Sponsors Link

15 Tips Kucing Tidak Keluar Rumah

Untuk membuat kucing peliharaan merasa bahagia tidak selalu harus dilakukan dengan cara membiarkan kucing keluar dari rumah.

Cara terbaik untuk membuat kucing rumahan merasa bahagia adalah dengan memberikan stimulasi dan juga hiburan secara tepat dan teratur.

Selain stimulasi mental dan juga olahraga, kucing rumahan juga memerlukan lingkungan aman dan nyaman, makanan dan minuman terbaik dan juga perawatan kesehatan dan tubuh dengan teratur.

Jika anda bisa memenuhi berbagai hal tersebut, maka tentunya bisa membuat kucing anda merasa bahagia meski harus berada di dalam rumah.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak beberapa tips kucing tidak keluar rumah yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Bangun Lingkungan Nyaman Untuk Kucing

Kucing rumahan umumnya sudah terbiasa untuk menghibur dirinya sehingga akan sering menjelajahi rumah sekaligus bermain dengan apa saja yang ia lihat.

Meskipun begitu, anda sebagai pemilik tetap harus memperhatikan dan memeriksa seisi rumah untuk memastikan jika tidak ada sesuatu barang yang bisa menyakiti kucing anda.

  • Kucing kemungkinan bisa melompat keatas permukaan. Meskipun permukaan tersebut tinggi, bukan tidak mungkin kucing juga bisa menjelajahi area tersebut.
  • Singkirkan segala benda yang bisa menarik perhatian kucing seperti benda berkilau, wol, tali sepatu dan berbagai benda lain.
  • Pastikan juga untuk merapikan benda tersebut agar tidak tergigit dan tertelan yang bisa mengganggu kesehatan usus dan membutuhkan operasi.
  1. Singkirkan Segala Racun Dalam Rumah

Karena kucing akan selalu berada di dalam rumah, maka pastikan semua alat kebersihan dan zat kimia berada di tempat yang aman dan tidak terjangkau sebab ada banyak zat kimia yang sering kita gunakan namun sebenarnya merupakan racun untuk kucing dan bisa menyebabkan tanda tanda kucing akan mati.

Pembersih lantai mengandung benzalkonium klorida yang bisa menyebabkan luka bakar di lidah atau garis mulut kucing.

Kucing yang berjalan pada lantai basah bisa menjilati kakinya sehingga pembersih lantai ikut tertelan kemudian menyebabkan bisul pada lidah yang menyebabkan kucing tidak mau makan.

  1. Periksa Berbagai Tanaman Beracun

Meski tinggal di dalam rumah, terkadang ada beberapa jenis tanaman yang juga ada di dalam rumah namun mengandung racun bagi kucing.

Bunga bakung sebaiknya dijauhkan karena serbuk sari bunga bakung beracun untuk kucing dan menyebabkan gagal ginjal dan penyebab kucing tidak mau makan.

Beberapa jenis tanaman lain yang harus disingkirkan adalah mistletoe, azalea, hydrangea, daffodil dan poinsettia.

  1. Siapkan Tempat Buang Air

Kucing membutuhkan privasi ketika akan buang air sehingga kotak pasir sebagai tempat buang air harus diletakkan pada area sepi sehingga tidak terganggu.

Jika anda memiliki lebih dari satu kucing, maka pastikan setap kucing memiliki satu kotak pasir yang berbeda.

Selain itu, siapkan juga beberapa kotak pasir cadangan untuk berjaga jaga. Pastikan kotak pasir tetap dalam keadaan bersih supaya kucing bisa nyaman ketika buang air.

Bersihkan kotoran dan segala noda setiap hari dan ganti kotak pasir secara keseluruhan setiap 1 minggu sekali.

  1. Berikan Makanan dan Minuman Berkualitas

Kucing yang tidak keluar rumah akan lebih cepat gemuk dibandingkan kucing liar sebab kurang bergerak dan berolahraga.

Berikan makanan kucing sesuai takaran yang disarankan dalam kemasan.

Apabila berat badan kucing bertambah yang bisa terlihat dari tulang rusuk kucing sulit diraba, maka kurangi makan harian kucing anda.

  • Sediakan juga air bersih setiap hari agar terhindar dari dehidrasi dan cara mengobati kucing sakit lemas.
  • Pertimbangkan juga makanan kucing mengandung kalori tidak terlalu banyak untuk menyesuaikan dengan gaya hidup kucing anda.
  • Asah juga insting kucing dengan menggunakan mainan yang mengharuskan kucing untuk berusaha mendapatkan makanannya.
  1. Sediakan Tempat Menyendiri Untuk Kucing

Seperti manusia, kucing juga terkadang membutuhkan waktu untuk sendiri bahkan ketika tidur bersama anda saat malam hari khususnya ketika sedang memperlihatkan ciri ciri kucing stres.

Anda bisa menyediakan tempat tidur kucing ataurumah kucing sehingga ia bisa berdiam pada tempat tersebut ketika ingin sendiri.

  1. Siapkan Tiang Garukan

Mencakar sudah menjadi hal alami yang dilakukan setiap kucing dan ia akan selalu mencakar segala sesuatu untuk meninggalkan aroma sebagai penanda untuk kucing lainnya jika itu adalah daerahnya.

Karena kucing tidak bisa keluar rumah, maka anda harus menyediakan tiang garukan sebagai tempat kucing untuk mencakar atau ia akan mencari tempat untuk mencakar sendiri dan merusak perabotan di rumah anda.

  • Perhatikan apakah kucing anda mencakar secara horizontal seperti sepanjang karpet atau vertikal seperti ke atas sofa. Sediakan tiang penggaruk yang sesuai dengan kebiasaan kucing tersebut supaya cocok dan tidak mencakar di area lainnya.
  • Pastikan juga ukuran tiang lebih tinggi dari tubuh kucing dan tempatkan pada area yang kuat sehingga tidak bergerak ketika digunakan kucing.
  • Tempatkan juga tiang cakaran dekat dengan tempat tidur kucing sebab kucing senang menggaruk ketika baru bangun tidur.
  1. Berikan Olahraga Cukup

Meski kucing ada di dalam rumah, anda juga harus memastikan kucing tetap mendapatkan olahraga cukup.

Jadwalkan olahraga harian untuk kucing anda seperti menyediakan tongkat bulu kecil, mainan tikus atau bahkan hanya tali atau benang yang sangat disukai kucing.

  • Goyangkan tingkat bulu setinggi tubuh kucing anda.
  • Lemparkan mainan tikus dan biarkan ia bergulat dengan mainan tersebut.
  • Pegang ujung tali atau benang dan berlarilah di dalam rumah sambil menggoyangkan benang tersebut.
  1. Berikan Stimulasi Mental

Kucing merupakan hewan pemburu sehingga di sebagian waktu akan aktif berburu dan sebagian waktu lain akan dipakai untuk bermalas malasan.

Meski kucing senang tidur, namun ia juga butuh stimulasi mental seperti mencium bau tikus, menguntit dan juga menangkap tikus tersebut.

Jika ini tidak dilakukan, maka kucing bisa bosan dan frustasi yang kemudian menimbulkan berbagai masalah di dalam rumah seperti mengotori area dalam rumah, mencakar segala sesuatu atau bahkan agresif terhadap hewan peliharaan lain dan membuat kucing sakit dan menjadi penyebab kucing muntah.

Pastikan anda memiliki beberapa benda menarik yang bisa dimainkan oleh kucing untuk menstimulasi mentalnya.

  1. Biarkan Kucing Mendapatkan Pemandangan Luar

Kucing yang tidak keluar rumah juga membutuhkan tenggeran tinggi dan juga jendela.

Hal ini harus disediakan agar bisa menghibur kucing dengan cara melihat pemandangan di luar rumah. Sedangkan tenggeran tinggi berguna untuk memenuhi kebutuhan kucing sebab ia merupakan pemanjat pohon alami.

  • Jika anda tinggal pada apartemen, maka pastikan balkon adalah area aman untuk kucing agar tidak terjatuh. Pertimbangkan juga untuk memagari balkon sehingga ketika ia sedang melihat pemandangan, maka tidak menyebabkan risiko.
  • Pastikan jendela aman dan tidak bisa dilalui kucing dengan cara memeriksa sekat untuk memastikan sekat tersebut tidak rusak.
  1. Latihan Untuk Membangun Bonding

Tidak hanya anjing saja yang harus mendapatkan latihan kepatuhan, namun kucing juga membutuhkan latihan kepatuhan yang juga penting untuk cara menjinakkan anak kucing.

Anda bisa melatih kucing memakai clicker untuk memberikan stimulasi mental agar bisa membangun ikatan atau bonding antara anda dengan kucing anda.

Latihan ini hampir serupa dengan latihan anjing namun anda harus lebih bersabar untuk mengetahui apa yang bisa memotivasi kucing supaya bisa mengikuti perintah yang anda berikan.

  1. Berikan Mainan Ketika Pergi

Berikan juga mainan untuk kucing anda ketika anda sedang pergi atau tidak sempat main bersama kucing anda.

Beberapa mainan yang bisa anda berikan diantaranya adalah catnip atau tikus mainan atau benda benda baru lainnya yang aman dan disukai kucing.

Sedangkan jika anda memiliki waktu, maka luangkan waktu tersebut bersama kucing anda.

Berikan perhatian dan kasih sayang cukup pada kucing anda agar ia bisa hidup lebih lama dengan bahagia.

  1. Berikan Perawatan Untuk Kucing

Perawatan  atau cara grooming kucing juga dibutuhkan oleh kucing meski hanya sesekali saja.

Kuku kucing harus selalu digunting sebab kucing rumahan tidak akan memakai kuku tersebut karena hanya berada di dalam rumah.

  • Sisir juga bulu kucing jika ia memang menyukainya. Kucing juga kemungkinan akan mengizinkan anda untuk menyisir area perut ketika ia sedang manja meski sebenarnya kucing juga bisa merawat dirinya sendiri.
  • Periksa apakah kucing memiliki kutu dan segera berikan semprotan anti kutu atau bawa ke dokter hewan untuk perawatan.
  1. Kebiri Kucing Anda

Jika kucing tidak dikebiri, maka sifat teritorial mereka akan lebih terlihat yang dilakukan untuk menandakan jika rumah tersebut adalah area kekuasaannya dan akan memberi tanda dengan urin serta kotoran sekaligus memperbesar tanda kucing depresi.

Urin dan kotoran tersebut bisa menjadi daya tarik hewan liar lain yang kemudian akan datang ke rumah anda sehingga membuat kucing anda merasa terancam karena keberadaan kucing lain didaerahnya.

  1. Berikan Vaksin

Meski kucing tidak keluar dari rumah, namun beberapa vaksin infeksi virus tetap dibutuhkan seperti feline distemper yang biasanya terbawa bersama sepatu anda lalu lanjutkan dengan cara perawatan kucing setelah vaksin.

Selain itu, jika kucing keluar tiba tiba, maka sistem imunnya yang tidak pernah terserang akan semakin rentang dengan penyakit.

Kucing yang tidak keluar rumah atau berburu juga membutuhkan obat cacing sebanyak 2 kali dalam setahun sebab kucing akan terlahir dengan cacing yang didapat dari induknya sehingga akan tinggal dan menetas di sepanjang usia kucing anda.

, , ,
Post Date: Friday 13th, July 2018 / 07:02 Oleh :
Kategori : Kucing