Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Nafas Cepat Pada Kucing

Sponsors Link

Kucing merupakan hewan menggemaskan dan banyak dipelihara. Hampir semua orang mempunyai dan menyukai.

ads

Selain mempunyai face lucu, kucing identik dengan bulu lembutnya. Meskipun masing-masing ras berbeda, namun kucing tetap menjadi pilihan untuk piaraan di rumah. Setiap majikan tentu menemui masalah di tengah perawatan kucing mereka, mungkin juga anda.

Banyak sekali kondisi yang menghambat perkembangan sang kucing baik karena faktor kesehatan maupun nafsu makan yang semakin menurun.

Salah satu kondisi yang mengkhawatirkan bagi majikan atas kucingnya adalah nafas yang berhembus cepat pada kucing. Ini sudah menjadi tanda-tanda menurunnya kekebalan tubuh atau sedang mengalami sakit. Lalu apa saja cara mengatasi Nafas cepat pada Kucing?

Nafas cepat ini sudah menjadi bukti bahwa kucing sedang tidak sehat. Semua itu bisa karena faktor lingkungan yang kurang sehat, makanan dan sebagainya.

Oleh karena itu anda harus mengetahui penyebab utamanya, sehingga mampu mengatasi semua dan mencari solusi. (Baca Juga: Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan Pada Kucing)

Nafas yang terjadi pada kucing secara cepat bisa jadi mengindikasikan bahwa adanya gangguan pada saluran pernafasan. Ini juga bisa menjadi ciri dari kesakitan, ketakutan sangat, keracunan atau sebagainya. Berikut macam caranya yang dapat Anda lakukan.

Cara Mengatasi Nafas Cepat Pada Kucing

  1. Menggendong

Jika anda menemukan kucing anda dalam keadaan nafas yang cukup cepat, berikan stimulus seperti segera merangkul dan menggendongnya.

Dekapan anda mampu membuat kucing tenang, meski bukan menjadi penyembuh. Namun dengan cara ini setidaknya kucing merasa ada yang mempedulikan kondisinya. Sehingga tidak terjadi shock berlebih pada kucing saat anda menggendongnya. (Baca Juga: Cara Mengatasi Patah Tulang Pada Kucing)

  1. Membawa ke Dokter

Bawalah kucing pergi ke dokter, dan tanyakan keadaannya. Sehingga dengan mudah anda bisa mengetahui kondisinya dari hasil pemeriksaan dokter.

Dalam kasus seperti ini, khususnya dokter hewan lebih paham betul tentang kondisi kesehatan sang kucing. Disamping itu dokter juga akan memberikan vaksin, atau bisa memberikan obat khusus untuk meredakan nafas cepat yang dialami kucing.

  1. Pergi ke Pet Shop

Jangan terlalu panik jika menghadapi kucing yang ditemui dengan nafas cepat. Anda bisa pergi ke pet shop, menceritakan kepada pegawai pet shop tentang kondisi kucing anda. Dengan begitu anda akan dibantu mencari obat untuk mengatasinya. Bermacam-macam obatnya, mulai dari obat tetes, obat yang dicampurkan ke dalam makanan dan masih banyak lagi. (Baca Juga: Cara Mengatasi Gusi Bengkak Pada Kucing)

Sponsors Link

  1. Berikan Susu

Ketika anda menemui kucing sedang terengah-engah dengan nafas yang cepat, belum tentu semua itu karena sakit. Seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa hal itu bisa karena kucing yang merasa ketakutan.

Mungkin tengah dikejar-kejar oleh binatang lain atau sesama kucing lain. Nah, solusi yang tepat adalah dengan memberikan susu untuknya. Dengan begitu perhatian kucing akan beralih pada susu dan melupakan kejadian tersebut.

  1. Mengelus Kucing

Kucing sangat suka apabila ada majikan yang mengelusnya. Cobalah untuk melakukan hal itu ketika sang kucing mengalami nafas cukup cepat.

Perlakukan kucing dengan sebaik mungkin dan buatlah nyaman dengan anda. Dalam hal ini kucing sangat menantikan perlakuan tulus dan lembut terhadapnya. Disamping itu, ini juga mampu menjadi pendorong kedekatan antara anda dengan sang peliharaan tersayang. (Baca Juga: Tips Membawa Kucing Perjalanan Jauh)

  1. Berikan Tempat yang Nyaman

Saat kucing mengalami nafas cepat, pindahkan dari tempatnya ke tempat yang lebih nyaman. Jika biasanya anda meletakkan kucing di kandang tanpa alas, cobalah untuk memberikan alas berupa kain sebagai penghangat tubuhnya.

Bisa jadi ini suatu alergi atau kondisi kesehatan yang tidak stabil, sehingga akan wajar jika memberikan tempat nyaman untuknya.

  1. Berikan Suplemen

Belikan suplemen khusus untuk kucing, dan campurkan pada makanannya. Mungkin saja kekebalan tubuh sedang menurun, sehingga memerlukan suplemen atau asupan gizi lain untuk menunjang kesehatan dan kepulihannya kembali. (Baca Juga: Cara Mengatasi Sesak Pada Kucing)

Sponsors Link

  1. Bersihkan Kandang

Faktor lingkungan juga mempengaruhi kesehatan sang kucing. Anda bisa mengingatnya kembali, sudahkah kandang kucing terjamin kebersihannya?

Mungkin saja karena suatu kesibukan, anda tidak sempat membersihkan kandang secara rutin. Sehingga hal itu menimbulkan bakteri yang menumpuk dan menyebarkan virus terhadap sang kucing hingga mengalami nafas sangat cepat. Minimal sebuah kandang kucing di bersihkan sekali dalam sehari, memastikan kotorannya telah di buang.

Nah, cobalah anda untuk membersihkan kandang kucing serutin mungkin. Karena tidak semua kucing mempunyai kekebalan tubuh yang sama.

Ada yang rentan sakit, terutama kucing ras yang identiknya agak sulit cara perawatannya, berbeda dengan kucing kampung liar yang tahan terhadap berbagai macam penyakit lantaran memang dari kecil kehidupan kucing liar sudah berada di alam liar dengan keadaan seadanya. (Baca Juga: Tips Kucing Tidak Keluar Rumah)

Merawat kucing memang tidak segampang yang di lakukan pada umumnya, tetapi juga tidak sulit. Semua tergantung dari ketlatenan setiap orang yang memeliharanya.

Namun yang pasti, dalam memelihara kucing, yang terpenting adalah selalu memantau lingkungan seperti kandang serta kesehatannya. Semoga artikel tentang 8 cara mengatasi Nafas cepat pada Kucing ini bisa membantu anda semua.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 28th, July 2018 / 09:22 Oleh :
Kategori : Kucing