Sponsors Link

Tips Memelihara Musang Rase Yang Baik Dan Benar

Jenis hewan peliharaan yang semakin berkembang dan mulai banyak diminati jumlahnya terus bertambah lebih banyak dengan berbagai bantuk varian varaian baru setiap tahunnya. Salah satu jenis hewan peliharaan yang saat ini banyak berkembang adalah musang rase. Dalam memelihara jenis musang tersebut maka perlu ada upaya yang benar sehingga menjadikan musang rase dapat tetap terjaga kondisinya tanpa mengalami permasalahan apapun. Berikut ini beberapa tips memelihara musang rase yang baik dan benar dan perlu dipahami oleh setiap pemilik hewan peliharaan musang rase tersebut baik pemula maupun yang sudah lama melakukannya dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Ketahui umur musang rase

Hal pertama yang perlu dilakukan dan dipahami oleh mereka yang akan memelihara hewan musang rase adalah umur dari musang tersebut saat di adopsi. Kondisi ini diperlukan sebagai langkah awal dalam menentukan cara yang tepat untuk melakukan proses handling dan adaptasi lingkungan barunya. Musang yang paling mudah diperlihara adalah yang masih berumur 2 bulan karena masih memiliki sifat jinak. (Baca juga : cara merawat musang di musim hujan)

  1. Handling musang dengan cara yang benar

Jika musang rase yang akan dipelihara sudah memiliki umur yang cukup tua maka ketika berada dilingkungan baru pastinya akan memiliki reaksi yang berbeda beda. Untuk membantu musah cepat beradaptasi dan menuruti perintah maka yang perlu dilakukan pemiliki adalah melakukan cara handling yang benar sesuai dengan perilaku yang ditunjukan oleh musang rase. (Baca juga : cara memelihara musang pandan)

  1. Penanganan musang rase penakut

Seperti dalam ulasan sebelumnya, tips memeilhara musang rase yang benar harus memperhatikan handling yang tepat sesuai dengan perilakunya. Jika musang rase yang bary beradaptasi dilingkungan baru menunjukan perilaku ketakutan atau menjadi penakut maka langkah yang benar adalah memegang dan mengendongnya secara benar. Selama mengendong musang rase, jangan pernah memegan bagian ekornya. Jika musang rase masih takut dan panik saat digendong maka masukan ke dalam baju karena tempat yang gelap membuatnya lebih tenang.

  1. Penanganan musang rase reaktif

Selain bersikap penakut, ada juga musang rase yang reaktif dan ingin menyerang orang disekitarnya saat baru berada di lingkungan baru. Handling untuk perlikau musang tersebut adalah dengan membiarkannya untuk tetap berada di dalam kandang. Cobalah untuk terus memancing sikap reaktif musang rase dengan menaruh tangan di depan kandang dan sesekali memberikan makanan langsung dengan tangan sampai musang tidak reaktif lagi. (Baca juga : cara menghilangkan kutu pada musang)

  1. Pemberian makanan

Tips lainnya yang juga harus jelas dan tepat mengenai proses memelihara musang rase adalah terkait dengan makanan yang diberikan. Makanan untuk musang rase disesuaikan dengan usianya yakni 0 – 1 bulan full susu bubuk vanilla, 1.5 – 2 bulan makanan halus, 2.5 – 3 bulan makanan bertekstur, 4 bulan keatas semua jenis makanan. Makanan yang diberikan kepada rase sebaiknya beragam mulai dari buah buahan dan juga protein hewani. (Baca juga : cara memberikan minyak ikan pada musang)

  1. Perbanyak waktu free room

Rase merupakan hewan yang sangat aktif bergerak baik pagi maupun malam hari. Agar kondisi rase nyaman ditempat barunya, biarkanlah rase keluar kandang jika memang menginginkannya dan juga lebih banyak berikan waktu di luar kandang dibandingkan di dalam kandang agar rase dapat bermain dan beraktivitas serta tak lupa juga ajak musang rase tersebut untuk bermain. (Baca juga : cara menjinakkan musang pandan)

Itulah beberapa cara atau tips memelihara muasng rase yang perlu dipahami oleh setiap pemilik musang mapun yang akan berniat memelihara musang rase tersebut dengan baik dan benar.

, , , ,




Post Date: Monday 22nd, October 2018 / 01:24 Oleh :
Kategori : Musang