Sponsors Link

7 Cara Ternak Perkutut Bangkok Supaya Hasil Maksimal

Sponsors Link

Sejatinya beternak memang tidak mudah, apalagi bagi pemula. Tentunya butuh kesiapan di segala hal. Namun jika anda telah memasuki dunia ternak, keuntungan bukan lagi menjadi bayangan. Akan tetapi anda akan merasakan keuntungan yang menjanjikan. Selain itu beternak juga sangat fleksibel waktunya. Anda bisa menjadikan beternak sebagai bisnis sampingan atau sekedar mengisi waktu luang.

ads

Sedangkan hewan yang bisa anda ternak cukup banyak, mulai dari binatang kecil sampai dengan yang besar seperti sapi, atau kerbau. Nah, untuk yang akan di sampaikan pada halaman ini adalah Ternak Perkutut Bangkok. Anda tentu bisa mengerti betapa pesat perkembangan pangsa pasar burung. Apalagi sekarang ini banyak di gelar event atau ajang lomba untuk memamerkan kicauan sang burung.

Salah satu burung itu adalah perkutut jenis bangkok. Pastinya banyak yang tidak asing dengan namanya maupun seperti apa burung ini. Sepertinya anda yang sedang mencari pekerjaan sampingan, entah sebagai pengisi waktu longgar atau menambah uang bisa mencoba bisnis tersebut. Tetapi anda juga harus mau belajar bagaimana cara beternak yang benar, sehingga hasilnya pun menjanjikan. (Baca Juga: Cara Memberikan Minyak Ikan Pada Perkutut)

Ternak Perkutut Bangkok bisa di lakukan di rumah, asalkan memang mempunyai lahan cukup di pekarangan. Namun semua tetap tergantung dari kapasitas perkutut anda. Nah, sebagai pengetahuan anda harus melihat dari beberapa cara di bawah ini.

  1. Pemilihan Lokasi Ternak

Salah satu bagian dari syarat beternak adalah pemilihan lokasi untuk kandang. Karena beternak hewan tidak bisa di sembarang tempat, anda pun juga harus pandai memilih lahan yang pas. Untuk beternak burung ini anda tidak perlu mencarikan lokasi di persawahan selayaknya ternak ayam. Cukup sediakan tempat di pekarangan rumah jika memang masih ada. Usahakan tidak mengganggu lingkungan sekitar. (Baca Juga: Cara Ternak Perkutut Agar Cepat Bertelur)

  1. Persiapan Kandang

Berbeda dengan ternak bebek, ayam, sapi ataupun kambing, ketika Anda beternak perkutut bangkok maka tidak harus memerlukan kandang. Adapun lahan yang di perlukan adalah untuk lokasi para kandang perkutut nantinya. Jika anda ingin membuatkan kandang besar juga tidak masalah, artinya anda tidak akan memposisikan masing-masing perkutut di dalam sangkar namun di buatkan kandang besar.

  1. Pemilihan Induk

Dapat memilih induk perkutut yang benar-benar oke, mulai dari bulu tidak sedang mengalami molting (perontokan bulu). Lebih penting lainnya adalah memilih indukan yang lincah, dan nafsu makan baik. Pemilihan induk inilah yang sangat berpengaruh pada kualitas hasil panen anda nantinya. (Baca Juga: Cara Ternak Burung Perkutut Bangkok)

Hindari untuk memilih perkutut yang memiliki ciri-ciri seperti berikut:

  • Terlihat pucat dan lemas (tidak bertenaga)
  • Kurang lincah dan gesit
  • Tidak bersiul sama sekali
  • Nafsu makan sedikit
  1. Perawatan Perkutut

Berikan perawatan terbaik untuk perkutut anda karena hal ini yang menjamin kesehatan ternakan anda. Berikut yang harus anda lakukan:

  • Pemberian Pakan

Konsultasikan terlebih dahulu kepada orang yang lebih paham tentang dunia perkutut bangkok. Jika sudah di tentukan apa saja pakan yang pas dan cocok bagi perkutut, perhatikan untuk pemberiannya. Setiap usia tidak bisa di berikan pakan yang sama dan takaran yang sama. Namun yang pasti, penuhilah gizi perkutut agar seimbang dan berikan nutrisi yang terbaik karena ini menyangkut bisnis ternak. (Baca Juga: Tips Merawat Perkutut di Musim Hujan)

  • Penjemuran

Rajinlah menjemur burung di pagi hari di bawah sinar matahari pukul 07.30 sampai dengan 08.00. Tetapi jangan sampai lupa untuk tempat minum yang tetap harus anda sediakan.

Sponsors Link

  • Memandikan

Rutin memandikan burung setiap hari, minimal dua kali dalam sehari agar perkutut senantiasa segar. Ketika badan perkutut segar maka burung juga akan merasa lebih senang.

  1. Pemberian Vitamin dan Nutrisi Tambahan

Berikan vitamin yang pas untuk asupan tambahan bagi perkutut. Anda bisa membeli vitamin di kios penjual pakan burung dengan harga terjangkau. Sedangkan nutrisi tambahan lainnya bisa diberikan pakan selingan seperti buah-buahan segar. Misalnya seperti pepaya yang sudah masak, pisang dan beberapa lainnya. (Baca Juga: Tips Burung Perkutut Rajin Bunyi)

  1. Kerdong Kandang

Jangan biarkan kandang atau sangkar tempat burung terbuka begitu saja, karena dinginnya malam yang tak di ketahui bisa menggigilkan tubuh burung dan menimbulkan kondisi tidak sehat. Jika di teruskan tentu saja hal itu akan membuat burung perkutut anda mati. Lengkapi kandang atau sangkar dengan kerdong, demi kehangatan burung di malam hari.

  1. Pemberian Lampu

Kandang burung perkutut harus di berikan lampu pijar. Karena lingkungan yang gelap secara terus menerus bisa menimbulkan perkutut stress. Lalu bagaimana dengan sangar? Untuk tempat burung seperti sangkar memang sulit kemungkinan jika di pasang lampu, terlalu ribet. Cukup posisikan sangkar pada lokasi yang ada lampunya, atau dengan kata lain berikan penerangan di lokasi dimana anda menempatkan sangkar burung perkutut. (Baca Juga: Cara Ternak Perkutut di Sangkar Gantung)

Ternak Perkutut Bangkok bisa anda jadikan alternatif bisnis rumahan. Disamping anda sibuk dengan pekerjaan harian, penghasilan sampingan juga tetap mengalir. Demikianlah tentang beternak burung perkutut bangkok yang bisa di sampaikan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 26th, October 2018 / 16:44 Oleh :
Kategori : Burung