4 Cara Memisahkan Kucing Berantem

Kucing menjadi hewan yang banyak dipilih manusia sebagai hewan peliharaan. Bulunya yang lembut serta tingkah lakunya yang menggemaskan membuat siapapun akan jatuh cinta kepada sosoknya. Namun akan menjadi masalah jika kucing-kucing tersebut berantem.

Ketika dua ekor kucing berantem, biasanya mereka akan mengeluarkan suara-suara yang cukup menakutkan. Kucing yang berantem tidak hanya terjadi pada kucing liar saja, namun juga kucing yang dipelihara di rumah.

Menurut penelitian, 1 dari 4 kucing akan menunjukkan sikap agresif dengan anggota spesies mereka ataupun manusia yang tinggal bersamanya.

Saat kucing berantem mereka akan saling mencakar, menyerang, menggigit hingga sampai salah satunya menyerah. Tidak heran jika perkelahian kucing dapat menyebabkan luka pada tubuh kucing. Lalu apa penyebab kucing dapat berantem?

Perlu diketahui jika perkelahian antara kucing biasanya dimulai terlebih dahulu dengan sikap peringatan dari salah satu kucing. Akan tetapi jika kondisi tidak teratasi dan semakin memanas, maka terjadinya perkelahian antara dua kucing.

Penyebab utama kucing berantem yakni:

  • Wilayah kekuasaan

Pada dasarnya kucing merupakan hewan soliter dan akan menandai wilayah kekuasaannya. Jika terdapat kucing yang berasal dari wilayah lain tentu saja kucing pemilih wilayah akan geram dan berusaha untuk mengusir pendatang tersebut keluar dari wilayahnya.

  • Hirarki

Dalam kehidupan kucing, mereka juga menerapkan tingkatan atau hirarki terutama jika kucing tersebut hidup secara berkelompok. Dalam sebuah kelompok terdapat seekor kucing yang dianggap sebagai pemimpin dan apabila salah satu anggota kelompok kucing tidak menghargai pemimpin tersebut, maka dapat menimbulkan perkelahian.

Cara Memisahkan Kucing Berantem Yang Benar

Lalu bagaimana cara memisahkan kucing berantem? Banyak orang berpikir jika memisahkan kucing berantem cukup dengan menggunakan tangan. Padahal tindakan tersebut bukanlah suatu hal yang tepat dan justru berbahaya karena dapat menjadi sasaran baru bagi kucing yang sedang berantem.

1. Jangan Menggunakan Tubuh Kita Untuk Menghentikannya

Cara memisahkan kucing berantem pertama yakni jangan menggunakan tubuh kita untuk menghentikan berkelahian. Umumnya tubuh akan secara spontan memegang kucing atau berdiri di antara kedua kucing yang sedang berantem.

Padahal tindakan tersebut sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan cidera pada tubuh kita akibat cakaran atau gigitan kucing. Perlu diketahui jika gigitan kucing sangat berbahaya karena selain tajam, gigi kucing juga mengandung bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

2. Usahakan Untuk Menghentikannya Sebelum Perkelahian Dimulai

Kucing berantem biasanya dimulai dengan mengeluarkan suara-suara terlebih dahulu. Suara ini merupakan bentuk peringatan dan ancaman. Ini merupakan saat yang tepat untuk memisahkan kucing berantem. Jika dibiarkan bukan tidak mungkin peringatan tersebut akan berubah menjadi perkelahian.

Untuk mencegahnya cukup dengan mengalihkan perhatian kucing dengan suatu hal yang mereka sukai seperti makanan, menciptakan suatu suara (memukul atau melempar benda yang tidak berbahaya), tepuk tangan atau panggil namanya.

3. Menggunakan Air

Cara ini dianggap paling aman dan tidak membahayakan kucing. Perlu diketahui jika kucing adalah hewan yang sensitif dan cukup reaktif terhadap rangsangan. Cukup dengan menyemprotkan air menggunakan selang atau penyemprot air ke kucing yang sedang berantem. Dengan begitu mereka akan terdiam dan memilih untuk pergi sebab tubuhnya menjadi basah.

4. Menggunakan Alat Bantu

Memisahkan kucing berantem berikutnya yakni dapat dengan menggunakan alat bantu seperti sapu, tongkat, kotak, selimut, dan lain sebagainya. Perlu diingat untuk tidak memukul kucing berantem menggunakan benda-benda tersebut, khususnya sapu dan tongkat karena dapat melukai kucing.

Pisahkan kucing secara lembut dan jauhkan salah satu kucing dari kucing lainnya untuk menghentikan perkelahian. Menggunakan alat bantu untuk memisahkan kucing berantem dapat mencegah tubuh kita mendapat luka fisik dari cakaran dan gigitan kucing.

Selain beberapa cara di atas, ada hal yang harus diperhatikan ketika ingin memisahkan kucing berantem yakni pastikan untuk menjauhinya dari orang-orang terutama anak-anak. Sebab kucing yang berantem dapat bertindak liar dan itu bisa saja melukai orang-orang yang berada di dekatnya.