Sponsors Link

7 Tips Membawa Kucing Perjalanan Jauh

Sponsors Link

Memiliki hewan peliharaan dirumah baik kucing, anjing, dan jenis hewan lainnya merupakan hobi yang dapat memberikan kesenangan pada para pecinta binatang. Kucing menjadi salah satu jenis hewan piaraan yang banyak dipelihara oleh sebagian besar masyarakat pecinta binatang.

ads

Salah satu masalah yang seringkali terjadi ketika memiliki hewan peliharaan adalah pada saat akan membawanya dalam perjalanan jauh dengan berbagai macam keperluan. Berikut ini beberapa cara atau tips membawa kucing perjalanan jauh yang benar.

  1. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi terutama mobil

Ketika melakukan perjalanan jauh bersama dengan kucing maka sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi terutama mobil dibandingkan harus menggunakan kendaraa umum. Hal ini dikarenakan penggunaan kendaraan pribadi tidak memiliki resiko kucing peliharaan yang dibawa dapat menganggu orang lain.

Selain resiko gangguan yang dapat muncul, menggunakan kendaraan umum saat berpergian jauh lebih dapat menyebabkan kucing peliharaan mengalami kondisi stress, binggung, serta ketakutan. Lakukan cara merawat kucing agar manja sehingga kucing dapat menurut ketika dalam perjalanan.

  1. Bawa dokumen penting terkait dengan kucing yang dimiliki

Selama perjalanan baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, selalu perhatikan dokumen terkait kucing peliharaan tersebut setiap saat. Beberapa dokumen seperti bukti imuniasai, rekam medis kucing, keterangan sehat, dan beberapa dokumen lainnya.

Mempersiapkan dokumen yang ada tersebut terutama jika perjalanan jauh melewati beberapa wilayah termasuk wilayah negara yang berbeda. Perhatikan bahwa setiap kucing peliharaan harus telah divaksinasi untuk menghindari  berbagai dampak kucing tidak divaksin.

  1. Lakukan persiapan yang benar sebelum keberangkatan

Sebelum melakukan perjalanan dengan kucing peliharaan maka lakukan proses persiapan dengan benar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pemilik kucing sebelum melakukan perjalanan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Persiapkan segala kebutuhan makanan dan minuman bagi kucing selama perjalanan serta kalkulasikan jumlah kebutuhannya dengan estimasi lamanya perjalanan. Jika diperlukan vitamin untuk kucing agar nafsu makan tetap terjaga dapat diberikan.
  • Biasanya kucing untuk tenang di dalam mobil dengan cara sering membawanya di dalam mobil saat berpergian kemanapun.
  • Bawalah beberapa mainan kesukaan kucing dan beberapa peralatan lainnya seperti kandang kucing, tenda, alas, kasur kuscing, dan lain sebagainya.
  1. Persiapkan obat mabuk maupun obat penenang untuk kucing peliharaan

Mempersiapkan obat mabuk untuk kucing peliharaan termasuk langkah yang dibutuhkan dalam tips membawa kucing perjalanan jauh. Dalam kondisi perjalanan jauh, kucing dapat mengalami kondisi stres, gelisah, dan tidak tenang akibat jenus dengan perjalanan yang ada. Dengan adanya obat penenang dalam dosis yang sesuai dengan resep dokter maka perilaku kucing peliharaan dapat lebih tenang.

Sponsors Link

  1. Rencanakan pemberhentian untuk beristirahat

Selama perjalanan jauh selalu recanakan tempat pemberhentian dan tempat istirahat yang akan dikunjungi sebelum berangkat. Hal ini digunakan untuk mengurangi rasa letih dan lesu yang timbul akibat dari perjalanan yang jauh. Kondisi letih yang dialami selama masa perjalanan baik bagi kucing sebagai hewan peliharaan ataupun pemilik hewan tersebut.

  1. Buat kucing selalu dalam keadaan tenang

Agar perjalanan jauh bersama dengan kucing dapat berlangsung dengan baik maka selalu perhatikan dan jaga kondisi kucing agar dapat bersikap tenang hingga tujuan akhir dari perjalanan tersebut tercapai.

Ketika kucing sudah mulai menunjukan gelagat gelisah dan tidak bersikap tenang kembali maka perjalanan dapat diberhentikan sementara untuk melakukan istirahat. Lakukan cara membuat kucing jinak kepada kita agar dapat dengan mudah selalu dalam kondisi tenang dalam perjalanan.

  1. Jangan membawa kucing dalam perjalanan sendirian tanpa adanya teman

Berpergian menggunakan kucing peliharaan baik sebaiknya dilakukan bersama dengan kendaraan pribadi seperti yang dijelaskan dalam uraian diatas. Dalam proses membawa kucing bersama dalam suatu perjalanan, usahakan untuk tidak berpergian sendiri tanpa adanya teman. Dengan adanya teman dalam perjalanan bersama kucing peliharaan maka beban yang ada dan berbagai permasalahan yang muncul dapat ditanggung bersama sehingga akan terasa lebih mudah.

Itulah beberapa tips yang dapat diberikan untuk membantu menemukan cara terbaik dalam mengajak kucing piaraan untuk melakukan perjalanan jauh. Selama perjalanan bersama dengan hewan piaraan usahakan untuk selalu bersikap sabar serta tenang agar kucing juga dapat bersikap tenang selama berada di dalam mobil dan juga perhatikan  tanda kucing depresi akibat perjalanan untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 19th, July 2018 / 12:55 Oleh :
Kategori : Kucing