Sponsors Link

11 Penyebab Kucing Tidur Terus dan Cara Mengatasinya

Meskipun hewan kucing hewan yang paling mirip dengan manusia, nyatanya hewan satu ini lebih rentan terkena penyakit. Apa lagi jka hewan kucing tidak pakan satu hari saja, ia akan langsung jatuh sakit. Terlebih jika tiba tiba hewan kucing terus tidur dan tidak mau pakan, kita kan semakin khawatir hewan kucing akan terkena penyakit.

Cukup rumit untuk mengetahui penyebab hewan kucing terus tidur dan memilih untuk tidak pakan. Biasanya hewan kucing akan terlihat lemas dan lesu bahkan meongannya pun akan terdengan lirih dan sendu. Jika sudah begtu kita harus tanggap untuk merawat si hewan kucing, bisa jadi ada yang tidak beres dengan hewan kucing tersebut. Berikut 11 Penyebab Kucing Tidur Terus dan Cara Mengatasinya sebagai wawasan untuk anda.

1. Sakit

Ini adalah alasan yang paling banyak terjadi ketika hewan kucing tidur terus. Hewan kucing yang sakit akan sulit pakan dan lalu muntah sehingga memilih untuk tidur. Tubuhnya juga akan lemas sehingga pakanan tidak akan masuk ke dalam tubuhnya. Baca juga mengenai : jenis makanan yang membahayakan kucing

Hewan kucing muda yang berusia 3 bulan atau lebih memiliki waktu tidur lebih panjang dibandingkan hewan kucing dewasa atau tua karena hormon pertumbuhan akan dilepaskan ketika mereka beristirahat. Hewan kucing tua pada umumnya juga memiliki waktu tidur lebih lama dibandingkan hewan kucing dewasa sebagai akibat proses penuaan yang dialami hewan kucing. Baca juga mengenai : cara memilih kalung kucing

Pada dasarnya pola tidur yang lama memang merupakan salah satu hal normal untuk hewan kucing. Akan tetapi bila hewan kucing anda tidur secara terus menerus dan melebihi waktu yang seharusnya, mungkin ini adalah tanda hewan kucing sedang sakit. Apabila waktu tidur hewan kucing ini diiringi dengan tanda tanda hewan kucing lemas dan tidak bergaiarah, mungkin ini saatnya kamu membawa si hewan kucing ke dokter hewan terdekat di kota anda. Baca juga mengenai : fungsi collar pada kucing

2. Bosan

Hewan kucing juga bisa merasakan bosan loh. Entah bosan karena tidak ada yang mau bermain dengannya atau bosan dengan pakanan yang anda sajikan kepada si hewan kucing. Jika hewan kucing merasa bosan ia akan lebih banyak tidur bahkan tidak mau menyentuh pakanannya. Baca juga mengenai : vitamin untuk bulu kucing

3. Penyakit Mulut

Cobalah untuk memeriksa mulut si hewan kucing. Bisa jadi terdapat luka di mulutnya. Mulut hewan kucing yang terluka atau sakit dapat menyebabkan ia merasa sakit dan terus tidur serta hilangnya nafsu pakan juga. Baca juga mengenai : fungsi kumis pada kucing

Selain karena mulutnya yang terluka, penyakit bau mulut pada hewan kucing juga dapat menyebabkan hewan kucing terus tidur dan tidak mau pakan. Beri hewan kucing minum yang banyak lalu periksakan ke dokter hewan  jika penyebabnya adalah bau mulut.

4. Bosan dengan Pakanan

Sama seperti manusia, hewan kucing akan merasa bosan jika pakanannya itu itu saja sehingga ia tak mau pakan dan memilih tidur. Berikan pakanan yang bervariasi untuk hewan kucing. Agar hewan kucing tidak bosan, jangan berikan pakan yang sama selama beberapa hari terus menerus.

5. Nafsu Pakan dan Pencernaan

Hewan kucing yang kekurangan vitamin akan kehilangan nafsu pakannya dan memilih untuk tidur. Perhatikan dan amati si hewan kucing yang sedang pakan. Jika hewan kucing tidak merasa senang untuk pakan, segera beri ia vitamin yang cukup.

Karena metabolisme hewan kucing tidak terlalu bagus, banyak penyakit pencernaan yang dapat timbul karena masalah sepele. Penyakit pencernaan juga salah satu penyebab hewan kucing terus tidur dan tidak mau pakan. Segera beri penanganan yang tepat sesuai penyakit yang diderita si hewan kucing ya!

6. Perubahan Suhu

Siapa sangka perubahan suhu yang dratis dapat menyebabkan kucing terus tidur dan nafsu pakan hewan kucing menurun. Saat suhu menjadi rendah hewan kucing akan semakin malas untuk pakan dan memilih untuk lebih lama tidur dari biasanya. Saat suhu menjadi sangat tinggi atau panas, hewan kucing hanya akan minum dan jarang menyentuh pakanannya.

7. Masalah Pakan

  • Pakanan Tidak Higienis

Biasanya ini terjadi kepada hewan kucing ras. Hewan kucing ras yang merasa pakannya telah bercampur dengan kotoran akan cenderung malas mepakan pakannya dan memilih tidur. Untuk hewan kucing kampung pasti sudah biasa mencari pakanan di tong sampah. Namun untuk hewan kucing ras, hal itu tidak dapat ia pakan.

  • Pakanan sudah Lama

Pakanan yang sudah lama dan berbau tidak sedap cenderung membuat hewan kucing tidak nafsu pakan dan memilih tidur. Pakanan lama akan terasa hambar dan tidak segar untuk penciuman hewan kucing yang tajam. Sehingga mereka akan menolak pakan dan memilih untuk mengabaikan pakannnya.

8. Bawaan Genetik

Sebagian besar orang percaya bahwa hewan kucing itu merupakan hewan nocturnal, apa itu nocturnal? Nocturnal adalah mereka(makhluk hidup) yang terbangun dan aktif sepanjang malam. Padahal ini kurang tepat karena sebenarnya hewan kucing meruapakan makhluk crepuscular yang paling efektid pada saat pagi hari dan sore hari adalah waktu yang paling mudah untuk mencari pakan.

Nah hal ini yang mempengaruhi pola tidur hewan kucing lucu ini. Mereka akan sangat aktif pada waktu pagi hari dan sore hari, sementara sepanjang hari akan digunakan untuk tidur para hewan kucing.

9. Menghemat Energi

Walaupun hewan kucing terlihat sangat jinak dan lucu, namun hewan kucing juga sebanarnya memiliki sisi psikis predator. Nah ini mengidikasikan bahwa binatang ini menghabiskan waktu untuk berlari dan memburu mangsa meskipun telah dipelihara di rumah(hewan peliharaan).

Hewan kucing sebagai predator akan menghabiskan banyak energi untuk berburu, dan bersembunyi hingga mendekati lawan. Oleh karena itu, hewan kucing butuh menyimpan dan menghemat energi agar tidak habis begitu saja yang salah satunya ditunjukkan dengan pola tidur terus menerus.

10. Cuaca dingin atau hujan dan kondisi hamil

Ada penyebab lain hewan kucing tidur terus menerus yaitu dipengaruhi oleh keadaan cuaca. Hewan kucing anda biasanya akan menghabiskan banyak waktu untuk tidur jika cuaca sedang dalam keadaan dingin atau sedang musim hujan.

Hewan kucing yang sering tidur terus menerus juga bisa menjadi tanda atau ciri kehamilan pada hewan kucing. Ini sering terjadi karena hewan kucing hamil memiliki waktu tidur lebih panjang dari hewan kucing biasa yang tidak hamil.

11. Anemia pada hewan kucing

Hewan kucing tidur terus menerus juga dapat disebabkan oleh anemia yang sedang menyerang si hewan kucing. Apabila ini yang terjadi segera periksa gusi sang hewan kucing anda. Anda yang menemukan bahwa gusi si hewan kucing lebih pucat dari biasanya harus segera waspada karena kemungkinan hewan kucing terserang anemia. Segera bawa ke dokter hewan langganan di kota terdekat anda, karena jika penanganan terlambat bisa menyebabkan kematian.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,
Post Date: Friday 08th, March 2019 / 06:44 Oleh :
Kategori : Kucing