Sponsors Link

13 Ternak Ikan yang Paling Menguntungkan

Ternak ikan merupakan salah satu alternatif untuk bisa menjadi sumber pendapatan tetap untuk keseharian dan mendapatkan keuntungan. Selain ada begitu banyak jenis ikan yang bisa diternakkan dimana Indonesia memang negeri yang kaya akan sumber alam,

ternak ikan juga mudah dilakukan baik itu di ruangan terbuka, di ruangan luas, maupun di ruangan tertutup atau ruangan kecil dengan menggunakan teknik tertentu yang beragam.

Ikan juga bukan tipe hewan manja yang harus diperhatikan setiap saat. Di balik semua kemungkinan positif yang bisa dipertimbangkan, kembali pada pilihan jenis ikan yang diternakkan dan kesungguhan dalam ternak. Mengikuti pangsa dan selera pasar tentu jawaban agar ternak ikan selalu laris dicari di pasaran dan memberikan keuntungan yang maksimal.

Sebab itu, bagi sobat pembaca yang ingin menyelami bisnis ternak ikan lebih dalam atau sebagai penambah wawasa, kali ini penulis membahas mengenai 13 Ternak Ikan yang Paling Menguntungkan beserta penjelasan detail atau alasannya, yuk simak selengkapnya uraian berikut.

Nah sobat, sebelum membahs pada intinya, sekedar informasi dan saran dari penulis saja bahwa ternak ikan apa saja tentu akan memberikan hasil yang memuaskan ketika sobat mampu menjalankannya dengan :

  • Ilmu
  • Modal Uang
  • Alat yang Lengkap
  • Strategi Pemasaran
  • Niat dan Konsistensi

Jadi tidak hanya bibit ikannya saja yang baik atau potensial, namun juga pihak yang melakukan dan segala pendukung keberhasilan lainnya. Baiklah sobat, jenis jenis ikan yang paling menguntungkan untuk diternakkan diantaranya :

1. Ikan Cupang

Ialah ikan hias yang memiliki warna dan bentuk yang lucu, meskipun bertubuh kecil, ikan cupang memiliki harga yang mahal terlebih jika memiliki ekor yang indah dan warna yang unik. Peminatnya juga beragam usia mulai anak muda hingga dewasa. Ikan cupang cenderung mudah dalam perawatannya serta murah bibitnya sehingga dengan perawatan yang baik dan strategi pasar tepat tentu akan memberikan keuntungan yang menggiurkan. (Baca juga mengenai cara mengatasi ikan cupang kembung).

2. Ikan Arwana

Arwana juga termasuk jenis ikan hias yang banyak diternakkan, ukurannya besar dan harganya mencapai jutaan rupiah. Ikan arwana memiliki tingkat stres yang rendah sehingga mudah diternakkan dan jarang terjangkit penyakit, salah satu jenis ikan arwana yang harganya bisa mencapai puluhan juta ialah Arwana crossback gloden.  (Baca juga mengenai cara mengatasi ikan arwana kurang nafsu makan).

3. Ikan Mas Koki

Merupakan jenis ikan yang juga andalan sebagai ikan hias, ikan mas koki selalu banyak peminatnya dan tidak pernah surut angka penjualannya di masyarakat. Ikan mas koki dianggap sebagai salah satu jenis ikan yang membawa keberuntungan bagi orang orang yang menganut kepercayaan Tionghoa dan keturunan Cina sehingga selalu dicari dan memiliki peluang jual yang tinggi.  (Baca juga mengenai cara mengatasi ikan koki terbalik).

4. Ikan Lele

Lele begitu banyak diminati mulai di warung makan hingga di restaurant, siapa yang tak kenal lele? tentu semua mengenalnya walaupun mungkin tidak semua orang menyukai untuk memakannya. Namun tetap saja ikan lele menjadi jenis ikan lauk yang menjadi incaran untuk menu makan sehari hari sehingga peternak ikan lele pun mudah untuk menjual di pasar dengan omset besar.  (Baca juga mengenai cara budidaya lele bioflok probiotik).

5. Ikan Gurame

Sama seperti ikan lele, ikan gurame pun memiliki permintaan besar dan menguntungkan penjual. Ikan gurame adalah ikan yang menjadi andalan di berbagai restaurant terkenal dan diolah menjadi berbagai menu lezat, ikan gurame yang dicari tentu yang gemuk dan sehat, sehingga tepat untuk dijadikan sajian utama. Ternak ikan gurame termasuk memiliki jangka waktu paling cepat dalam masa panennya dibandingkan dengan ikan lain.  (Baca juga mengenai cara ternak gurame kolam beton).

6. Ikan Nila

Ikan nila ialah ikan lezat yang tak kalah ramai pembelinya, harganya yang terjangkau dan gizinya yang tinggi menjadi pilihan sajian untuk anak anak hingga dewasa. Tak heran jika ternak ikan nila menjanjikan omset yang besar sebab setiap hari selalu ada pencarinya baik itu untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk penjual makanan.

7. Ikan Bandeng

Ialah ikan yang termasuk mudah dibudidayakan baik itu di tambak atau air payau. Ikan bandeng sejak dulu menjadi selera masyarakat dan diolah dalam berbagai varian seperti bandeng presto dan orak otak bandeng. Sebab itu tak salah jika ikan bandeng menjadi ikan yang paling banyak dicari dan menjanjikan keuntungan besar bagi peternaknya.

8. Ikan Mujair

Merupakan ikan yang juga untuk bahan makanan yang sudah jelas lakunya dan menguntungkan peternak ikan jika dijual di pasaran. Ikan mujair memiliki bentuk yang sedang dan daging yang tebal, tepat untuk menjadi pilihan makanan dan menjadi ikan yang sering dicari para penyedia wisata kuliner.

9. Ikan Bawal

Ialah ikan yang memiliki bentuk kecil memanjang dan tubuh yang gempal, ikan bawal banyak diminati karena rasanya yang gurih dan dagingnya yang tebal. Ikan bawal dapat menjanjikan keuntungan bagi peternak karena mudah dalam perawatannya dan pakannya serta memiliki potensi jual tinggi di pasaran.

10. Ikan Kerapu

Merupakan jenis seafood yang juga banyak dicari karena rasanya yang lezat dan gizinya yang tinggi. Ikan laut ini sering menjadi sajian andalan di restaurant dan dijual dengan harga tinggi, sebab itu peternak ikan kerapu pun dapat memiliki omset yang menguntungkan.

11. Udang

Udang tentunya bukan ikan yang sulit untuk dicari peminatnya di pasaran, hampir setiap hari selalu ada peminatnya dimana udang memang terkenal akan kelezatan dan gizi tingginya. Ternak udang juga menjadi salah satu alternatif pilihan ternak ikan yang paling menguntungkan.

12. Ikan Pindang

Adalah ikan yang sering digunakan untuk sajian makan harian, ikan pindang luas peminatnya mulai dari masyarakat di desa hingga perkotaan. Ternak ikan pindang dipastikan mampu memberi keuntungan dan mudah menemukan pangsa pasar.

13. Ikan Cumi

Merupakan ikan yang masih sedikit jumlah peternaknya namun sebenarnya mampu memebri peluang keuntungan yang luas dimana ikan cumi adalah ikan idaman masyarakat karena kelezatan rasa dan gizi tingginya. Tak ada salahnya serius dalam bidang ternak ikan cumi untuk mendapat keuntungan yang tinggi.

Demikian yang penulis dapat sampaikan, semoga menjadi wawasan dan panduan berkualitas untuk anda dalam menjalankan ternak ikan sehari hari juga bisa menjadi motivasi untuk memulai atau meningkatkan kualitas ternak ikan menjadi lebih baik lagi. Terima kasih. Salam.

, , , , ,
Post Date: Thursday 02nd, August 2018 / 12:41 Oleh :
Kategori : Ikan