Sponsors Link

13 Cara Menjinakkan Kacer Grabagan Bagi Pemula yang Wajib Dicoba

Sponsors Link

Burung kacer grabagan yang suka berkicau tandanya adalah burung tersebut sudah jinak. Jika burung kacer grabagan anda masih melawan dan galak jika didekati, artinya burung tersebut masih liar. Burung kacer grabagan liar hanya au berkicau di tempat yang sepi sebagaimana habitat aslinya yang berada di hutan dan jauh dari pemukiman warga.

ads

Oleh sebab itu, jika anda membawanya pulang ke rumah tentu burung tersebut enggan untuk berkicau merdu. Anda harus membuatnya jinak terlebih dulu. Jinak atau tidaknya burung kacer grabagan tergantung dari cara anda dalam melatih dan memberikan perawatan pada burung tersebut.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan membagikan tips untuk menjinakkan burung kacer grabagan yang tadinya melawan dan galak (giras) menjadi jinak. yuk simak uraian berikut, 13 cara menjinakkan burung kacer grabagan.

1. Lingkungan yang Tenang

Pertama kali anda memiliki burung kacer grabagan, biarkan ia beradaptasi terlebih dahulu, atur lingkungan sekitar menyerupai suasana di habitat aslinya. Atur agar lingkungan sekitarnya tenang, jauhkan dari keramaian, kebisingan, dan aktivitas manusia.

Burung kacer grabagan yang ketakutan seringkali berputar putar di dalam sangkar hingga bulunya rontok. Cegah hal tersebut dengan memberinya rasa aman dan damai. Hindarkan dari hiruk pikuk yang membuatnya merasa stres. Baca juga mengenai cara ternak burung kacer dalam sangkar.

2. Letakkan Sangkar di Tempat Sepi

Letakkan sangkar di tempat yang sepi, seperti di dalam rumah yang jauh dari aktfitas manusia, dengan tetap menyediakan makan minum untuknya dan teap berada di tempat yang mendapat sinar matahari serta sirkulasi udara yang baik.

Tempat sepi akan memberinya ketenangan seperti berada di lingkungan aslinya. Lakukan hal tersebut kurang lebih selama 1 sd 2 hari. pada masa tersebut biarkan burung tersebut sendirian, jangan terlalu sering mendekati atau menyentuhnya. Baca juga mengenai cara menjinakan kacer grabagan.

3. Biasakan dengan Manusia

Setelah 1 sd 2 hari berada dalam ketenangan, mulai biasakan ia dengan manusia, letakkan  sangkar di tempat yang sering menjadi lalu lalang anda dan keluarga. Dengan begitu ia akan mulai terbiasa dengan lingkungan dan makhluk sekitar yang baru. Baca juga mengenai cara menjinakkan kacer semi

4. Amankan dari Predator

Jauhkan burung kacer grabagan dari hewan karnovira yang ditakuti olehnya seperti anjing dan kucing. Walaupun anda memiliki anjing dan kucing jinak yang tidak memunginkan untuk menyakti burung, tetapi pada dasarnya hewan tetap memiliki naluri mangsa memangsa, burung kacer grabagan akan merasa takut dan diincar. Hal itu menyulitkannya dalam beradaptasi. Baca juga mengenai cara merawat kacer bakalan.

5. Semprot dengan Sprayer

Mulai mandikan ia, bukan dengan cara memandikan burung pada umumya tetapi lakukan denga cara menyemprot tubuhnya dengan sprayer, hal ini bertujuan untuk memandikan, lakukan hingga basah kuyup. Setelah menyemprotnya hingga basah kuyup, jemur burung tersebut di teras rumah anda yang terkena sinar matahari.

Tetapi tetap jauhkan dari tempat yang berpolusi atau dekat dengan lalu lalang dan bising kendaraan. Biarkan tubuhnya kering dengan sendirinya tanpa dilap dengan handuk agar ia merasa kedinginan. Kedengarannya memang tindakan yang membuat burung menderita, tapi hal ini merupakan metode yang baik. Baca juga mengenai cara mengatasi burung ganti bulu.

Sponsors Link

6. Beri Makanan dengan Lidi

Ketika ia dijemur dan mulai merasa kedinginan, ia akan merasa kelaparan, ambil kesempatan untuk mendekatinya, beri ia makanan, jangan letakkan di tempat makan yang sudah anda sediakan, tetapi lakukan interaksinya dengan memberinya secara langsung. Berikan jangkrik dengan lidi terlebih dahulu agar dia mulai adaptasi bahwa anda adalah pemiliknya yang baik.

7. Mulai Beri Makan dengan Tangan

Mandikan, jemur, dan beri makan ketika lapar lakukan rutin selama 2 sd 3 hari. ketika ia tidak menjauh ketika anda memberinya makan dengan lidi, tandanya ia sudah mulai percaya dengan anda, dekati ia lebih lanjut dengan memberinya makan langsung dengan tangan, untuk pertama kali mungkin ia akan ketakutan, tetapi dalam kondisi lapar dan kemampuannya yang mulai tumbuh dalam adaptasi, dia akan menerimanya.

8. Jemur Sambil Diberi Makan

Cara menjinakkan burung kacer grabagan selanjutnya ialah dengan memberinya makan ketika ia dijemur. Berikan ia kroto atau jangkrik. Beri makan sambil ditunggui dan sekali kali berikan dengan tangan. Jika rasa takutnya sudah tak terlihat, mulai belai tubuhnya dengan lembut.

9. Kenalkan dengan Keramaian

Caranya ialah dengan menutupi sangkar dengan kerodong sangat tipis dan digantung di tempat yang agak ramai seperti di pinggir jalan, dekat warung, atau dekat pasar agar terbiasa dengan lalu lalang manusia dan situasi ramai.

Hal ini akan membuatnya sadar bahwa habitat barunya sekarang ialah di sekitar manusia, bukan di hutan seperti sebelumnya. Dalam situasi ramai yang tanpa gangguan untuknya, ia akan memahami bahwa lingkungan barunya adalah tempat yang aman.

Sponsors Link

10. Dekatkan dengan Aktifitas Keluarga

Di malam hari gantungkan sangkar burung di tempat yang menjadi aktifitas keluarga seperti ruang televisi, dalam posisi tersebut ia akan terbiasa mendengarkan dan melihat aktifitas anda dan keluarga sehingga ia memiliki naluri anda dan keluarga bukanlah makhluk yang perlu ditakuti.

11. Main dengan Tangan dan Bersiul

Bermain dengan tangan seperti membeli lembut dan menyentuhnya, serta bersiul merupakan cara menjinakkan burung kacer grabagan jika ia sudah mulai beradaptasi dan tidak takut dengan anda. ajak dia bermain sambil bersiul, jika ia sudah mulai nyaman dengan anda, ia juga akan perkicau secara pelan dan perlahan. Jika sudah jinak sepenuhnya ia akan mampu berkicau dengan suara lantang.

12. Letakkan di Lantai

Sekali waktu lepaskan ia dari sangkarnya, letakkan ia di lantai sambil mengawasinya agar tidak terbang jauh, dekatkan ia dengan anda dan keluarga, juga hewan lain agar dia terbiasa dan tidak ketakutan. Tak apa jika membiarkan kucing atau anjing lewat di sekitarnya, jika ia berada dengan pemilik yang bisa membuatnya jinak, ia akan merasa aman dan dilindungi, tidak merasa takut dengan hewan lain.

13. Dengarkan Suara Alam

Cara menjinakkan burung kacer grabagan sekaligus menghlangkan stresnya adlaah dengan memperdengarkan ia dengan suara alam seperti suara air dan hewan hewan di alam bebas. Dengan demikian ia akan merasa nyaman dan jauh dari stres. Keberhasilan untuk menjinakkan burug kacer grabagan umumnya dapat tercapai dalam waktu jika anda bersungguh sungguh melakukan cara cara yang telah diuraikan sebelumnya.

Sampai disini dulu artikel kali ini, mudah bukan untuk menjinakkan burung kacer grabagan? Lakukan dengan sabar agar anda berhasil dan lebih dekat dengannya. Terima kasih sudah membaca. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya, semoga bermanfaat. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 16th, March 2018 / 03:15 Oleh :
Kategori : Burung