Sponsors Link

Tanda – tanda Penuaan Pada Anjing

Sponsors Link

Setiap pemilik hewan peliharaan tentu sudah memiliki perasaan atau hubungan emosional yang kuat dengan hewan yang dipeliharanya.

ads

Kondisi ini menjadikan setiap pemilik akan merasakan sedih ketika hewan peliharaan seperti anjing yang dimilikinya mulai memiliki usia tau atau mengalami penuaan.

Hal ini dikarenakan dengan usianya yang semakin tua maka pemilik anjing sebentar lagi akan merelakan anjingnya harus pergi untuk selama lamanya dan kondisi anjing sendiri akan lebih mudah mengalami sakit.

Berikut ini beberapa tanda penuaan pada anjing yang perlu diketahui oleh setiap pemilik anjing dalam penjelasan dibawah ini.  (Baca juga : tips memelihara anjing untuk pemula)

  1. Respon lambat

Tanda pertama yang dapat menunjukan bahwa anjing sudah mulai menuai adalah kondisi dimana respon yang dimiliki oleh anjing lebih lambat dibandingkan dulunya.

Kondisi repon yang lambat ini juga dapat terlihat ketika anjing menjadi tidak cepat merespon ketika dipanggil namanya. Kondisi lain yang juga menandakan anjing semakin menua adalah suara gongonggan yang keluar tanpa alasan jelas. (Baca juga : cara mengatasi asam lambung pada anjing)

  1. Sering buang air kecil

Anjing yang sering buang air kecil dikarenakan kondisi tubuhnya mudah mengalami kehausan merupakan salah satu tanda bahwa ada kondisi ketidaksimbangan hormon yang terjadi pada anjing.

Kondisi ketidakseimbangan hormon ini mengarah pada keadaan anjing yang semakin menua usianya. Selain itu, anjing yang sering buang air kecil juga merupakan pertanda bahwa ada masalah pada ginjal maupun gejala diabetes.

  1. Kebiasaan makan yang berubah

Kondisi lain yang juga menjadi salah satu tanda bahwa anjing mengalami penuaan adalah keadaan dimana muncul kebiasan buruk pada aktivitas makan anjing yang menjadikanya sering mengeluarkan makanan dari mulu bahkan tidak menginginkan untuk makan.

Kondisi kebiasaan makan yang buruk ini bisa jadi terjadi karena gigi dan gusinya yang mengalami masalah yang pasti akan terjadi pada setiap anjing dengan usia tua. (Baca juga : cara mengatasi hidung tersumbat pada anjing)

  1. Berat badan yang naik dan turun

Anjing yang sudah memiliki usia tuan akan ditandai dengan gejala penuaan yang salah satunya adalah kondisi berat badan anjing tidak dapat stabil sehingga mudah turun maupun mudah naik.

Kondisi ini dikarenakan adanya penurunan fungsi organ di dalam tubuh sehingga metabolime akan berjalan lebih lambat. Selain metabolisme yang turun, gairah anjing serta semangatnya juga akan melemah dan menjadikan tubuh anjing mudah lemas. . (Baca juga : cara mengatasi anjing keracunan)

  1. Masalah kesehatan

Anjing yang sudah masuk masa tuanya juga akan sangat mudah mengalami masalah kesehatan dan penurunan fungsi organ.

Kondisi anjing yang sudah tua akan sering mengalami penyakit tertenut, bulu yang rontoh, penglihatan yang berkurang, adanya ruam dan benjolan yang mungkin terjadi di daerah permukaan kulit anjing, dan berbagai macam masalah kesehatan lainnya. Daerah gigi anjing juga akan mulai rapuh serta berwarna kuning.  (Baca juga : cara menjinakkan anak anjing)

Itulah beberapa tanda penuaan pada anjing yang perlu dipahami setiap pemilik anjing. Pada masa tuanya ini, anjing harus lebih mendapatkan perawatan yang baik dikarenakan kondisi tubuhnya yang menjadi sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit disekitar lingkungan tempatnya hidup.

Pemilik anjing tentu harus memberikan perlakuan yang berbeda terhadap anjing yang sudah mengalami penuaan.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Tuesday 09th, October 2018 / 10:41 Oleh :
Kategori : Anjing