Sponsors Link

7 Cara Mengobati Bau Mulut Pada Kucing Secara Alami

Sponsors Link

Kucing memanglah seekor hewan, jadi tidak salah jika keadaan hewan ini tidak selalu bersih dan higinis.

ads

Akan tetapi tidak sepenuhnya juga kucing harus dalam keadaan kotor. Sudah sewajarnya jika menjadi seorang majikan bisa memberikan perawatan baik untuk peliharaannya.

Memiliki kucing tentu memiliki arti tersendiri, apalagi jika anda adalah salah satu pecintanya. Jangan sampai anda menyalahkan kondisi kucing yang kumel, kotor, berbau sampai dengan bau mulut. Ini akan menjadi salah satu masalah yang harus anda selesaikan.

Menjadi seorang majikan, tugas anda adalah memberikan perawatan kepada kucing mulai dari pemberian pakan sampai dengan perawatan tubuh dan kesehatannya.

Salah satu yang mungkin akan menimbulkan rasa risih bagi majikan atau orang lain yang bermaksud menggendong kucing yakni bau mulutnya.

Cara mengobati Bau Mulut pada Kucing secara Alami bisa anda ketahui lebih jelasnya disini.

Banyak yang mencari solusi mengatasi bau mulut pada kucing, mungkin anda salah satunya.

Seperti yang anda ketahui, kucing tentu saja mempunyai bau mulut menyengat dan tidak enak, pasti.

Akan tetapi hal ini dapat di rubah asalkan anda benar-benar dapat menerapkan berbagai cara berikut.

Tidak akan ada salahnya anda menyimak beberapa hal yang akan di paparkan disini. Bagi pecinta kucing, mungkin rangkuman ini juga akan sangat membantu sekali. (Baca Juga: Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing)

7 Cara Mengobati Bau Mulut Pada Kucing Secara Alami

  1. Memperhatikan Jenis Pakan

Salah satu yang paling penting untuk anda perhatikan dalam mengatasi bau mulut kucing adalah faktor pakan.

Makanan yang anda berikan akan berpengaruh pada bau mulutnya, jika sudah bau akan menjadikan keadaan semakin parah dan jika belum akan menimbulkan bau tak sedap apabila makanan yang di berikan tidak di perhatikan.

  1. Pemberian Obat

Berikan obat khusus untuk mengatasi bau mulut kucing. Anda bisa membelinya di Pet Shop dan tanyakan kepada pemilik toko terkait kondisi kucing anda dan keinginan anda.

Karena di Pet Shop ada obat untuk mengatasi bau mulut kucing. Biasanya obat yang di gunakan berupa obat tetes yang di teteskan pada mulut kucing. (Baca Juga: Jenis Virus Pada Kucing)

Sponsors Link

  1. Berikan Air untuk Minum

Kucing peliharaan di rumah biasanya lebih sering dan rutin di berikan susu.

Sebagai alternative untuk mengurangi bau mulut pada kucing, jangan melulu memberikan susu tetapi imbangi dengan air.

Hal ini bukan berarti susu membuat kucing bau mulut, akan tetapi tujuan di berikan air adalah untuk membersihkan semua area dalam mulut kucing.

Seharusnya sejak pertama anda memelihara kucing bisa mengimbangi antara susu dan air, agar kucing juga terbiasa jika di berikan minum berupa air.

  1. Jangan Memberikan Daging Mentah

Kadangkala sering di jumpai, seekor kucing rumahan yang jarang mendapatkan perhatian bisa berkeliaran dimana-mana. Salah satu kasus yang cukup parah, bisa saja kucing tersebut mencuri makanan yang seharusnya tidak menjadi makanan khusus kucing.

Misalnya adalah daging mentah, ikan mentah dan masih banyak lagi.

Seringnya kucing memakan daging mentah akan menimbulkan bau mulut yang luar biasa. Lagipula jika kucing terlalu sering makan daging mentah akan berpengaruh pada kesehatannya. (Baca Juga: Cara Membuat Kucing Sakit Mau Makan)

  1. Berikan Vitamin

Cara untuk mengatasi bau mulut yang terjadi pada kucing lainnya yakni dengan memberikan vitamin.

Mengapa? Tentu saja karena vitamin bekerja dari dalam untuk membuat kondisi kesehatan baik, namun selain itu vitamin akan berpengaruh pada bau mulut kucing itu sendiri.

Berikan vitamin minimal 3 kali dalam seminggu atau anda bisa berkonsultasi kepada dokter hewan agar tidak ragu.

  1. Pemberian Antibiotik

Apa hubungan bau mulut dengan antibiotik? Mungkin anda merasa aneh, namun satu hal yang harus diketahui bahwa timbulnya bau mulut pada kucing bukan semata-mata memang menjadi wajarnya. Bau mulut kucing bisa saja di picu dari kesehatannya, mungkin sedang sakit.

Inilah tugas anda sebagai majikan yang perlu di garis bawahi, yakni rutin meneliti kondisi kesehatannya.

Nah, inilah tujuan pemberian antibiotik pada kucing guna memulihkan bau mulut kucing agar tidak berbau dan menyengat. (Baca Juga: Cara Mengatasi Gusi Bengkak Pada Kucing)

Sponsors Link

  1. Latihlah Menggosok Gigi

Terkesan aneh jika harus menggosok gigi kucing, dan memang sulit jika anda tidak melatih sedikit-sedikit.

Sejak awal anda mengadopsi kucing, harusnya anda melatih kucing agar mau untuk di gosok giginya.

Jika anda berusaha untuk menggosok gigi kucing, tetap berhati-hatilah meskipun Kucing tersebut sudah jinak.

Karena seperti yang di ketahui, biar bagaimanapun kucing tidak memiliki akal sehat seperti manusia. Sehingga waspada dari gigitan kucing sangat di anjurkan bagi anda.

Nah, itulah 7 cara mengobati Bau Mulut pada Kucing secara Alami yang dapat Anda terapkan langsung pada hewan peliharaan kesayangan yang mana mungkin sekarang ini memiliki kondisi mulut yang kurang bersahabat.

Selain itu, untuk cara ini juga dapat diterapkan sebagai langkah antisipasi sekaligus menjaga kesehatan dan kebersihan Kucing lebih baik lagi.

Berikan perlakuan yang terbaik untuk melatih kesabaran kucing agar selalu jinak, serta perhatikan kesehatannya. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 12th, October 2018 / 02:37 Oleh :
Kategori : Kucing