pada anjing)
  2. Banyaknya anjing jantan yang mendekati, anjing betina yang mengalami siklus loop akan mendapatkan perhatian lebih dari anjing jantan disekitranya sehingga salah satu tanda terjadinya proses siklus loop pada anjing adalah ketika banyak pejantan yang mendekatinya.
  3. Puting bengkak, gejala fisik yang dapat terlihat ketika anjing mengalami siklus loop adalah munculnya keadaan dimana puting mulai terlihat bengkak.
  4. Menyelipkan ekor, kondisi lain yang juga dapat menjadi pertanda bahwa anjing betina sedang mengalami menstruasi ditunjukan dengan aktivitas menyelipkan ekor.  (Baca juga : tips memelihara anjing untuk pemula)
  5. Selera makan berubah,  selain beberapa gejala yang disebutkan diatas, anjing yang sedang mengalami siklus menstruasi atau siklus loop juga akan mengalami masalah pada selera makannya yang berubah.

Itulah beberapa tanda menstruasi pada anjing yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik anjing serta beberapa penjelasan mengenai kondisi siklus loop tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 09th, October 2018 / 10:44 Oleh :
Kategori : Anjing