Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Flu Burung Pada Bebek

Sponsors Link

Flu Burung menjadi salah satu diantara sekian banyak daftar penyakit yang mematikan di kalangan unggas.

ads

Oleh karena itu sangta dianjurkan untuk mengetahu cara mengatasi flu burung pada bebek berikut ini.

Karena ini adalah salah satu penyakit berbahaya yang harus selalu diwaspadai walaupun sebenarnya sudah banyak dilakukan tindakan pencegahan dan pengobatan di berbagai tempat.

Karena penyebaran dari flu burung ini menyebabkan baeragam masalah dan ciri-ciri yang tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan penyakit lain yang menyebabkan kematian mendadak pada hewan ternak dan pada bebek juga tentaunya.

Bahkan penyebabrannya bisa terjadi tanpa diketahui dan dalam waktu yang singkat. Oleh karena itulah kali ini kita akan memabhas tentang 10 cara mengatasi flu burung pada bebek berikut ini.

1. Mengetahui dan Memperhatikan Gejala

Agar bisa menerapkan cara mengatasi flu burung pada bebek dengan baik maka terlebih dahulu kta sebagai sang peternak harus mengenali tanda dan gejala dari penyakit ini.

Walaupun pada dasarnya ini merupakan salah satu penyakit yang sulit diketahui gejalanya dan bahkan menyebabkan kematian mendadak. Namun masih ada beberapa tanda khas yang mungkin bisa menjadi patokan para peternak.

Gejala dari bebek yang terkena flu burung akan myerupai gejala penyakit tetelo atau sejenis keracunan parah yang menyerang para itik dan meru[akan sebuah wabah penyakit yang bersifat akut (waktu yang sebentar).

Sponsors Link

Bahkan adanya masalah pembengkakan di aera pial dan jengger menyeabbkan jenis penyakit flu burung ini mirip dengan penyakit infeksi maupun kolera akut yang kerap menghantui para unggas.

Keluarnya cairan yang tidak wajar di bagian bawah tubuh juga merupakan salah satu jenis gejala dari masalah penularan flu burung.

Bahkan di sebagian kasus flu burung ini akan menyebabkan pendarahan yang sangat fatal di badan bebek tersebut. (Baca juga tentang : cara menyembuhkan penyakit pada bebek)

2. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Lingkungan tempat tinggal bebek yang kotor hanya akan emmudahkan penularan penyakit berbahaya jenis apapun.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan dari lingkungan maupun kandang dimana bebek-bebek tersebut dikembang biakan. (Baca juga tentang : cara menghilangkan bau pada kandang bebek)

3. Mengganti Air Minum

Cara lain yang dilakukan dalam mengatasi masalah flu burung yang melanda para bebek adalah dnegan memperhatikan pasokan dan pemberian air.

Usahakan air yang ada untuk stok minumpara bebek adalah air yang bersih dan jika perlu rajin-rajinlah mengganti stok persediaan air minum para bebek tersebut.

Karena masalah sepele seperti air minum ini bisa memberikan dampak yang besar jika tidak diperhatikan dengan baik.

4. Memperhatikan Tempat Pakan dan Minum

Tidak hanya mengetahui dan memantau stok minum dari bebek tersebut namun hal penting lainnya adalah dnegan mengetahui dan memantau tempat pakan maupun tempat pemberian minum untuk para bebek di dalam kandang.

Cobalah selalu membersihkan dan mengganti kedua jenis tempat minum dan tempat makan para bebek tersebut. 

ads

hal ini berguna untuk selalu memastikan kesehatan dan emnghindarkan mereka dari jangkitan virus maupun bakteri berbahaya yang kerap bersarang di tempat minum dan makan yang kotor.

Jadi jangan malas untuk menjaga kebersihan peralatan mereka. (Baca juga tentang : cara membuat pakan bebek petelur organik)

5. Perhatikan Jenis Pakan

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi dari bebek dengan cara memberikan jenis pakan yang bergizi dan mencukupi nutrisi yang mereka perlukan.

Ini akan membuat pertahanan tubuh para bebek menjadi maksimal dan tidak gampang sakit.

6. Memberikan Suplemen

Jangan lupa peranan supplemen dalam membantu tubuh bebek untuk kuat dan fit dalam menyerang dan melawan virus penyebab flu burung ini.

Nantinya pemberian supplemen yang pas akan memudahkan bebek agar bisa berjuang mengatasi masalah flu burung tersebut. (Baca juga tentang : cara ternak bebek petelur kering)

mendapatkan supplemen bisa dengan cara yang mudah. Karena ada banyak jenis supplemen untuk bebek yang bisa ditemukan dan mudah di cari dipasaran.

Kondisi tubuh bebek akan menjadi kian membaik dnegan bantuan dari nutrisi yang terkandung didalam supplemen tersebut.

7. Melakukan Vaksinasi

Melakukan vaksinasi sebenarnya termasuk kedalam langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi maslaah serangan flu burung pada unggas manapun.

Melakukan vaksinasi yang merupakan upaya suntikan vaksin ke tubuh bebek dipercayai bisa dengan ampuh mengatasi masalah flu burung tersebut. (Baca juga tentang : tips sukses ternak bebek peking)

8. Proses Memandikan

Kebanyakan peternak bebek mungkin jarang melakukan proses pemandian ini, dikarenakan waktu yang dibutukan untuk perataan harian dalam memandikan satu persatu dari bebek tersebut tentunya memerlukan waktu yang panjang.

Jadi, biasanya mereka hanya akan membiarkan bebek mereka melakukan proses mandi sendiri di empang atau sawah.

jadi setidaknya, biarkan para bebek untuk mandi dan membersihkan diri mereka dengan teratur agar tidak mudah terkena penyakit dan bisa membersihkan dari beragam kotoran penyebab penyakit.

Cobalah membuatkan kolam di dalam kandang bebek untuk kenyamanan yang lebih baik. (Baca juga tentang : cara pemberian pakan pada bebek petelur)

9. Isolasi

memisahkan atau mengisolasi adalah hal terbaik jika salah satu dari bebek terkena serangan virus flu burung. Ini akan memberikan kesempatan pada bebek yang masih sehat untuk bertahan dan tidak terkena penyakit yang sama.

Oleh karena itu jauhkan dan pisahkan bebek yang sakit selama proses pengobatan berlangsung.

Jagalah supaya bebek lain yang berada di dalam kandang dan masih sehat untuk tidak terpapar dan melakukan kontak langsung dengan bebek yang terkena masalah flu burung ini.

Kalau perlu, jauhkan dan buat sebuah kandang terpisah yang menjauhkan mereka.

10. Memberikan Obat 

Ada banyak jenis obat yang bisa mengatsi dan mengobati maslaah flu burung yang menimpa bebek tersebut.

Baik pengobatan alami dengan beragam bahan herbal terpercaya dan juga menggunakan obat-obatan kimia. Apapuyn yang anda pilih akan memulihkan dan membantu mengatasi serangan dari flu burung tersebut.

Adapun pengobatan dengan beragam jenis bahan alami dan tanamn herbal.

Biasanya bisa dilakukan dengan meracik sendiri ramuan obat tersebut yang nantinya dicampur dengan pakan atau dituangkan ke dalam air minum para bebek.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 12th, October 2018 / 03:06 Oleh :
Kategori : Bebek