Sponsors Link

13 Cara Budidaya Semut Jepang Bagi Pemula

Sponsors Link

Walaupun belum terlalu familiar di kalangan masyarakat Indonesia saat ini, namun  pada umumnya orang –  orang yang gemar akan budidaya hewan atau orang yang gemar akan obat herbal sudah semakin banyak yang mengenal bahkan melakukan budidaya semut jepang.

ads

Pasalnya bagi kalangan tertentu budidaya semut jepang ini dilansir akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Pada umumnya budidaya semut jepang ini digunakan untuk melakukan pengobatan secara alternatif atau obat herbal. (Baca juga mengenai cara ternak jangkrik di musim hujan)

Apakah sobat semua sebelumnya sudah mengenal atau bahkan sudah pernah merasakan atau menggunakan pengobatan dengan menggunakan semut jepang ini sobat? Jika anda penasaran, tidak ada salahnya nih sobat, sobat semua menyimak ulasan berikut ini.

Namanya disebut sebagai semut jepang dikarenakan pada awalnya jenis semut ini berasal dari Jepang dan kemudian masuk ke Indonesia, dan dikenalkan pada seluruh masyarakat karena kasiatnya yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit dalam tubuh manusia.

Nah sobat, tetapi yang harus anda ingat adalah bahwasanya cara konsumsi semut jepang ini bisa dilakukan dengan mengonsumsinya langsung hidup –  hidup ya sobat, dan tentunya juga bisa setelah diracik dengan ramuan obat herbal lainnya. (Baca juga mengenai cara ternak ulat sutra)

Nah sobat semua, karena memang semut jepang ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan karena kasiatnya bagi kesehatan yang sangat banyak, sudah banyak pecinta obat herbal yang mulai membudidayakan semut jepang ini. Nah bagi sobat semua yang ingin tau cara pembudidayaan semut jepang, yuk sobat semua mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Persiapan Benih yang Akan Digunakan

Agar lebih singkat dalam proses peranakannya, biasanya bibit yang akan dikembang biakkan haruslah berjumlah banyak, hal ini bertujuan agar proses anakan lebih banyak dan lebih cepat. Nah untuk pemilihan indukan tersebut, biasanya tidak memerlukan kriteria khusus karena pada umumnya semua semut jepang ini sudah bagus dari awalnya, jadi tidak usah ragu ya sobat.

2. Penyediaan Wadah yang Tepat

Untuk tempat pembudidayaannya sendiri, sobat semua bisa menggunakan toples. Langkah yang anda lakukan adalah dengan membuat beberapa lobang dan menutupnya dengan kain kasa agar terhindar dari debu. (Baca juga cara ternak lebah madu bagi pemula)

3. Siapkan Ragi

Jangan lupa anda untuk menyiapkan ragi sebagai bahan penunjang saat proses pembudidayaan semut jepang berlangsung. Ragi disini mempunyai peran yang cukup penting ya sobat. Usahakan untuk menyiapkannya terlebih dahulu. (Baca juga mengenai cara budidaya bebek jawa)

4. Pengaturan Suhu yang Tepat

Semut jepang biasanya menyukai suhu antara 28 sampai dengan 31 Derajat Celsius. Dan usahakan agar toples tempat budidaya yang tadi tidak terkena langsung dengan sinar matahari ya sobat. Tetapi usahakanlah menempatkan posisi tersebut pada “ tempat yang teduh”.

Sponsors Link

5. Adanya Sirkulasi Udara

Usahakan sirkulasi udara dalam budidaya semut jepang ini adalah udara yang lembab. Selain itu jauhkan semut jepang ini dari jangkauan semut merah yang merupakan jenis semut pemangsa. (Baca juga mengenai cara budidaya kerang mutiara)

6. Sediakan Kapas Sebagai Bahan Penunjang

Sediakan kapas seperlunya untuk anda masukkan dalam wadah yang anda gunakan sebagai tempat budidaya semut hitam tersebut. Adapun fungsi kapas ini adalah untuk tempat bersarangnya semut –  semut jepang yang anda budidayakan ya sobat. Sebaiknya pilihlah kapas dengan kualitas yang lembut ya sobat agar semut –  semut peliharan anda nyaman tinggal dan bersarang dalam kapas tersebut.

7. Pengaplikasian Ragi

Masukkan ragi yang sudah anda siapkan sebelumnya dengan cara menaburi pada semua permukaan kapas yang anda masukkan dalam wadah tadi. Pastikan anda menaburkannya dengan rata ya sobat. setelah itu tunggulah beberapa saat terlebih dahulu baru anda memasukan indukan semut jepang yang akan anda budidayakan.

ads

8. Tempatan Toples Dalam Suasana yang Tenang

Semut bisa saja stres jika suasana di lingkungan sekitarnya berisik yang membuat mereka terusik kenyamanannya. Nah sobat agar semut –  semut jepang tersebut terhindar dari suasana stress maka tempatkanlah toples atau adah yang anda gunakan untuk budidaya semut jepang tersebut pada ruagan yang hening agar perkembang biakan semut jepang tersebut lebih sempurna.

9. Jagalah Kebersihan Wadah Tempat Budidaya Semut Jepang Anda

Bukan hanya tempat tinggal manusia saja yang harus dibersihkan ya sobat, tetapi tempat atau wadah semut jepang anda budidayakan pun sebaiknya anda bersihkan secara berkala ya sobat, hal ini bertujuan agar telor –  telor semut jepang tersebut tidak pecah dan bisa berbuah menjadi anakan semut jepang yang baru.

10. Pemberian Pakan Khusus dan Teratur

Seperti hewan peliharaan atau hewan ternak pada umumnya, semut jepang ini pun harus diberikan asupan makanan secara teratur agar perkembang biakannya bisa berjalan dengan lancar dan menghasilakan anak semut yang sehat ya sobat yang nantinya bisa anda jual kepada pelanggan obat –  obat herbal.

Adapun pakan untuk semut jepang ini adalah ragi tape, caranya anda cukup memecah mecahkan ragi tape tersebut dan menaburkannya apda kapas tempat semut tersebut bersarang. Gampang kan sobat?

11. Pindahkan Anak Semut Dengan Indukannya

Apabila perkembangbiakan semut jepang anda berhasil dengan baik, biasanya dalam waktu  kurang leibih dari satu bulan. Waktu  saru bulan ini merupakan semua fase mulai dari telur semut, larva semut, anak semut, hingga kemudian anda memperoleh semut yang dewasa yang siap untuk dikonsumsi sebagai obat alternative atau obat herbal.

12. Hindari Tempat Budidaya Semut Dari Air

Hal yang paling penting yang harus anda ingat nih sobat, yaitu wadah atau tempat yang anda gunakan untuk budidaya semut jepang tersebut tidak boleh kena ar. Hal ini akan merusak ekositem perkembangan dari semut –  semut tersebut. Untuk itu, selain menempatkan wadah atau tople budidaya semut tersebut pada lokasi yang teduh dan sunyi, pastikan juga toples atau wadah semut jepang anda jauh dari potensi terkena air ya sobat.

13. Waktu Panen Semut Jepang

Pertumbuhan semut jepang yang normal adalah satu bulan. Tetapi kami anjurkan lakukanlah panen pada semut tersebut dalam jangka waktu 3 sampai 4 bulan ya sobat, karena akan menghasilkan kualitas semut jepang ynag lebih baik tentunya, selain itu hasilnya juga bisa bertambah hingga 6 kali lipat sobat. Nah sobat semua apakah anda tertarik dengan usaha yang satu ini?

Oke sobat terkasih semua, sampai disini dulu pembahasan artikel pada kesempatan kali ini ya sobat mengenai cara budidaya semut jepang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih bagi yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa, salam budidaya selalu.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 26th, January 2018 / 02:01 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak