Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Cacing Pita Pada Kucing

Sponsors Link

Kucing merupakan hewan lucu yang banyak disukai orang. Hewan ini telah menjadi salah satu jenis binatang yang cocok untuk dijadikan peliharaan di rumah.

ads

Selain mempunyai wajah lucu, kucing identik di puji dan di puja karena mempunyai bulu.

Meskipun semua kembali pada wilayah asal serta rasnya, kucing tetap di identikkan dengan bulu. Hal ini mengingat bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali di temui dengan kucing yang mempunyai bulu seperti Anggora maupun Persia.

Padahal jika di pahami, banyak jenis kucing yang tidak mempunyai bulu.

Mempunyai kucing memang menjadi sesuatu hal yang berbeda. Karena kita bisa bercanda dan menghilangkan rasa lelah dengannya. Apalagi jika kucing telah lama di latih dan di didik untuk menjadi pintar.

Bagi pecinta kucing atau Cat Lovers, merawat kucing sudah menjadi bagian dari hidup mereka yakni memberikan perlakuan baik dan membuat sang kucing nyaman. Bahkan, beberapa dari para pecinta kucing ini rela menjaga dan merawat kucing melebihi dirinya sendiri.

Tidak hanya itu saja, bahkan para pemilik kucing juga harus bersedih ketika menemukan kucing kesayangannya tengah jatuh sakit. Banyak sekali penyakit yang menyerang kucing hingga merenggut nyawanya.

Salah satu keadaan yang perlu di waspadai adalah cacing pita pada kucing, untuk penyakit ini terbilang cukup menyakitkan bagi sang kucing lantaran tubuhnya lemah tak berdaya untuk melakukan sesuatu.

Cara mengatasi Cacing Pita pada Kucing akan di berikan pada kesempatan kali ini. (Baca Juga: Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan Pada Kucing)

Cacing pita tersebut bisa membuat kucing kurus, sakit dan akhirnya mati jika tidak segera mendapatkan penanganan.

Sudah banyak sekali kasusnya seperti cacing pita yang menggeliat-geliat pada kotoran kucing sampai dengan di muntahan kucing. Berikut cara mengatasinya:

Cara Mengatasi Cacing Pita Pada Kucing

  1. Mendiagnosa Infeksi Pada Kucing

Langkah pertama jika Anda mengetahui kalau kucing tengah menderita penyakit cacingan adalah dengan cara mendiagnosa.

Salah satu diantaranya yakni Anda dapat melihat kotorannya. Melakukan pemeriksaan pada kotoran kucing adalah tanda yang paling ampuh dalam mengenali infeksi cacing pita yang menyerang.

Keadaan kotoran yang terinfeksi cacing pita bertekstur cair, sehingga jika melihat kucing seperti ini pastikan bahwa cacing pita ikut terbuang dengan kotoran.

  1. Menyediakan Kantong Plastik

Sediakan kantong plastik untuk menyimpan cacing pita yang keluar dari tubuh kucing pada kotorannya. Tujuan ini agar anda bisa membawanya ke dokter untuk meninjau lebih jauh terkait cacing pita tersebut. (Baca Juga: Cara Mengatasi Gusi Bengkak Pada Kucing)

Sponsors Link

  1. Memberikan Obat

Pergilah ke Pet Shop untuk membeli obat khusus kucing yang terjangkit cacing pita sebelum terlambat. Secepat mungkin jika anda telah menemui kondisi peliharaan seperti ini harus selangkah lebih cepat memberikan obat.

Biasanya pegawai Pet Shop sudah mengerti dengan kondisi yang anda ceritakan, sehingga mereka bisa memberikan obat yang di butuhkan untuk menunjang kesembuhan pada kucing.

Obat yang tersedia bervariasi, mulai dari obat tetes sampai dengan obat yang di campurkan ke dalam makanan atau minuman kucing.

  1. Pindahkan ke Tempat yang Nyaman

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan kucing pada tempat yang lebih kering. Perlu anda tahu bahwa keadaan lingkungan atau tempat kucing yang terlalu lembap mampu membawa bakteri pada kucing, dan salah satunya menggiring cacing pita untuk masuk dan menyerang si manis.

Dengan memindahkan kucing di tempat yang kering, selain lebih merasa nyaman maka kesehatan kucing akan berangsur pulih, dan semua cacing pita akan segera pergi. (Baca Juga: Cara Mengatasi Luka Bakar Pada Kucing)

  1. Berikan Suplemen

Selain obat seperti yang sudah disebutkan di atas, anda juga harus memberikan suplemen lain untuk membuat kekebalan tubuh pada kucing menjadi lebih baik. Jangankan ketika sakit, bahkan kucing pada saat sehat seharusnya harus di suplai dengan suplemen untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

  1. Memberikan Susu

Berikan susu kepada kucing saat sedang mengalami sakit dan terinfeksi oleh cacing pita. Susu mampu menetralkan keadaan tubuh kucing yang lemah.

Karena seperti yang kita tahu bahwa cacing pita mampu membuat tubuh kucing lemas hanya dalam sesaat. Dengan begini kucing juga akan terlihat lesu dan tidak gembira ketika diajak bermain.

Sponsors Link

  1. Membawa ke Dokter

Langkah yang paling akurat jika beberapa cara di atas tidak mengatasi, anda bisa membawa kucing pada dokter hewan. Tujuan ini sangat jelas untuk mengoreksi kondisi tubuh kucing lebih jauh lagi. Dokter lebih mengetahui keadaan kucing serta perkembangan kesehatan lebih lanjut. (Baca Juga: Cara Mengatasi Sesak Pada Kucing)

  1. Vaksinasi

Lakukan vaksinasi terhadap kucing agar semua cacing pita bisa di hancurkan. Sangat menyedihkan jika semua cacing-cacing tersebut hinggap lebih lama dalam tubuh manusia. Seharusnya vaksinasi di lakukan sebulan dua kali untuk minimalnya dan maksimal empat kali dalam sebulan.

Ketika kucing anda diserang cacing pita, segera berikan vaksin untuk menghentikan infeksi agar tidak semakin lama.

Menjaga kesehatan kucing memang gampang-gampang susah, tetapi jika anda sudah berniat untuk merawat kucing maka sudah sepantasnya menjaga kesehatan kucing. Berikan perawatan terbaik untuk sang kucing. Inilah 8 cara mengatasi Cacing Pita pada Kucing, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Saturday 28th, July 2018 / 09:18 Oleh :
Kategori : Kucing