Sponsors Link

6 Cara Membuat Pakan Organik dari Kotoran Sapi

Sponsors Link

Pakan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan budidaya hewan ternak. Dengan pemberian pakan yang tepat baik jenis maupun kadarnya maka hewan ternak akan tumbuh dengan sehat sehingga para peternak bisa mendulang keuntungan secara maksimal.

ads

Selain mengandalkan pakan buatan yang dapat dengan mudah dibeli di toko-toko anda juga dapat membuat sendiri pakan organik dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di lingkungan sekitar.

Selain menghemat biaya hal ini juga baik untuk kelestarian lingkungan karena umumnya pakan buatan mengandung bahan-bahan kimia yang bisa berdampak buruk bagi lingkungan.

Pakan organik dapat dibuat dari berbagai bahan alami salah satunya adalah kotoran sapi. Kotoran sapi yang biasanya dibuang dan mengotori lingkungan kini dapat diolah dan dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil ternak. Pakan dari kotoran sapi ini merupakan pakan organik bagi ikan lele yang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak digemari dan memiliki tingkat permintaan yang tinggi. Lihat saja bagaimana banyaknya warung-warung pecel lele dan kedai makanan yang menjadikan ikan lele sebagai menunya.

Baca juga: cara membuat pakan ikan organik dari kotoran sapi – cara membuat pakan fermentasi untuk sapi

Sebelum kita mulai mempraktekkan cara membuat pakan organik dari kotoran sapi maka siapkan dahulu bahan dan alat yang diperlukan, diantaranya:

  1. Kotoran sapi sekitar 10 kg
  2. Probiotik cair sebanyak 200 ml. Anda dapat menggunakan probiotik merek EM4 atau jenis lainnya.
  3. Air secukupnya yang akan digunakan untuk mengencerkan kotoran sapi. Proses pengenceran jangan berlebihan, cukup hingga kotoran sapi menjadi lunak seperti adonan roti.
  4. Drum dengan tutup (drum kedap udara), gayung, ember, dan peralatan pendukung lainnya.

Setelah alat dan bahannya tersedia maka langsung saja kita praktekkan 6 cara membuat pakan organik dari kotoran sapi berikut:

  1. Pertama diamkan kotoran sapi di udara terbuka selama 5 hari.
  2. Kemudian masukkan kotoran sapi tersebut ke dalam drum yang telah disediakan.
  3. Tambahkan probiotik cair ke dalam drum dan aduk hingga merata.
  4. Diamkan selama sekitar 24 jam dalam keadaan drum tertutup.
  5. Setelah itu lubangi drum sehingga ada aliran udara yang masuk ke dalam drum. Biarkan lagi selama seminggu dan drum akan mulai tampak dipenuhi cacing.
  6. Cacing-cacing ini akan terus bertambah setelah 60 hari sehingga pakan siap diberikan pada lele peliharaan anda.

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Anda dapat membuatnya sendiri di rumah sehingga biaya pakan ternak bisa ditekan. Demikianlah 6 cara membuat pakan organik dari kotoran sapi yang dapat digunakan sebagai pakan bagi ikan lele peliharaan anda. Pakan ini cocok diberikan pada ikan lele yang masih kecil yang berukuran kurang dari 2 jari. Selain lebih murah dari segi biaya pemanfaatan kotoran sapi sebagai pakan organik sangat baik untuk kelestarian dan kebersihan lingkungan.

Baca juga: cara membuat pakan ikan gabus – cara pembuatan pakan ikan sidat

Keuntungan lainnya adalah nilai gizi yang terkandung pada pakan organik lebih tinggi dan dapat membantu meningkatkan nafsu makan ikan lele yang diternakkan. Kotoran sapi yang dianggap tidak berguna kini sudah menjadi barang bermanfaat dan tidak lagi mengotori lingkungan. Jika anda sulit mendapatkan kotoran sapi maka anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami lain seperti ampas tahu, kotoran kambig, tepung ikan, dedak, dan tetes tebu atau disebut juga molase.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 06th, September 2018 / 04:34 Oleh :
Kategori : Sapi