Sponsors Link

10 Tips Memelihara Beagle

Sponsors Link

Beagle, adalah salah satu jenis ras dari anjing. Pernahkah sobat mendengar sebelumnya? atau mungkin saat ini sobat memelihara beagle?

ads

Beagle merupakan jenis anjing pemburu yang terkecil yang berasal dari Inggris. Di alam bebas, beagle hidup hutan dan di jaman lampau sering dimanfaatkan manusia untuk memburu hewan babi.

Seiring perkembangan jaman, begale mulai banyak dipelihara sebagai anjing yang membantu perburuan atau sebagai hewan penjaga. Nah sobat,

untuk bisa memeliharanya tentu memerlukan trik khusus dimana beagle memiliki pola hidup dan kebutuhan pakan yang berbeda. Cara memperlakukan atau melatihnya untuk bisa menjadi jinak

dan dekat dengan manusia pemeliharannya pun berbeda, yuk sobat, simak 10 Tips Memelihara Beagle berikut sebagai wawasan tambahan untuk sobat atau sebagai panduan bagi sobat yang ingin memeliharanya. (Baca juga mengenai jenis penyakit kulit pada anjing)

Sebelum memahami tips memeliharanya, yuk sobat simak terlebih dahulu bagaimana ciri fisik dan karakternya :

  • Mirip miniature Foxhound dengan kepala yang lebih lebar dan moncong pendek
  • Kaki lebih pendek dari panjang tubuh
  • Telinga terkulai yang lebar
  • Mata cokelat dengan tatapan lembut
  • Ekor yang sedikit melengkung  (Baca juga mengenai jenis vaksin pada anjing)
  • Dada bidang & otot yang kuat
  • Warna dasar putih dengan corak hitam atau cokelat yang besar
  • Bulu pendek tahan air
  • Berukuran 33 sd 41 cm
  • Berat antara 8 sd 15 Kg  (Baca juga mengenai efek suntik kutu pada anjing)
  • Ukuran betina sedikit lebih kecil dari jantan
  • Ramah dan lembut
  • Penuh perhatian
  • Baik terhadap anak anak  (Baca juga mengenai efek bawang putih pada anjing)
  • Tidak bisa hidup bersama hewan lain yang lebih kecil karena sifat berburunya
  • Agresif pada orang asing
  • Cerdas, Sulit dilatih, Independen
Sponsors Link

Tentunya cara memelihara disesuaikan dengan karakternya tersebut ya sobat, lakukan pemeliharaan dengan cara :

1. Pemberian jam makan yang teratur

Tentunya tiap hewan peliharaan, termasuk anjing beagle harus dibiasakan dengan jam makan yang teratur ya sobat, pada anjing beagle kecil berusia dibawah 6 bulan perlu diberi makan selama 3 kali sehari dan usia 6 bulan ke atas diberi makan dua kali sehari. Untuk usia 1 tahun ke atas, anjing beagle cukup diberi makan sehari sekali.  (Baca juga mengenai cara membersihkan karang gigi pada anjing)

Naluri berburu pada anjing beagle menjadikannya anjing yang aktif dan energik. Oleh sebab itu, ia membutuhkan makanan dengan asupan protein yang baik. Makanan berprotein dapat membantu melengkapi nutrisi pada anjing beagle. Tingginya protein dan kandungan berguna untuk menguatkan dan memadatkan ototototnya. Pilih makanan yang berasal dari daging merah.

ads

2. Ajaklah Beagle berjalan jalan dan memainkan permainan untuk membuatnya olahraga

Jangan lupa luangkan waktu untuk berjalan jalan setidaknya selama 5 menit setiap harinya, sobat tentu menngetahui karakter dasarnya sebagai anjing pemburu dimana anjing pemburu adalah hewan yang aktif dan cerdas, jika terbiasa jalan jalan maka memberikan pola alami pada kesehariannya dan tidak menyebabkan ia stres.

3. Jagalah kebersihan kandang, tempat tidur, dan tempat makannnya

Untuk mencegah penyakit dan memberinya rasa nyaman, biasakan pola hidup ersih pada anjing beagle ya sobat, baik itu pada tubuhnya maupun pada lingkungan sekitarnya. Bersihkan kandang dan tempat kotorannya secara teratur serta beri tempat tidur yang nyaman serta tempat makan yang bersih.

4. Doronglah Beagle untuk bersosialisasi sejak usia dini

Jika sobat memelihara anjing beagle sejak kecil, biasakan untuk dekat dengan manusia agar ia tidak agresif, caranya bisa dengan sering mengajaknya jalan jalan dan berinteraksi misalnya mengajaknya ketika sedang berada bersama keluarga di rumah atau membiarkan ia bermain dengan orang orang di sekitar sobat.

5. Berikan vaksinasi dan bawa ke dokter hewan dalam 6 bulan sekali

Berikan vaksin yang dibutuhkan untuk anjing dengan konsultasi ke dkter hewan, anjing beagle perlu vaksin untuk memberikannya kesehatan sepanjang hari dan memberi ia umur yang lebih panjang serta meningkatkan daya tahan tubuhnya.

6. Sisir bulunya dengan sikat halus untuk mengangkat bulu bulu rontoknya

Setelah memandikan atau ketika bulunya menggumpal dan terlihat kotor, segera sisir anjing beagle dengan sisir khusus untuk kembali memberikan kelembutan dan kehalusan pada bulunya, jika anjing beagle bulunya rontok pun dapat segera terangkat sehingga tidak menjadi bulu mati yang merusak penampilannya.

7. Mandikan Beagle hanya ketika tubuhnya kotor

Anjing beagle memiliki karakter yang aktif, namun ia tak suka jika sepanjang hari atau terlalu sering dimandikan, jika memang tubuh anjing beagle tidak kotor,tak perlu memandikannya ya sobat, cukup dengan menyisir bulunya atau mengelap kakinya dengan kain yang basah. Jika terlalu sering memandikannya, anjing beagle akan merasa tidak nyaman dan menyebabkan bulunya rontok.

8. Jagalah kebersihan mulutnya dengan menyikat giginya sejak dini

Di toko keperluan hewan atau di dokter hewan, tersedia berbagai bentuk sikat gigi khusus anjing untuk berbagai umur, sobat bisa membelinya untuk membersihkan gigi anjing beagle yang sobat pelihara. Anjing beagle yang memang sering makan makanan berprotein dan daging merah tentunya membuat makanan tersebut mudah menempel di giginya dan harus dibersihkan secara berkala.

9. Bersihkan telinganya 2 kali seminggu

Anjing beagle memiliki telinga yang panjang dan menutup, memang telinganya tidak langsung terkena debu ketika anjing beagle melakukan aktifitas harian, namun tetap harus dijaga kebersihannya dengan rutin membersihkannya. Bersihkan telinga anjing beagle dengan menggunakan lap yang telah dibasahi dan segera usap dengan lap kering, lakukan secara rutin agar mencegah timbulnya penyakit.

Sponsors Link

10. Mata perlu dibersihkan setiap hari untuk mencegah infeksi dan noda air mata

Bersihkan mata anjing beagle setiap hari atau ketika matanya terlihat kotor, caranya pun sama ya sobat, yakni menggunakan lap khusus yang telah dibasahi, anjing beagle yang memiliki kotoran menumpuk di mata dapat membuatnya merasa tidak nyaman, mengganggu penglihatan, menyebar ke area tubuh yang lain, dan membat anjing beagle mudah terkena penyakit.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, memang tiap anjing punya karakteristik sendiri sendiri ya sobat, dengan cara perawatan dan perlakuan yang tepat, tentunya beagle akan menjadi hewan peliharaan yang baik dan jinak layakya anjng jenis lainnya. Oke sobat, semoga ulasan yang penulis sampaikan bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, October 2018 / 13:46 Oleh :
Kategori : Anjing