Sponsors Link

10 Cara Membuat Kucing Sakit Mau Makan

Kucing tidak mau makan menjadi permasalahan tersendiri untuk para pemilik kucing. Penyebab kucing tidak mau makan sedikit susah diketahui. Mungkin kalau sobat pembaca akan lebih mudah kita ketahui penyebab kenapa tidak mau makannya. Nah kalau kucing kucing tidak bisa berbicara bahasa sobat pembaca bukan?

Kucing berbeda dengan hewan lain lho, ia bisa lebih rentan terkena penyakit jika tidak makan satu hari saja. Kenapa? Umumnya pada hewan yang tidak makan, energy yang dihasilkan untuk proses fisiologi tubuh tetap tersedia dari pembakaran lemak yang disimpan pada jaringan tubuh si hewan tersebut. Namun untuk kucing sangat tidak efisien. Sebab itu harus dilakukan 10 Cara Membuat Kucing Sakit Mau Makan.

1. Berikan Variasi Makanan

Dengan memberi varian makanan yang bermacam-macam bisa membuat kucingsobat pembaca tidak bosan dengan makanan yang dihidangkan, cocok sekali untuk si kucing yang bosan dengan makanan yang itu-itu saja terlebih ketika sedang sakit.Biasanya makanan kering khusus kucing atau dry food memang memiliki bau yang cukup tajam dan menyebabkan nafsu makan berkurang. (Baca juga mengenai cara mengatasi nafas cepat pada kucing).

Sobat pembaca dapat mensiasatinya dengan mencampur makanan kering dengan makanan basah kalengan khusus untuk kucing seperti friskies atau whiskas agar merangsang nafsu makan kucing sobat pembaca  . (Baca juga mengenai cara mengatasi cacing pita pada kucing

Apabila ingin hasil yang lebih baik, sobat pembaca  dapat memberikan makanan dengan merk Science Diet. Selain aroma yang dimiliki makanan jenis ini lebih tajam namun kandungan nutrisi di dalamnya lebih lengkap. Namun perlu diketahui, (Baca juga mengenai proses pertumbuhan dan perkembangan kucing).

makanan merk Science Diet ini hanya boleh diberikan sesekali saja bukan setiap hari. Walaupun makanan basah dapat merangsang nafsu makan kucing, namun memiliki dampak negative juga apabila diberikan setiap hari yakni dapat menyebabkan karang dan flek yang berlebih pada gigi kucing. (Baca juga mengenai cara mengatasi gusi bengkak pada kucing

2. Pancing Agar Mau Makan

Caranya bagaimanasobat pembaca? Mudah kok, dengan cara menyodoran makanan ke dekat hidungnya atau dengan cara mengoleskan daging atau makanan basah kucing di mulut atau hidungnya.Bau makanan kucing yang lezat diharapkan dapat memancing nafsu makan kucing. (Baca juga mengenai cara mengatasi gangguan pencernaan pada kucing).

3. Suapi Kucing Sobat Pembaca

Jika kucing sobat pembaca benar benar sakit atau lemas, cobalah untuk menyuapi kucingsobat pembaca supaya tetap mendapatkan asupakan makanan yang cukup.sobat pembaca bisa menggunakan sendok kecil, tangan maupun syringe (suntikan tanpa jarum) dan tentu makanan yang diberikan tergolong makanan basah kalengan.Tapi kalau sobat pembaca hanya punya makanan kering, saya sarankan untuk menghancurkannya dengan air hangat.

4. Bantu Makan dengan Sabar dan Jangan Memaksa

sobat pembaca harus memperlakukan kucing tidak mau makan dan tidur terus dengan lembut, pegang kepala kucing lalu masukkan suntikan makanan cair dari samping mulut si kucing dan tekan suntikan secara perlahan, supaya kucing bisa melahap makanan tersebut.Jangan disemprot yasobat pembaca, nanti kucingnya tersedak.

5. Obati Sakitnya

Jika kucingsobat pembaca terkena penyakit mulut atau penyait lainnya, bisa gunakan obat dari dokter hewan untuk mengobatinya. Jangan asal memberi obat ya sobat, sebab bukannya memberi jalan kesembuhan untuk kucing tapi bisa memperparah penyakitnya. Jika sobat memang sayang tentu akan memberi yang terbaik untuknya, tidak asal asalan.

6. Beri Vitamin Tambahan

Apabila kucing kesayangan anda berkurang nafsu makannya atau bahkan tidak mau makan, tips mengatasi kucing tidak mau makan dengan menggunakan vitamin atau suplemen perangsang nafsu makan khusus hewan peliharaan. Salah satu suplemen yang dapat sobat pembaca gunakan adalah vitamin B kompleks, biasanya berbentuk sirup atau tablet.

Berikan vitamin yang mengandung B kompleks dan lysin (asam amino lisin) yang dapat dibeli di apotik terdekat seperti Biolysin, Lysmin atau Becombion dan biasanya takaran konsultasi pada dokter hewan, sekali lagi jangan asal.

Vitamin tersebut selain berguna untuk menambah nafsu makan pada kucing tidak mau makan dan lemas, juga dapat membantu kesembuhan sakitnya. Namun, sebelum memberikan vitamin pada kucing. Usahakan sobat pembacaberi dia makan sedikit atau sediakan makan di dekatnya. Ini untuk mencegah iritasi pada lambung kucing .

7. Elus Lembut dan Beri Kasih Sayang

Mungkin saja kucingsobat pembaca jarang bermain atau melakukan aktivitas sehingga stres dan sakit, usahakan dari awal sobat pembaca mengadopsi atau memeliharanya ia sudah dibiasakan untuk bermain-main supaya dia aktif dan tidak cepat bosan, tentu ini akan berpengaruh terhadap nafsu makannya dan mencegah penyakit dimana hati yang bahagia tentu membuat tubuh lebih sehat ya sobat, termasuk pada kucing.

8. Berikan Tempat yang Nyaman

Bagi kucing yang baru sobat pembaca adopsi, tentu dia akan mengalami fase tertekan hingga sakit karena lingkungan yang asing. Coba buat lingkungan tempat tinggalsobat pembaca dan si kucing tentunya senyaman mungkin.Kalau bisa, jauhkan dari kucing nakal yang mungkin malah akan mengganggu ia untuk beradaptasi. Jika sudah terasa baik, beri makan secara teratur.

9. Bawa ke dokter

Jadilah pemilik kucing yang penyayang, jika kucingsobat pembaca sakit, memiliki masalah lambung atau masalah yang tidak kamu ketahui dan kucing masih tidak mau makan juga.Segera kunjungi dokter hewan, jangan gegabah menangani kucing yang takutnya malah menambah masalah sendiri.

10. Dampingi Hingga Mau Makan

Jangan menyerah untuk membuat kucing mau makan ya sobat, dalam kondisi sakit, jangan bairkan kucing sobat merasa bertambah sedih dan tidak diperhatikan, kucing wajib untuk terus didampingi dan dibantu makan walaupun sedikit, coba makanan apa saja yang baik untuknya sambil konsultasi dengan dokter.

Lakukan juga pengobatan terus menerus hingga kucing sobat pembaca sembuh dari sakitnya sehingga mau makan seperti sedia kala, umumnya kucing yang sakit dan tidak mau makan akan memiliki nafsu makan ketika merasa kondisi tubuhnya sudah membaik dan hal itu perlu peran sobat untuk melakukan dan memaksimalkannya, jadi buktikan cinta sobat dengan mendampinginya.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga menjadi wawasan berkualitas dan dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari hari. Jangan lupa update informasi sobat pembaca di website arenahewan.com agar selalu update informasi terbaru mengenai hewan. Terima Kasih.

, , , , ,
Post Date: Tuesday 14th, August 2018 / 14:28 Oleh :
Kategori : Kucing