Sponsors Link

11 Tips Memelihara Monyet Ekor Panjang

Sponsors Link

Memelihara monyet ekor panjang ialah hal yang seru dan termasuk hobi yang unik, monyet ekor panjang termasuk hewan yang dilindungi, sebab itu tidak boleh asal dalam memeliharanya,

ads

perlu ijin dari dinas hewan setempat dan pengawasan dari dokter hewan, jika sobat sudah memiliki tu semua, pemeliharaan dapat dilakukan dengan 11 Tips Memelihara Monyet Ekor Panjang berikut :

1. Bangun atau Belilah KandangMonyet Ekor Panjang

Monyet ekor panjang Sobat mungkin akan menghabiskan banyak waktu di kandangnya, tapi ia juga butuh tempat untuk bermain saat malam dan terutama ketika Sobat tidak bisa bermain dengannya.

Kandang monyet ekor panjang harus agak besar, semakin besar semakin baik. Monyet ekor panjang memerlukan ruang yang besar untuk berlari dan bermain, terutama ketika ia sudah berada di kandang selama 1 sd 2 jam. Jika kandangnya terlalu kecil, monyet ekor panjang biasanya lebih nakal dan agresif. (Baca juga mengenai cara bekantan bertahan hidup)

2. Lindungi rumah Sobat

  • Jangan biarkan monyet ekor panjang memiliki akses untuk bermain dengan kabel. Jauhkan semua benda elektronik.
  • Monyet ekor panjang bisa merobek tirai, atau memecahkan lampu dan furniture di rumah sobat. Jauhkan benda benda yang tidak ingin dirusak monyet ekor panjang dari jangkauannya.  (Baca juga mengenai cara merawat anak bekantan)

3. Jaga Area Monyet Ekor Panjang Agar Tetap Bersih

Monyet ekor panjang bisa membersihkan dirinya sendiri, namun monyet ekor panjang pasti akan mengotori tempat manapun. Cukup sulit untuk melatih monyet ekor panjang, karena monyet ekor panjang suka semaunya sendiri.  (Baca juga mengenai cara menghilangkan lalat pada sapi)

Beberapa pemilik bahkan mengenakan popok pada anakanmonyet ekor panjang, namun hal ini tidak mungkin dilakukan pada monyet ekor panjang dewasa. Maka dari itu, Sobat harus membersihkan diri untuk menjaga kebersihan di kandang dan rumah.  (Baca juga mengenai cara sukses ternak kambing kacang)

4. Sediakan Air Bersih Setiap Hari

Monyet ekor panjang harus selalu mendapatkan air bersih yang disediakan dalam botol. Sobat bisa menggunakan dot. Beberapa monyet ekor panjang mungkin lebih suka minum dari piring, namun ada juga yang suka keduanya. Pastikan monyet ekor panjang memilliki asupan air putih yang cukup.  (Baca juga mengenai cara mengatasi kuda sakit perut)

5. Berikan Biskuit, Buah, dan Sayuran

Biskuit khusus monyet ekor panjang harus selalu diberikan setiap hari. Biskuit ini memiliki kombinasi vitamin dan mineral yang dibutuhkan monyet ekor panjang. Sebagai tambahan saat menyajikan biskuit, Sobat juga bisa memberikan buahbuahan dan sayuran segar atau yang dikukus.

Sponsors Link

6. Berikan Cemilan dan Makanan Bervariasi

  • Sobat juga harus memberikan belalang, cacing, dan ayam rebus (tanpa bumbu), telur rebus, yogurt, nasi, gandum, dan kacangkacangan.
  • Jangan memberi monyet ekor panjang junk food, Makanan manis, es krim, makanan yang dipanggang, makanan kecil, dan daging mentah.
  • Sobat juga harus memberikan suplemen atau vitamin tambahan sesuai dengan anjuran dokter hewan. Monyet ekor panjang yang dipelihara di dalam ruangan memerlukan banyak vitamin D karena kekurangan cahaya matahari.
ads

7. Berikan Monyet Ekor Panjang Banyak Mainan

Monyet ekor panjang memerlukan banyak mainan agar merasa senang. Di kehidupan liar, monyet ekor panjang senang memanjat pohon dan mencari makanan. Berikan mainan serupa pada kandang monyet ekor panjang dan di sekitar rumah dengan menyediakan barang barang yang bisa dimainkan monyet ekor panjang.

8. Bermainlah dengan Monyet Ekor Panjang Setiap Hari

Monyet ekor panjang adalah binatang yang suka bersosialisasi, ketika monyet ekor panjang ditinggal sendirian, monyet ekor panjang bisa merasa sedih. Sisakan beberapa jam dalam sehari dengan monyet ekor panjang agar bisa bermain dengannya. Dalam proses ini, monyet ekor panjang bisa mulai mempercayai Sobat dan menaikki tubuh Sobat serta memeluk dan mencium Sobat.

9. Jangan Menghukum Monyet Ekor Panjang

Memukul atau meneriaki monyet ekor panjang bisa membuat monyet ekor panjang takut pada Sobat. Sobat juga tidak bisa mengontrol perilaku monyet ekor panjang. Ingatlah bahwa monyet ekor panjang adalah binatang liar, monyet ekor panjang tidak bisa dilatih melakukan hal yang Sobat mau. Menghukum monyet ekor panjang hanya akan membuat hubungan menjadi lebih buruk.

10. Bersenang Senanglah dan Berkomunikasi dengan Monyet Ekor Panjang

Sebut namanya ketika memberi makan atau menawarkan mainan, sehingga monyet ekor panjang bisa mulai mempelajarinya. Ketika monyet ekor panjang merespon, berikan ia hadiah dan pujilah. Ajari monyet ekor panjang perintah dengan memberi contoh bagaimana melakukannya. Misalnya, ketika Sobat mengajarkan kata “menari”, melompatlah dan menari. Ketika monyet ekor panjang mengerti, kembali, pujilah dia dan beri hadiah.

11. Hal Penting yang Harus Diperhatikan

  • Berhati hatilah pada jualbeli monyet ekor panjang pada bisnis gelap. Orang yang menginginkan anakanmonyet ekor panjang bisa membayar mahal. Anakan tersebut biasanya dicuri dari induknya sesaat setelah dilahirkan. Hal ini memberi dampak traumatis baik pada induk dan anakan.
  • Setelah Sobat mendapatkan anakan monyet ekor panjang, Sobat akan mengurus dan merawatnya namun setelah mereka dewasa monyet ekor panjang akan mulai bertingkah menyebalkan dan tidak lucu. Monyet ekor panjang hidup 40 tahun jadi apa yang akan terjadi pada monyet ekor panjang jika Sobat sudah tidak suka lagi? Sobat tidak bisa sembarangan mengembalikannya lagi ke alam liar karena bisa saja monyet ekor panjang tidak bisa bertahan.
  • Ketahui biaya dan hukuman yang dikenakan jika memelihara monyet ekor panjang secara ilegal. Jika Sobat memiliki monyet ekor panjang dan tidak ada izin, pergilah ke kebun binatang atau kantor polisi dan jelaskan bahwa Sobat tidak punya izin, sehingga Sobat tidak akan didenda atau dikasuskan.
  • Temui dokter hewan sebelum memelihara monyet ekor panjang, binatang dilindungi hanya bisa diurus oleh dokter khusus, dan harganya bisa mahal.
Sponsors Link

  • Untuk mengurus seekor monyet ekor panjang agar bisa tetap sehat diperlukan biaya mahal.
  • Sobat harus memiliki izin karena merupakan pelanggaran hukum jika memelihara monyet ekor panjang tanpa izin.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, perhatikan semua rambu rambu nya ya sobat, sebab hewan juga punya hak untuk hidup dengan nyaman sesuai naluri alaminya, dan tiap negara memiliki peraturan yang beragam mengenai perlindungan hewan yang harus diikuti. Oke sobat, semoga ulasan ini bermanfaat untuk sobat semua, Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, October 2018 / 13:11 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan