Sponsors Link

7 Cara Ternak Maggot Tanpa Bau

Sponsors Link

Beternak adalah langkah mudah mengisi waktu luang dengan hal-hal yang menguntungkan. Dibandingkan jika anda membuang waktu dengan percuma, alangkah baik apabila kesempatan ini anda manfaatkan untuk beternak. Sedangkan beternak itu sendiri tidak selalu dengan hewan besar seperti ayam, kambing, sapi atau yang lainnya. Akan tetapi hewan kecil seperti maggot ternyata juga bermanfaat. Apa itu maggot?

ads

Maggot atau istilah dalam bahasa Inggris yang berarti larva merupakan binatang kecil menyerupai ulat. Mudahnya di katakan, maggot adalah belatung. Ya, anda bisa mencoba ternak ini. Lantas bagaimana cara Ternak Maggot Tanpa Bau? Sedangkan sejauh ini diketahui bahwa belatung mempunyai bau busuk. Tergantung anda membibitnya atau merawatnya. Semuanya pasti akan di sampaikan dalam artikel kali ini.

Sebelum lebih jauh mengarah pada langkah-langkah cara beterenak maggot, alangkah lebih baik lagi jika anda mendalami terlebih dahulu tentang maggot agar nantinya bisa dengan mudah beradaptasi. Meski di katakan belatung, sebenarnya maggot tetap berbeda dengan belatung. Belatung biasa hidup pada daging yang telah busuk, sedangkan maggot hidup di bungkil kelapa sawit. Dari sini tentunya anda bisa sedikit terbayangkan perbedaan keduanya. (Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen)

Jika bicara soal bau, pastilah maggot tak lebih busuk dari belatung. Akan tetapi maggot tetap menimbulkan bau tidak sedap. Padahal keuntungan dengan bisnis maggot cukup menjanjikan. Hanya karena bau, jangan sampai anda meninggalkan usaha ini. Pengembangan maggot ini sendiri dilakukan dengan bantuan seperti lalat bunga yang dikenal juga dengan nama “Black Soldier”. Lalat yang berwarna hitam ini tentu saja memiliki perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan lalat yang biasa anda ketahui.

Lalat biasanya lebih di kenal jorok, namun untuk lalat bunga ini adalah jenis lalat yang mempunyai sifat menghisap madu yang ada di bunga dan mengkonsumsi bungkil kelapa secara berkelompok. Sedang untuk proses pembuatan maggot sendiri tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya saja yang membuat lama yakni proses fermentasinya. Proses ini memerlukan waktu lamanya 2 minggu.

7 Cara Ternak Maggot Tanpa Bau

  1. Pemilihan Bungkil Berkualitas

Salah satu yang di butuhkan untuk beternak moggot adalah bungkil kelapa. Lalu trik agar moggot tidak menghasilkan bau tak sedap yakni jenis pemilihan bungkil yang terbaik. Memang untuk pemilihan bungkil yang semakin bagus akan menambah biaya dibandingkan dengan bungkil yang biasa. Tapi inilah salah satu caranya, memilih bungkil kelapa yang bagus dan benar-benar berkualitas. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Pada Sapi)

  1. Pencucian Bersih

Setelah anda mempunyai bungkil kelapa berkualitas alias bagus, selanjutnya jangan lupa untuk proses pembersihan. Bersihkan bungkil-bungkil yang telah anda miliki dengan air bersih dan sebisa mungkin gosok-gosoklah agar tidak ada kotoran yang menempel. Proses selanjutnya adalah penghalusan bungkil kelapa tersebut, caranya dengan di giling.

  1. Penggunaan Air yang Bersih

Maggot memang nantinya akan di gunakan sebagai pakan hewan ternak atau budidaya. Akan tetapi jika prosesnya seperti pada umumnya tentu menimbulkan bau. Tetapi jika anda melakukan sedikit trik lain maka bau tersebut tidak sepenuhnya menyengat. Salah satu cara untuk beternak maggot agar tidak bau adalah penggunaan air bersih. Jangan sampai anda berfikir karena ini hanya sebuah maggot lalu mengabaikan pemberian air bersih.

Seperti yang di ketahui bahwa untuk menghasilkan maggot maka bungkil di fermentasikan. Nah, disinilah proses yang memerlukan air. Gunakan air bersih dan steril. (Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Patin di Kolam Tembok)

Sponsors Link

  1. Penggunaan Campuran yang Bersih

Bungkil yang di fermentasikan dibantu dengan campuran lainnya seperti ampas yang tidak terpakai lagi. Satu hal yang harus anda perhatikan, meskipun menggunakan ampas yang tidak di pakai lagi bukan berarti anda mengambil dari yang sudah basi. Sebaiknya carilah ampas yang baru saja tak terpakai. Sehingga cara ini tidak menmbulkan bau ternak maggot yang semakin parah nantinya.

  1. Penggunaan Wadah yang Steril

Gunakan wadah sebagai tempat proses fermentasi yang steril. Usahakan sebelum di gunakan wadah telah di cuci bersih dengan sabun. Proses selanjutnya yakni bungkil akan di fermentasikan dalam wadah ini yang perbandingannya bungkil 50% : air 75% serta tambahan ampas. Proses ini harus terbuka untuk menarik perhatian sang lalat. Tujuannya agar lalat bunga mau bertelur di fermentasi tersebut. Telur lalat inilah yang nantinya akan menetas menjadi larva alias maggot. (Baca Juga: Tips Sukses Ternak Ikan Mas)

  1. Berikan Antibiotik

Tidak ada salahnya anda mencampurkan sedikit antibiotik di dalam wadah fermentasi maggot agar tidak bau. Antibiotik ini bisa anda dapatkan di apotek atau pakan hewan dengan harga terjangkau. Namun konsultasikan terlebih dahulu akan penggunaannya.

  1. Pemberian Vitamin

Campurkan vitamin di dalam fermentasi maggot yang bertujuan untuk memberikan nutrisi serta mengurangi bau tak sedap yang muncul dari ternak ini. Sehingga maggot pun mendapatkan asupan nutrisi untuk menjadi maggot berkualitas. (Baca Juga: Tips Ternak Ulat Bumbung)

Demikianlah informasi tentang 7 cara ternak Maggot tanpa Bau yang dapat Anda coba terapkan sendiri di rumah. Memang di awal rasanya sedikit terganggu, akan tetapi lama kelamaan Anda akan terbiasa dengan hal tersebut dan jika mengetahui manfaatnya malah akan menjadi lebih senang. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 24th, October 2018 / 10:59 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak