Sponsors Link

10 Cara Mengobati Jamur Pada Burung Kenari

Sponsors Link

Masalah jamur yang menyrang kebanyakan burung dan salah satunya burung kenari pastinya memberikan dampak dan masalah tersendiri.

ads

Apalagi jika kita sebagai peternak tdak mengetahui bagaimana cara mengobati jamur pada burung kenari tersebut, bukan?

Oleh karena itu kita perlu mengetahui bagaimana saja cara mengobati jamur pada burung kenari.

Karena ini akan menjadi hal yang membuat para peternak menjadi semakin cemas dan risau jika saja burung kenari kesayangan menjadiburung yang terjangkit beragam penyakit dan salah satunya adalah masalah infeksi jamur didaerah kaki.

Nah, berikut akan kita jabarkan 13 cara mengobati jamur pada burung kenari yang memang seharusnya diketahui oleh setiap peternak burung.

1. Mengeluarkan Kenari Dalam Sangkar

Langkah pertama yang seharusnya dilakukan adalah dengan mengeluarkan kenari yang terinfeksi jamur terlebih dahulu dari sangkar mereka.

Agar burung kenari menjadi lebih tenang dan merasa aman maka harus diusp terlebihdahulu dengan usapan yang lembut dan menenangkan.

Setelah burung yang terinfeksi jamur tersebut merasa lebih nyaman dan tenag.

Hingga tidak melakukan beberapa gerakan yang menyulitkan untuk melakukan tindakan lanjutan, Maka usaplah Sela-sela kaki dari burung kenari yang diinfeksi oleh jamur tersebut hingga kotoran apapun yang menempel terbuang. (Baca juga tentang : cara menghilangkan lemak pada burung kenari)

2. Cuci dan Keringkan 

Hal berikutnya yang seharusnya anda lakukan sebagai sangpeternak burung kenari yang mengalami infeksi jamur adalah mencuci dnegan bersik bagian yang terkena infeksi kemudian pastikan daerah tersebut memang benar-benar bersih.

Kemudian gunakan kapas maupun tisu yang bersih untuk kembali mengeringkan daerah yang telah dicuci tadi.

3. Gunakan Salep 

Ketika berhasil menyelesaikan masalah dalam mencuci dan mengeringkan bagian yang terkena infeksi maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah pemberian obat lini pertama.

Sponsors Link

Obat-obatan yang termasuk kedalam jenis ini adalah obat oles berupa salep.

Salah satunya adalah salep bio clean yang diklaim memberikan banyak manfaat dan bisa menangani secara baik masalah kenari yang terinfeksi jamur. (Baca juga tentang : cara menghilangkan kutu pada burung kenari)

Selain menggunakan salep bio clean pengobatan lainnya yang terbuat dari salep oles yang juga bermanfaat untuk maslaah jamur pada kaki kenari adalah pemberian salep 88.

Ini akan emmaksimalkan pengobatan jika kedua jenis salep tersebut dikombinasikan dalam pengobatan kenari yang terinfeksi jamur tersebut.

4. Gunakan Minyak 

Jika mungkin anda mendapati kendala dalam emnemukan para penjual salep yang disebutkan di atas maka anda bisa menggunakan pengobatan dengan alternatif minyak.

Minyak pertama yang sangat berguna bagi pengobatan kenari adalah minyak tanah.

ads

Caranya mudah hanya dnegan mengoleskan minyak tanah secukupnya ke bagian yang terinfeksi dan biarkan minyak tersebut mengering dnegan sendirinya.

Jenis minyak kedua yang juga sangat efektif dalam mengatasi maslah kenari yang terinfeksi jamur adalah minyak tawon. Ini adalah jenis minyak yang bisa ditemukan di pasaran dan memiliki banyak manfaat.

Salah satunya adalah untuk mengatsi kaki kenari yang berjamur. (Baca juga tentang :cara budidaya burung kenari lokal)

5. Mandikan dan Jemur 

Setlah anda selesai mengatsi dan memberikan pertolongan pertama pada kenari yang terinfeksi tersebut.

Maka hal pertama yang seharusnya dilakukan adalah memandikan kembali dan juga menjemur kenari tersebut. Anda bisa menggunakan cara semprot untuk memandikan kenari ini.

Gunakan saja spray yang diisi dengan air bersih dan semprotkan ke tubuh kenari dnegan merata.

Tunggu hingga kenari tersebut memang tersiram air denagn merata dan badannya telah bersih. Setelah memandikan kenari dnegan baik maka anda hanya perlu menjemur kenari tersebut.

6. Perawatan Intensif

Hal lain yang juga tidak boleh diabaikan ketika melakukan pengobatan dan perawatan terhadap kenari yang terinfeksi jamur adalah dengan memberikan perawtan secara intensif.

Ini dilakukan untuk memberikan keoptimalan dalam merawat kenari tersebut hingga kenari terlihat benar-benar pulih.

Mereka akan kembali aktif, melompat dan gesit hingga kembali berkicau jika infeksi bisa diatasi dengan baik. Setelah teratasi maka hanya diperlukan perawatan lanjutan agar jamur tidak kembali menyerang. Ini hanya memerlukan perawatan sederhana yang harus diperhatikan dengan baik. (Baca juga tentang : tips budidaya burung kenari)

7. Menjaga Kebersihan Kandang

Agar jamur tidak dengan mudah menyerang para burung kenari kesayangan maka jangan biasakan untuk membiarkan kandang dalam keandaan kotor.

Cobalah untuk secara rutin mebersihkan kanda kenari agar tidak mudah terjangkit masalah yang mengancam kesehatan mereka.

8. Pakan Bernutrisi Tinggi dan Kebersihan Air Minum

hal penting lainnya yang merupakan tindakan pencegahan maupun cara mengatasi masalah kenari yang terinfeksi jamur adalah dnegan memberikan pakan yang bernutrisi dan juga menjaga apa saja jenis pakan yang kita berikan.

Cobalah memberikan pakan seperti : niger, canary seed ataupun biji millet.

kemudian pastikan juga untuk selalu mengontrol masalah pemberian minum untuk burung kenari tersebut. Karena ada banayak jenis penyakit yang bermuasal dari air yang kotor.

Bersihkan tempat minum burung kenari yang ada di dalam sangkar dan juga berikan air minum yang bersih juga. (Baca juga tentang : tips kenari cepat pecah suara)

9. Berikan Vitamin

tidak hanya dianjurkan untuk selalu emmantau dan memberikan jenis pakan bergizi bagi kenari.

Namun, anda juga harus mendukung kesehatan kenari dnegan cara pemberian vitamin. Kenapa?

Vitamin ini nantinya akan membantu dalam memberikan kemampuan untuk mengalahkan beragam serangan penyakit pada tubuh burung kenari tersebut.

10. Amankan Dari Udara Malam 

Burung apapun, sebenarnya tidak bagus jika dibiarkan selalu terpapar udara dingin malam yang tidak bagus bagi kesehatan mereka.

Jadi, jika walam hari tiba maka letakan burung kenari didaerah yang memiliki atap atau tempat bernaung dan masukan kedalam rumah jika memungkinkan.

Penyakit jamur yang kerap melanda dan diderita oleh apra kenari datang akibat perawatan harian dan kebersihan yang tidak teratur.

Jadi lakukanlah setidaknya penjemuran pada burung kenari selama 1 jam setiap minggunya.

Ini akan emamstikan penyakit jamur tidak mudah menyerang mereka.

Bersihkan semua peralatan dan juga kandang mereka. teriutama kotoran yang sudah menumpuk, karena bisa menjadi sarang bakteri, virus dan jamur hingga menyebabkan banyak penyakit.

Karantina burung yang terkena infeksi hingga terdapat perbaikan yang signifikan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 12th, October 2018 / 03:16 Oleh :
Kategori : Burung