Sponsors Link

8 Cara Pengobatan untuk Anjing Alergi

Sponsors Link

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sering di jumpai, baik di kota atau di kampung. Hewan berkaki empat ini adalah jenis peliharaan yang banyak di pilih. Mengapa? Karena anjing bukan saja bisa menjadi sekedar peliharaan dan menjadi teman di rumah. Akan tetapi anjing mempunyai peran lain di dalam lingkungan. Salah satunya untuk lembaga instansi seperti kepolisian, anjing berguna membantu patroli kerja dengan jenis anjing pelacak.

ads

Sedangkan secara umum peran anjing adalah menjaga kandang atau pekarangan dan juga rumah. Apalagi jika sang majikan rutin melatih, maka anjing akan lebih cerdas. Bagi sebagian orang mungkin memang tidak memelihara anjing, tetapi untuk pecintanya sangatlah penting memiliki. Anjing lovers semua tentu memberikan yang terbaik untuk peliharaannya tersebut. Mulai dari perawatan yang di lakukan secara terbaik, sampai dengan pemberian pakan bergizi.

Rutinitas seperti sudah menjadi hal umum dan wajib di lakukan oleh mereka para pecinta anjing. Sehingga akan sangat kecewa jika melihat peliharaannya tampak sakit, atau kurang sehat. Sebagai makhluk hidup, anjing juga bisa sakit meskipun hanya kecil. Biasanya yang sering di alami oleh anjing adalah alergi. Pengobatan terhadap Anjing Alergi akan di butuhkan sekali, dan mungkin anda bertanya-tanya tentang bagaimana pengobatannya. (Baca Juga: Ciri ciri Kucing Terkena Virus)

Pada kesempatan kali ini akan di rangkum mengenai Pengobatan untuk Anjing Alergi yang harus anda simak. Sehingga dengan begini anda tidak perlu lagi penasaran dan bertanya-tanya tentang perawatan atau penanganan pada anjing saat mengalami alergi.

8 Cara Pengobatan untuk Anjing Alergi

  1. Berikan Tempat Nyaman

Salah satu bentuk penanganan saat anjing mengalami alergi adalah tempat. Berikan terlebih dahulu tempat yang nyaman. Mungkin biasanya anda mengurungnya atau membiarkan begitu saja, tapi saat mengalami alergi berikan tempat nyaman dengan alas bersih. Ini cukup membantu agar virus tidak semakin merambah dan alergi semakin menjadi. (Baca Juga: Ciri-ciri Kucing Sehat)

  1. Sediakan Air

Sediakan air lebih dari biasanya, biarkan anjing memperkirakan sendiri kapan saatnya harus minum dan anda sebagai majikan tidak repot-repot sering mengambilkan. Air akan membantu meringankan alergi yang di alami oleh anjing. Selain itu juga, air nyatanya sangat bagus bagi tubuhnya sendiri.

  1. Kompres Air Hangat

Lakukan cara lain dengan mengompres dengan air hangat. Alergi bisa di sembuhkan dengan air hangat, meskipun tidak 100%. Akan tetapi minimal anda telah mencobanya terlebih dahulu. Agar anjing tidak kepanasan, sebaiknya buatlah air yang di rebus menggunakan suhu sedang. Sedangkan untuk membasuh tubuhnya jangan secara langsung tetapi gunakanlah waslap yang bersih dan steril. (Baca Juga: Ciri Ciri Kucing Sakit Ginjal)

  1. Berikan Obat Luar

Pengobatan lainnya untuk anjing alergi adalah dengan memberikan obat yang lebih umum. Obat yang di berikan adalah obat luar, dan biasanya berupa saleb sebagai obat oles tubuhnya. Anda bisa membeli obat di Pet Shop dengan harga terjangkau. Sebaiknya tanyakan kepada pegawai Pet Shop terkait kondisi anjing anda.

  1. Pemberian Obat Dalam

Selain obat luar, anda juga harus bisa memberikan obat dalam. Dimaksudkan adalah obat yang bisa di berikan kepada anjing untuk di konsumsi. Agar lebih mudah memberikannya pada anjing, campurkan pada makanan atau minumannya. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Lokal agar Bagus)

  1. Pemberian Antibiotik

Berikan antibiotik pada anjing yang mengalami alergi. Antibiotik adalah obat yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dan kekebalannya. Antibiotik diberikan untuk melawan bakteri yang menimbulkan alergi sehingga Anjing tetap terjaga kesehatannya.

Sponsors Link

  1. Memberikan Suplemen

Tambahkan nutrisi lain untuk membantu pengobatan alergi anjing. Suplemen dapat menjadi bantuan dalam meringankan alergi yang terjadi. Suplemen adalah vitamin yang sangat di perlukan oleh tubuh sang anjing. Dengan memberikan Suplemen, maka kekuatan Anjing akan menjadi lebih baik dan sehat. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Liar agar Nurut)

  1. Pemberian Pakan Sehat

Berikan makanan sehat yang bernutrisi, sebaiknya anda lebih mementingkan kesehatan anjing di banding memanjakan anjing dengan makanan lezat yang belum tentu sehat. Berikan anjing pakan dari Pet Shop atau daging dengan kualitas baik.

8 pengobatan alergi yang terjadi pada anjing di atas bisa anda gunakan sebagai panduan. Disisi lain dari cara-cara tersebut, anda juga tetap harus memperhatikan hal-hal lain, diantaranya sebagai berikut:

  • Mencari tahu apa yang menjadi penyebab anjing mengalami alergi
  • Setelah mengetahui penyebabnya, jauhkan anjing dari apa saja yang membuat alergi
  • Pantau terus kesehatannya
  • Rutin membawa ke dokter untuk memeriksakan atau cek minimal dua kali dalam satu bulan
  • Melakukan vaksin pada anjing

Mempunyai anjing sama berarti harus merawat dengan baik. Anda pun juga demikian, dengan mempunyai anjing maka harus memberikan perhatian dan menjaga kesehatannya. Salah satu alasan mengapa anjing sakit adalah kurangnya perhatian dari sang majikan. (Baca Juga: Jenis Penyakit Kulit Pada Anjing)

Tidak ingin anjing anda mengalami masalah kesehatan buruk? Oleh karena itu pantau terus anjing anda mulai dari pemberian pakan sampai dengan kesehatannya. Jika Anjing Alergi terhadap hal tertentu, segera lakukan pengobatan untuk Anjing Alergi secepatnya agar Anjing dapat lebih bebas. Hal penting yang tak boleh di lewatkan juga adalah lingkungan atau lokasi tempat anjing juga harus sering di bersihkan. Semoga artikel ini membantu.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Tuesday 09th, October 2018 / 10:44 Oleh :
Kategori : Anjing