Sponsors Link

Tanda Tanda Katarak Pada Burung

Sponsors Link

Memelihara burung berbagai jenis saat ini menjadi salah satu hobi yang sedang trend dilakukan di masyarakat.

ads

Dalam proses memelihara burung tersebut tentu ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menghindarkan burung dari berbagai macam permasalahan kesehatan yang dapat menimbulkan dampak buruk.

Salah satu permasalahan kesehatan yang dapat mengancam burung tersebut adalah kondisi katarak. Keadaan buruk yang mengalami penyakit katarak pada mata dapat diketahui melalui beberapa gejala yang muncul.

Berikut ini beberapa gejala atau tanda tanda katarak pada burung yang perlu diperhatikan setiap pemiliki burung agar dapat mencegah dan mengatasinya sehingga efek lebih buruk tidak akan terjadi. (Baca juga : penyakit pada burung nuri)

Mengenal Penyakit Katarak Pada Burung

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai tanda tanda katarak pada burung maka sebagai pembuka diberikan penjelasan mengenai apa itu penyakit katarak pada burung dan penyebab terjadinya kondisi tersebut.

Katarak secara definisi diartikan sebagai gangguan yang terjadi pada mata sebagai akibat dari peningkatan lapisan kabut atau pengeruhan pada lensa mata burung. Kondisi katarak pada burung dapat terjadi lebih tinggi pada burung dengan warna yang cerah dibandingkan burung berwarna gelap. (Baca juga : penyakit pada burung dara)

Tanda Tanda Katarak Pada Burung

Kondisi penyakit katarak pada burung merupakan masalah kesehatan yang dapat menimbulkan keadaan berbahaya sehingga harus dicegah dan segera diatasi sebelum semakin parah. agar dapat mengatasi kondisi kataran pada burung dengan benar maka pemilik buruk harus segera mengetahui adanya katarak pada burung tersebut melalui gejala yang ada.

Berikut ini gejala atau tanda burung mengalami katarak yang perlu dipahami setiap pemilik burung.

  1. Munculnya bintik putih pada mata

Hal pertama yang dapat menjadi tanda katarak pada burung adalah munculnya bintik putih di daerah mata burung. Kondisi bintih putih bening tersebut merupakan awal dari kondisi peningkatan lapisan kabut atau pengeruhan lensa mata burung yang akan semakin membesar. (Baca juga : cara mengobati katarak pada burung kacer)

  1. Penglihatan burung terganggu

Burung yang mengalami katarak tentu akan mengalami kondisi penglihatan yang terganggu. Kondisi terganggunya penglihatan tersebut disebabkan oleh adanya selaput putih yang menutupi mata. Burung yang kehilangan penglihatannya akan diketahui melalui perilakunya yang janggal.

  1. Perilaku burung yang berubah

Tanda lain yang juga dapat menunjukan adanya masalah pada kesehatan atau organ tertentu seperti mata burung adalah kondisi perlikau burung yang berubah.

Bentuk perilaku burung yang berubah tersebut biasanya terlihat dari kebiasaan burung yang sebelumnya lincah menjadi lebih pemurung serta tidak mau beraktivitas atau berinteraksi terutama pada manusia disekitarnya. (Baca juga : cara mengobati katarak pada burung)

  1. Sering menutup mata

Burung yang mengalami kondisi katarak juga dapat ditunjukan melalui kondisinya yang sering menutup mata lebih lama dari biasanya. Kondisi burung yang menutup mata lama tersebut juga didukung dengan keadaannya yang lemas dan malas untuk beraktivitas.

  1. Memegang daerah mata

Tanda terakhir yang mungkin juga dapat menunjukan bahwa ada masalah pada mata burung adalah aktivitasnya yang sering memegang atau mengaruk daerah mata dengan kakinya.

Kondisi tersebut dapa menjadi salah satu ciri atau tanda burung terkena katarak. (Baca juga : cara mengobati burung dengan bunga kitolod)

Itulah beberapa tanda tanda katarak pada burung yang harus dipahami oleh setiap pemilik burung sehingga dapat melakukan upaya pencegahan dan pengatasan agar kondisi yang terjadi tidak semakin parah.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Tuesday 09th, October 2018 / 09:18 Oleh :
Kategori : Burung