Sponsors Link

11 Tips Memelihara Kucing di Rumah

Sponsors Link

Hewan kucing tidak harus keluar rumah untuk menjadi bahagia. Salah satu kunci untuk menjaga hewan kucing bahagia dan puas adalah dengan memberinya hiburan dan stimulasi secara teratur walaupun ia dipelihara di dalam rumah.

ads

Selain olahraga dan stimulasi mental, memelihara kucing di dalam rumah membutuhkan lingkungan yang aman untuk hidup, pakanan dan minuman,

serta perawatan tubuh dan kesehatan rutin. Jika  sobat bisa menyediakan semua ini untuk hewan kucing  sobat, ia akan hidup bahagia dan sehat di dalam rumah. Yuk sobat simak dan lakukan 11 Tips Memelihara Kucing di Rumah.

1. Buatlah lingkungan yang aman bagi hewan kucing

Memelihara kucing di dalam rumah maka ia terbiasa menghibur dirinya sendiri, jadi ia akan menjelajahi rumah dan bermain dengan apa pun yang ia lihat. Sangatlah penting untuk memeriksa rumah dengan menggunakan sudut pandang si hewan kucing untuk mencari sesuatu yang bisa menyakiti hewan kucing  sobat dan memastikan bahwa ia aman. (Baca juga mengenai jenis pasir untuk kucing sesuai kebutuhan)

2. Jauhkan hewan kucing dari hal hal berbahaya

Selalu pastikan untuk menyimpan alat alat kebersihan dan zat zat kimia lainnya di tempat yang aman. Terdapat banyak bahan kimia berbahaya yang mungkin sobat gunakan di rumah dan sangat berbahaya bagi hewan kucing.  Contohnya  (Baca juga mengenai vitamin untuk bulu kucing)

ialah pembersih lantai, parfum, minyak atau gas, dsb. Sebab itu pastikan sobat meletakkan benda benda tersebut di tempat yang aman yang tidak bisa dijangkau oleh hewan kucing yang sobat pelihara di rumah.  (Baca juga mengenai makanan untuk kucing hamil)

3. Sediakan tempat untuk buang kotoran

Sediakan kotak pasir sebagai tempat buang air bagi hewan kucing  sobat yang bisa dibersihkan setiap hari. Hewan kucing membutuhkan privasi saat buang air. Tempatkan kotak pasir di tempat sepi sehingga si hewan kucing tidak akan terganggu atau ketakutan oleh suara yang tiba tiba muncul (seperti suara mesin cuci).  (Baca juga mengenai antibiotik untuk kucing luka)

Jika  sobat memiliki beberapa hewan kucing,  sobat membutuhkan satu kotak pasir untuk setiap hewan kucing. Ada baiknya  sobat memiliki kotak pasir cadangan. Jadi, jika  sobat memiliki lima ekor hewan kucing, sebaiknya sediakan enam buah kotak pasir.  (Baca juga mengenai manfaat vitamin e untuk kucing)

Jagalah kotak pasir agar tetap bersih sehingga hewan kucing akan senang mendatanginya. Artinya,  sobat harus menyekop kotoran dan membersih noda setiap hari serta membersihkan kotak pasir secara menyeluruh setiap minggu.

Sponsors Link

4. Berilah hewan kucing pakanan dan air

Ketahuilah bahwa memelihara kucing di dalam rumah sangat mudah gendut. Untuk mencegah ini, takarlah pakanannya dan berikan sesuai dengan takaran yang di sarankan pada kemasan. Jika hewan kucing bertambah beratbadannya hingga kegemukan (tulang rusuknya akan lebih sulit untuk ditemukan), kurangilah jatah harian hewan kucing  sobat, konsultasikan dengan dokter hewan mengenai jumlah atau takaran pakan yang paling pas untuknya.

5. Berilah hewan kucing tempat khusus untuk menghabiskan waktunya sendiri

Penting bagi hewan kucing untuk mempunyai ruang spesial miliknya sendiri, bahkan ketika ia tidur bersama  sobat di malam hari. Ruang kecil ini bisa berupa tempat tidur hewan kucing atau pohon hewan kucing sehingga hewan kucing  sobat bisa meringkuk di dalamnya.

ads

6. Sediakanlah tiang garukan sebagai tempat hewan kucing mencakar

Mencakar adalah bagian dari tingkah laku normal hewan kucing. Saat hewan kucing mencakari sesuatu, ia melepaskan sedikit aroma yang men sobatkan kepada hewan kucing lain bahwa ia telah menyatakan daerahnya. Jika  sobat tidak menyediakan hewan kucing tiang garukan untuk mencakar, hewan kucing  sobat akan mencari tempat mencakar sendiri dan mungkin saja ia akan menggunakan sofa atau benda lain di rumah  sobat .

7. Pastikan hewan kucing mendapatkan olahraga yang cukup

Bermainlah dengan hewan kucing secara rutin. Pastikan  sobat memiliki jadwal bermain rutin setiap beberapa kali sehari. Hewan kucing adalah pelari cepat, bukan pelari maraton, tiga atau empat sesi berdurasi sekitar lima sampai sepuluh menit lebih baik daripada satu sesi selama 20 menit.

8. Jangan mengira bahwa hewan kucing tidak mau bermain hanya karena ia gemar tidur siang

Hewan kucing adalah pemburu yang berarti mereka memiliki periode untuk bermalas malasan yang diselingi dengan aktifitas berburu. Hanya karena hewan kucing gemar untuk tidur bukan berarti mereka tidak membutuhkan stimulasi mental yang didapat dengan mencium bau tikus, menguntit, dan menangkapnya.

Banyak masalah tingkah laku seperti mengotori rumah, mencakari sesuatu, atau agresi terhadap hewan peliharaan lain disebabkan oleh kebosanan dan rasa frustasi. Pastikan untuk menyediakan beberapa benda menarik yang bisa si hewan kucing mainkan.

9. Berilah hewan kucing pemandangan di luar rumah

Pastikan tempatnya memiliki tenggeran yang tinggi serta jendela. Hal ini akan menghibur si hewan kucing dengan pemandangan di luar serta untuk memenuhi kebutuhan hewan kucing untuk berada di tempat tinggi, karena hewan kucing adalah pemnajat pohon yang alami.

  • Jika  sobat tinggal di apartemen, pastikanlah balkon  sobat aman bagi hewan kucing dan ia tidak akan jatuh dari pagar balkon.  sobat boleh mempertimbangkan untuk memagari balkon sehinggga si hewan kucing bisa memperhatikan lingkungan tanpa risiko cedera.
  • Selain itu, pastikanlah setiap jendela sudah aman dan tidak bisa dilewati hewan kucing. Periksalah sekat sekat untuk memastikan tempat tersebut aman dan tidak rusak sehingga hewan kucing tidak bisa menyelinap keluar saat  sobat tidak melihat.

10. Bangunlah ikatan dengan hewan kucing melalui latihan

Cobalah untuk melatih hewan kucing  sobat, yang memberikan stimulasi mental penting untuk hewan kucing dan membantunya untuk membangun ikatan dengan  sobat. Sobat harus bersabar dan mengetahui sungguhan apa yang sangat memotivasi si hewan kucing untuk mengikuti perintah  sobat.

Sponsors Link

11. Berikan hewan kucing  sobat sesuatu untuk dimainkan saat  sobat sedang pergi

Tinggalkan mainan untuk hewan kucing  sobat saat ia tidak bisa bermain dengan  sobat.  sobat bisa meninggalkan tikus mainan atau catnip, tetapi  sobat juga bisa meninggalkan benda benda baru yang aman bagi hewan kucing. Cobalah tinggalkan kantong kertas atau kotak kardus untuk hewan kucing  sobat jelajahi. Berikan ia cinta dan perhatian jika ia menginginkannya.  sobat memiliki sekitar 20 tahun untuk bersama hewan kucing kesayangan  sobat, jadi lakukanlah yang terbaik dengan membangun ikatan untuk saling menyayangi.

Nah sobat, jangan lupa untuk memberikan semua yang terbaik dan segala kecukupan, jangan sampai hewan kucing yang sobat pelihara merasa kesepian dan sedih, sobat harus bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan kebahagiaannya. Demikian yang dapat penulis sampaikan, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Saturday 27th, October 2018 / 00:33 Oleh :
Kategori : Kucing