Sponsors Link

8 Obat untuk Burung Murai Stres Paling Mudah Didapatkan

Sponsors Link

Burung murai anda mulai stres, kenali penyebabnya lebih dini. Sehingga anda pun bisa melakukan penanganan tepat dan pengobatan yang benar. Obat untuk Burung Murai Stres bisa anda temukan pada halaman ini. Tentunya berbagai panduan juga di sertakan, memudahkan anda memberikan perawatan selama burung anda tengah stres. Namun sebelumnya, anda tentu harus mengerti mengapa burung anda stres.

ads

Burung yang tengah mengalami stres akan menunjukkan berbagai perubahan terutama pada fisik, emosional, serta metabolisme tubuh burung. Oleh sebab itu, burung yang stres tidak boleh dibiarkan begitu saja karena akan menyebabkan resiko lebih parah hingga kematian. Anda sebagai pecinta burung tentunya harus bertanggung jawa utuh, merawatnya dengan baik. Sebelum itu, berikut harus anda simak ciri-ciri dari burung murai yang sedang stres.

Ciri Ciri Burung Murai Stres

  • Mengalami perubahan seperti yang semulanya jinak kemudian tiba-tiba berubah menjadi liar dan lebih menakutkan.
  • Mulai menolak di beri pakan voer untuk yang tadinya terbiasa makan voer.
  • Mendadak diam, padahal tadinya rajin bersiul, gacor dan sangat lincah gerakannya.
  • Mulai sering mengembangkan bulu-bulunya atau mengembung meskipun dia telah aktif bergerak serta masih mau makan.
  • Tidak tenang berada di dalam sangkar.

Setelah melihat dari beberapa ciri-ciri burung murai stres, hal ini pasti akan membuat anda panik sebagai pemilik. Kalau sudah seperti ini, tentu akan di butuhkan pengobatan segera agar tidak terlanjur semakin parah kondisinya. Akan tetapi sebelumnya, berikut adalah penyebab dari burung murai yang stres. (Baca Juga: Cara Budidaya Murai Batu)

  • Seringnya burung merasa terganggu oleh kehadiran hewan lain atau predator seperti anjing, kucing, ular dan sebagainya.
  • Adaptasi terhadap sangkar burung baru.
  • Pengaruh dari pergantian tenggeran atau tangkringan sangkar burung yang akan membuat burung tidak nyaman.
  • Seringnya burung terkena polusi atau asap.
  • Burung murai seringkali digantung di pinggir jalan raya yang dilalui oleh kendaraan bermotor, sehingga terkesan bising sekali.

Itulah beberapa penyebab dari burung murai anda mendadak stres. Sebagai penanganan, dibawah ini ada beberapa obat yang dapat Anda berikan untuk mengatasi Burung Murai Stress.

8 Obat untuk Burung Murai Stres

  1. Pemberian Vitamin

Salah satu cara mengatasi burung murai yang stres yakni dengan memberikan vitamin setelah di mandikan. Adapun vitamin yang di berikan untuk daya tahan tubuhnya, karena burung yang stres terlalu lama bisa saja sakit dan mati. Selain vitamin, anda juga bisa menyertakan EF (extra fooding). Burung yang tengah mengalami stres harus tetap dimandikan agar kondisinya tetap fresh. Apalagi selama situasi stres, burung lebih sering dikerodong setiap hari. Pastinya burung akan sangat membutuhkan kesegaran.

Pemberian EF yang bisa anda lakukan harus sesuai jenis burung yang mengalami stres. Karena dari segi makanan terdapat 3 kategori yakni burung pemakan buahan, burung pemakan serangga, dan juga burung pemakan segala (buah – buahan serta serangga). EF alami yang mudah  anda temukan saat burung murai yang stres adalah jenis pemakan serangga atau pemakan segalanya yakni jangkrik, ulat hongkong, dan juga kroto. (Baca Juga: Cara Memelihara Ulat Hongkong)

  1. Pemberian New Nutrisi Orbird

Apa itu New Nutrisi Orbird? Adalah obat untuk burung atau nutrisi khusus yang di berikan pada burung yang tengah stres. Kandungan di dalam obat ini dapat membantu mengatasi keguncangan yang di alami oleh sang burung. Anda bisa membelinya di pakan burung, dan cara penggunaannya bisa di campurkan ke dalam minuman burung.

  1. Fit D2K

Selain New Nutrisi Orbird, obat lain yang bisa anda berikan pada burung murai stres yakni Fit D2k. Jika anda belum mengetahui tentang obat ini, bisa mengkonsultasikan pada pakar burung yang biasanya pemilik kios burung yang paham. Harga obat ini tidak begitu mahal, namun mampu menenangkan kondisi burung yang stres. Caranya masih sama seperti point di atas yakni di campurkan pada air minumnya. (Baca Juga: Cara Beternak Murai Batu di Sangkar Gantung)

Sponsors Link

  1. Maxy – Lyte

Maxy – Lyte merupakan obat anti stres untuk burung. Biasanya dan seharusnya obat ini di berikan pada waktu sang murai benar-benar belum mengalami stres. Akan tetapi, diberikan saat burung sudah terlanjur stres tidak masalah karena tetap memberikan efek tenang pada burung. Demikian caranya yang masih sama, dicampur sedikit saja pada air minum burung dan aduk rata.

  1. Rebusan Air Jahe

Jahe sangat berkhasiat menghangatkan tubuh burung, dan sudah biasa di berikan pada burung yang sakit. Bukan hanya itu, ternyata khasiatnya juga sangat baik mengatasi burung yang stres. Caranya adalah dengan merebus jahe dengan air sampai mendidih. Setelah itu campurkan madu murni dan biarkan dingin sebelum di berikan pada burung. (Baca Juga: Cara Penangkaran Murai Batu Medan)

  1. Madu Murni

Berikan madu murni kepada burung murai yang stres. Manisnya madu akan mengurangi tingkatan stres pada burung. Tidak usah terlalu banyak, cukup sedikit saja namun rutin sehari tiga kali sampai kondisi berangsur pulih.

  1. Air Gula

Air gula sudah menjadi minuman yang disukai oleh burung. Sehingga, inilah alasan mengapa anda harus memberikan pada burung murai yang stres. Karena dengan memberikan air gula kesukaannya akan membuatnya nyaman dan tenang.

  1. Vitamin B12

Selain 7 obat di atas, tambahkan pula pemberian vitamin B12 untuk terus menunjang kesehatannya. (Baca Juga: Obat untuk Burung Murai Lumpuh)

Demikian 8 obat untuk Burung Murai stres yang dapat segera Anda berikan kepada sang burung agar bisa sembuh secepatnya dan dapat beraktivitas normal seperti biasanya lagi. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Friday 19th, October 2018 / 12:16 Oleh :
Kategori : Burung