Sponsors Link

7 Tips Sukses Ternak Bebek Peking Bagi Pemula

Sponsors Link

Bebek peking merupakan jenis bebek yang diternakan dengan cara berbeda untuk digunakan sebagai sebuah sajian yang bernaman bebek peking.

ads

Melakukan ternak bebek peking dan bebek biasa pada umumnya memiliki beberapa perbedaan terkait dengan perlakuan yang diberikan.

Untuk dapat memberikan hasil yang optimal dengan kualits terbaik maka proses ternak bebek peking harus dilakukan dengab benar. Berikut ini beberapa tips sukses ternak bebek peking.

  1. Kenali bebek peking

Bebek peking secara umum sebenarnya sama dengan bebek daging biasa secara jenisnya. Yang membedakan antara bebek peking dan bebek pedaging biasa adalah terkait dengan jumlah daging di dalamnya yang lebih banyak.

Untuk mendapatkan bentuk bebek peking dengan kondisi daging yang banyak maka selama ternak, jumlah makanan yang diberikan akan sangat banyak dan terkadang dilolohkan meskipun bebek sudah kenyang.

Pengenalan bebek peking ini perlu dilakukan setidaknya sebelum melakukan cara ternak bebek peking yang baik dan benar.

  1. Gunakan kandang kering

Bebek peking merupakan jenis bebek yang banyak berasal dari Cina dengan warna putih. Kandang yang digunakan untuk melakukkan ternak bebek peking sebaiknya dipilih jenis kandang kering postal.

Kandang kering postal dibutuhkan karena bebek peking sendiri memiliki tipikal kurang minum dan tidak membutuhkan kolam karena bukan bebek petelur. Kandang kering juga dapat dilakukan dalam cara budidaya ayam petelur kampung.

  1. Biarkan bebek di dalam kandang tanpa aktivitas

Tips sukses ternak bebek peking lainnya dan perlu diperhatikan adalah mengenai tingkah laku dari bebek peking itu sendiri.

Untuk mendapatkan daging bebek yang banyak maka usahakan agar bebek tetap di dalam kandang dan tidak melakukan aktivitas apapun agar makanan dapat diubah menjadi daging secara utuh.

Sponsors Link

  1. Makanan bebek peking

Makanan yang diberikan kepada bebek peking sama halnya dengan makanan untuk bebek petelur maupun pedaging lokal hanya saja jumlahnya bisa jadi lebih banyak.

Pemberian tepung ikan sebanyak 2% dapat dilakukan untuk menghasilkan daging yang tidak begitu amis. Beberapa jenis makanan yang dapat diberikan kepada bebek peking diantaranya voer, bekatul, nasi aking, dan makanan tambahan seperti tepung dedaunan dan tepung tulang yang pemberiannya perlu dibatasi.

  1. Perhatikan ukuran kandang dan jumlah bebeknya

Kandang dalam proses ternak dapat dibagi menjadi dua yakni kandang box untuk pembibitan dan kandang pembesaran yang dapat berupa kandang terbuka maupun kandang tertutup.

Keduanya dapat dipilih dan memiliki kelebihan maupun kekurangan masing masing namun ukurang kandang setidaknya dalam 1 meter dapat mencakup 12 bebek agar perkembangannya optimal dan mampu menghasilkan bebek peking dengan kualitas terbaik. Untuk memaksimalkan ukuran kandang yang ada maka lakukan beberapa cara berternak bebek di lahan sempit.

  1. Pemberian multivitamin

Untuk membantu mempercepat pertumbuhan bebek peking agar memiliki daging yang banyak serta menjaga nafsu makannya maka pemberian bebebrapa jenis multivitamin dapat dilakukan.

Selain terkait dengan perkembangan bebek peking, pemberian multivitamin juga dapat mencegah bebek peking mengidap penyakit tertentu yang membahayakan. Pemberian multivitamin juga diberikan dalam proses atau cara ternak ayam kalkun.

  1. Pemasaran

Dalam proses ternak tentu yang dikatakan berhasil atau sukses adalah ketika hasil ternak tersebut menghasilkan uang dengan cara dibeli oleh konsumen yang membutuhkan.

Sponsors Link

Banyaknya restoran yang menjual sajian bebek peking menjadikan pangsa pasarnya cukup tinggi sehingga bagi peternak bebek peking tidak perlu terlalu binggung menjual hasil penennya dikarenakan sudah ada banyak pengumpul atau bandar atau tengkulak yang berada di kota besar dan mereka pastinya juga akan mencari peternak dari bebek peking.

Pemasaran yang kurang baik sering kali menjadi kendala juga dalam proses dan cara ternak entok cepat panen.

Itulah beberapa tips sukses ternak bebek peking yang dapat diperhatikan khususnya bagi para pemula.

Pemberian makan, kebersihan kandang, jenis makanan yang diberikan, pembibitan, dan lain lain merupakan titik titik penting dimana keberhasilan ternak bebek peking bisa diperoleh ketika titik penting itu diperhatikan dengan baik dan seksama.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 30th, July 2018 / 10:14 Oleh :
Kategori : Bebek