Sponsors Link

12 Cara Mengawinkan Kucing yang Baru Kenal

Sponsors Link

Pemilik kucing jenis tertentu misalnya persia atau anggora umunya menjodohkan kucing mereka dengan jenis kucing yang sama bagus rasnya untuk mempertahankan kecantikan atau ciri khas dari keturunan hasil perkawinan nantinya.

ads

Tak jarang pemilik kucing harus mendekatkan agar tercapai kecocokan dan keduanya bisa kawin atau memiliki birahi secara alami walaupun belum bertemu dalam waktu yang lama.

Sebenarnya mengawinkan kucing bukan hal yang sulit selama keduanya berada dalam masa birahi, namun terkadang terdapat kendala seperti sifat salah satu betina atau jantan yang galak dan susah didekati.

Nah sobat, bagi sobat yang ingin menjodohkan kucing yang sobat miliki dan memiliki waktu yang relatif lebih singkat untuk mengawinkan, sebelumnya simak ulasan berikut sebagai wawasan tambahan dan panduan, Cara Mengawinkan Kucing yang Baru Kenal.

1. Pastikan Kondisi Kucing Sehat

Pastikan kucing peliharaan sobat dalam keadaan sehat, begitupun calon mempelai kucing peliharaan juga harus dalam keadaan sehat juga agar cara mengawinkan kucing yang baru kenal dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan. (Baca juga mengenai cara mengatasi kucing yang kejang kejang)

2. Beri Makanan Bergizi

Berikan makanan yang bergizi sesuai kebutuhan ketika sobat berencana mengkawinkannya dalam waktu dekat, rutin ajak bermain kucing peliharaan agar jauh dari stres dan memiliki kondisi mood yang baik. Jika kucing peliharaan dalam keadaan sehat, tentunya memiliki siklus tubuh yang normal juga ya sobat, termasuk siklus alami untuk kawin dan birahi. (Baca juga mengenai fungsi bulu pada kucing)

3. Pahami Ciri Birahi

Pejantan kucing peliharaan biasanya lebih mudah birahi, maka selanjutnya pastikan Kucing peliharaan betina sobat dalam keadaan berhasrat atau kondisi birahi juga. Kucing peliharaan betina mulai birahi atau cukup umur untuk kawin adalah ketika umur 5 sd 9 bulan (Baca juga mengenai fungsi kumis pada kucing)

dan memiliki berat badan lebih dari 2,5 kg.  Ciri ciri kucing peliharaan betina birahi bisa dengan bergulung gulung di lantai, sering mengeong, tingkahnya lebih manja minta diperhatikan, apabila ada pejantan suka berjalan kesana kemari mencari perhatian. (Baca juga mengenai efek minyak kayu putih pada kucing)

4. Atur Jadwal Perkawinan

Tentunya di masa tersebut sobat bisa segera mengatur jadwal untuk mempertemukan kedua kucing peliharaan yang ingin dikawinkan, asalkan keduanya sudah dalam masa birahi, umumnya kucing peliharaan mudah untuk dikawinkan karena memang sudah menjadi kebutuhan alami atau siklus alami dari kucing peliharaan tersebut. (Baca juga mengenai fungsi kucing dijemur)

Sponsors Link

5. Pendekatan

Mengawinkan kucing peliharaan yang baru kenal juga membutuhkan proses pendekatan. Jangan langsung menaruhnya di satu tempat atau satu area untuk dikawinkan, bisa jadi mereka justru bertengkar dan membuat salah satu terluka. Perkenalkan dulu untuk melakukan pendekatan secara perlahan. Biarkan mereka saling melihat dulu walaupun belum ingin berdekatan satu sama lain.

6. Letakkan dalam Satu Area

Lakukan metode ini sekitar jam 8 atau 9 pagi. Untuk permulaan kucing peliharaan jantan dan kucing peliharaan betina taruh di tempat yang berbeda tapi berdekatan. biarkan mereka melihat dan mulai mengenal satu sama lain, umumnya

ads

jika menemui sosok kucing yang baru secara alami mereka akan berkenalan dan adaptasi satu sama lain. Biarkan selama kurang lebih 3 sd 4 jam, yakni di ruangan atau area yang sama namun tidak sau tempat atau tidak satu kandang.

7. Biarkan Kucing Kenal Secara Alami

Diawal biasanya salah satu melakukan penolakan “jual mahal” yang biasanya dilakukan kucing peliharaan betina dengan mengeong ataupun mengeram ini adalah hal yang wajar, biarkan sampai mereka mulai tenang dan mulai berkenalan secara langsung.

8. Biarkan Kucing Saling Mengejar

Umumnya kucing peliharaan jantan yang mulai tertarik pada kucing peliharaan betina akan mengejar ngejar kucing peliharaan betina untuk menunjukkan rasa sukanya, sedangkan kucing peliharaan betina kadang butuh proses untuk ia memiliki mood yang baik dalam berkawin sehingga ia memiliki waktu yang lebih lama untuk menimbulkan keinginan kawin dalam dirinya.

9. Pisahkan Sementara

Pada sore hari pisahkan mereka untuk sementara, dengan cara letakkan betina di dalam rumah lalu taruh di ruangan yang berbeda yang tidak bisa ditemui kucing peliharaan jantan. Kucing peliharaan jantan sendiri lepaskan di ruang terbuka tapi jangan pertemukan dengan kucing peliharaan betina yang mau dilakukan cara mengawinkan kucing yang baru kenal. Hal ini dilakukan agar tumbuh kerinduan diantara mereka.

10. Ciri Kucing Sudah Saling Tertarik

Ketika kucing peliharaan baru kenal sudah mengenal satu sama lain dan sudah memiliki rasa tertarik, umumnya mereka akan saling mencari atau menarik perhatian satu sama lain dengan tujuan untuk berkawin, nah sobat, tahap ini ditujukan untuk memunculkan perasaan tersebut sehingga ketika dipertemukan lagi kedua kucing peliharaan yang akan dikawinkan tersebut bisa semakin mendekat satu sama lain.

11. Pertemukan Lalu pisahkan lagi

Setelah dikurung, esoknya pertemukan mereka kembali.  Apabila mendapati mereka saling mendesah dan pejantan mengendus ngendus pantat betina. masukkan mereka dalam satu ruangan untuk kawin, biarkan mereka berdua kawin secara alami.

Apabila mendapati kucing peliharaan jantan kesusahan dalam cara mengawinkan kucing yang baru kenal karena ekor betina menutupi, bantu dengan cara menaikkan ekor betina. Tetapi ini jarang terjadi. Seusai kucing peliharaan dikawinkan, pisahkan kembali agar rindu mereka semakin naik untuk kawin lagi. Pisahkan 2 sd 4 jam lalu pertemukan lagi untuk proses dan cara mengawinkan kucing yang baru kenal lagi.

Sponsors Link

12. Lakukan Sedikitnya 3 Hari

Kucing peliharaan bisa melakukan kawin 3 sd 5 kali dalam sehari. Lakukan berturut turut 2 sd 3 hari apabila sobat menginginkan kucing peliharaan betina sobat segera hamil. Jika kucing peliharaan sudah mendapatkan siklus alaminya atau sudah berkawin, umumnya, birahi dalam dirinya sedikit demi sedikit akan menurun terlebih jika kucing peliharaan betina sudah hamil,

maka ia tidak akan mau didekati oleh kucing peliharaan jantan dan tidak akan mau dikawini. Dalam kenyatannya mudah sobat untuk mengawinkan kucing walaupun baru kenal, sebab kucing kucing di area liar pun juga melakukan hal yang sama, yakni kawin dengan sesama kucing yang baru dikenalnya juga.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, jangan lupa selalu membuat kondisi mood kucing yang sobat pelihara dalam keadaan baik dan ceria ya sobat, sehingga ia bisa memiliki siklus alami sepanjang hidupnya termasuk siklus birahi atau masa kawin. Oke sobat, semoga ulasan yang disampaikan bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 10th, October 2018 / 23:04 Oleh :
Kategori : Kucing