Sponsors Link

10 Tips Memelihara Ciblek Lebih dari Satu

Sponsors Link

Memelihara burung ialah salah satu hobi yang menyenangkan, tubuhnya yang mungil dan suaranya yang merdu memberikan rasa keindahan dan ketenangan tersendiri.

ads

Tak heran jika banyak orang memelihara beberapa burung sesuai favoritnya, entah itu hanya sebagai hiburan semata atau menjadi potensi untuk dilombakan.

Sering kita mendengar untuk tidak memlihara burung jenis petarung di satu tempat atau lebih dari 1 sebab dikhawatirkan akan mempengaruhi mental satu sama lain, namun jika merupakan suatu hobi, tentu dapat dilakukan dengan cara perawatan yang khusus agar tidak timbul resiko yang dikhawatirkan.

Salah satunya ialah burung ciblek yang memang memiliki naluri untuk bersaing dan bertarung, jika sobat ingin memeliharanya lebih dari 1, ada baiknya, simak 10 Tips Memelihara Ciblek Lebih dari Satu berikut agar mencapai kesehatan dan perawatan yang terbaik untuk semua burung yang dipelihara, berikut selengkapnya.

1. Pemeliharaan Awal (Masa Adaptasi)

  • Pahami karakter masingmasing burung ciblek peliharaan, awalnya burung ciblek peliharaan yang mempunyai naluri fighter awalnya pasti akan saling serang. (Baca juga mengenai cara ternak burung ciblek)
  • Biasakan menempatkan beberapa burung ciblek peliharaan fighter dalam 1 ruangan agar saling kenal dan terbiasa.
  • Lakukan hal tersebut selama kurang lebih 2 Minggu.

2. Perawatan Harian

  • Mulai pukul 05. 00 atau sesudah Sholat Shubuh burung ciblek peliharaan dikeluarkan semua dari dalam rumah untuk diembunkan.  (Baca juga mengenai cara penangkaran ciblek kebun)
  • Pukul 07.00 ganti air minum burung ciblek peliharaan dengan yang baru, bersihkan semua kotoran yang menempel, cuci sangkar harian dengan menggunakan setiap 1 minggu sekali.
  • Berikan masingmasing 3 ekor jangkrik.
  • Pukul 08. 00 burung ciblek peliharaan di jemur selama 3 jam secara berdampingan tanpa ada sekat, biarkan satu sama lain saling kenal.  (Baca juga mengenai cara budidaya ciblek kebun)
  • Pukul 10. 00 burung ciblek peliharaan kembali dimasukan ke dalam kamar penyimpanan, untuk menjaga staminanya berikan 5 tetes vitamin setiap hari dan di ganti dengan yang baru.
  • Pukul 15. 00 burung ciblek peliharaan kembali dikeluarkan dari dalam rumah, angin anginkan sekitar 15 menit.
  • Mandikan burung ciblek peliharaan dengan cara keramba menggunakan Shampo.  (Baca juga mengenai cara budidaya ciblek kristal)
Sponsors Link

  • Anginangin kan burung ciblek peliharaan selama 20 menit, kemudian masukan burung ciblek peliharaan ke dalam kamar penyimpanan dengan cara dikerodong sampai ke esokan harinya.

3. Jangan Letakkan Sangkat Terlalu Dekat

  • Usahakan bila memiliki burung ciblek peliharaanpetarung lebih dari 1 / sejenis maupun tidak sejenis,  agar menempatkan tidak terlalu dekat, usahakan burung ciblek peliharaan di kerodong bila di letakkan di dalam rumah dan tidak saling bertatapan  (Baca juga mengenai tips memelihara cucak ijo lebih dari satu)
  • Kalaupun bisa penempatan di atur sedemikian rupa, (salah satu di taruh di depan, dan satunya bagian belakang rumah)
  • Bila ruangan terbatas, usahakan di atur tidak dalam satu ruangan
ads

4. Evaluasi Mental Burung

Perhatikan beberapa hari/minggu, bila dengan beberapa tips tersebut masih ada salah satu burung ciblek peliharaan yang drop (bahkan macet), ini bisa di indikasikan, burung ciblek peliharaan tersebut sudah down secara mental. Dan bila hal ini terjadi, ungsikan salah satu burung ciblek peliharaan ke rumah lain, atau bahkan bisa di titipkan ke tempat teman yang tidak memiliki burung ciblek peliharaan sejenis

5. Jika Burung Ciblek Memiliki Umur yang Berbeda

Jangan menempatkan burung ciblek peliharaan apapun yang masih muda di dekat burung ciblek peliharaan apapun yang senior. Kalau untuk tujuan pemasteran, burung ciblek peliharaan yang muda dikerodong dan jangan ditempel/ digantang berdekatan.

6. Jika Salah Satu Burung Ciblek Mabung

Jangan menempatkan burung ciblek peliharaan yang sedang mabung di dekat burung ciblek peliharaan apapun yang sedang fit, kalau untuk tujuan pemasteran, burung ciblek peliharaan yang mabung dikerodong dan juga jangan ditempel/ digantang berdekatan.

7. Jika Burung Ciblek Memiliki Kualitas Kicau yang Berbeda

Jangan memelihara burung ciblek peliharaan “bersuara  merdu” untuk berdekatan dengan jenis burung ciblek peliharaan lainnya. Hal itu bisa merendahkan mental burung ciblek lain yang lebih muda atau masih dalam tahap pemasteran dan pembelajaran. Jika memang memlihara burung ciblek lebih dari 1 dengan kualitas suara berbeda dapat dibedakan tempatnya agar tidak terlalu dekat.

8. Rutin Jemur di Sinar Matahari

Pagi hari mulai buka kerodong terus gantung di luar rumah, ini yang dinamakan diembunembunkan, perlakuan ini sebenarnya berlaku juga hampir semua jenis burung ciblek peliharaan. Mereka senang dengan suasana pagi menjelang matahari terbit. Jangan Lupa untuk membedakan temat agar tak berdekatan.

9. Berikan Pakan Sesuai kebutuhan atau Sesuai Umur

Burung ciblek peliharaan diberikan makan extra fooding jangkrik kecil 2-3 ekor ditambah kroto ¼  ½ sendok teh dan ulat hongkong 2 sd 4 ekor. Untuk extra fooding ini tdak mengikat boleh disesuaikan dengan settingan masingmasing.

10. Lakukan Perawatan dengan Bersamaan di Tempat yang Berjauhan

Burung ciblek peliharaan dimandikan dengan cara semprotan halus lembut supaya burung ciblek tidak kaget. Mandikan perlahan sampai burung ciblek peliharaan basah semua. Setelah mandi dilanjukan penjemuran. Penjemuran dapat dilakukan setelah jam 07.00 wib sampai jam 09.00 wib.

Setelah penjemuran burung ciblek peliharaan ciblek gantung ditempat teduh. Boleh didekatkan sebentar dengan burung ciblek peliharaan yang bersuara atau ingin menggesek dengan burung ciblek peliharaan sudah jadi. Setelah itu burung ciblek peliharaan di kerodong, ini juga untuk mengurangi hawa panas pada siang hari dan dekatkan pada burung ciblek peliharaan kicau lainnya.

Sponsors Link

Hal ini dapat dilakukan setiap hari tenggang waktu 4 sd 5 jam, boleh sampai sore. Kira kira sore kerodong dibuka kembali dan diberi makan extra fooding dengan jumlah yang sama pada waktu  pemberian pagi. Selanjunya burung ciblek peliharaan dimandikan sama seperti di pagi hari. Setelah itu ciblek dikeringkan atau jemur setengah jam atau sampai satu jam. Setelah sore burung ciblek peliharaan di kerodong kembali sampai besok hari.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, boleh saja memelihara burung ciblek lebih dari 1, intinya perawatan harian yang dilakukan harus sesuai dengan kebutuhan dan memahami masing masing karakternya. Oke sobat, semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, October 2018 / 13:02 Oleh :
Kategori : Burung