Sponsors Link

15 Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas dengan Cepat

Sponsors Link

Buat kamu yang memiliki hewan peliharaan kucing, pasti selalu mengharapkan kucingmu terawatt dan sehat. Kamu selalu berusaha menjaga kebersihan kendang kucing, tempat kotorannya, hingga memperhatikan asupan makanannya. Tidak jarang kamu membawa kucing kesayanganmu ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan tambahan, misalnya imunisasi atau vitamin. Namun, sama seperti manusia, kucing peliharaan pun bisa saja mengalami sakit hingga badannya kurus dan lemas. Penyakit bisa saja datang menyerang kucing tanpa bisa dihindari.(baca: Ciri – ciri Kucing Akan Melahirkan)

ads

Tentu saat kucingmu sakit kamu akan merasa khawatir. Namun, sebaiknya kamu mengenali dulu penyebab yang mungkin menjadi awal mula kucingmu sakit. Dengan mengenali penyebabnya, kamu akan bisa memberi penanganan yang lebih tepat.

Beberapa penyebab kucing sakit hingga badannya lemas, antara lain:

  • Makan terlalu cepat.
  • Makanan yang sulit dicerna, misalnya teksturnya yang terlalu keras.
  • Muntah-muntah akibat virus.
  • Keracunan. (baca: Cara Menghilangkan Kutu Kucing)

Biasanya, ketika kucig mengalami hal-hal di atas, kucing akan muntah-muntah atau mencret, yang jika dibiarkan kucing tersebut akan semakin lemas. Tentu saja, kamu sebagai pemilik kucing yang baik tidak boleh membiarkannya. Kamu harus bisa memberi penanganan yang tepat agar kucing kesayanganmu bisa sembuh kembali. Berikut ini akan dibahas 15 cara mengobati kucing sakit lemas:

  1. Beri air minum yang bersih

Kucing yang lemas karena muntah atau mengalami diare, rentan mengalami dehidrasi. Hal ini diakibatkan banyaknya cairan yang keluar dari tubuhnya. Oleh karena itu, berilah kucing kesayanganmu air minum yang bersih. Sebisa mungkin ganti air di tempat minumnya dengan air yang baru, karena dikhawatirkan ada virus atau bakteri yang tersisa di tempat minumnya yang lama. Dengan minum air yang cukup, pencernaan kucing akan terbantu untuk segera pulih kembali. (baca: Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok)

  1. Beri multivitamin

Kamu juga bisa menambahkan multivitamin pada makanannya. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan daya tubuh sehingga tubuh kucing pun bisa kembali segar. Pemberian multivitamin juga bisa membantu tubuh kucing melawan virus yang mungkin menyebabkan kucing sakit lemas.

  1. Pancing dia untuk bermain

Bisa saja kucingmu tampak sakit lemas karena dia sedang malas dan tidak ingin bermain. Hal ini cukup umum terjadi jika kucing kesayanganmu sedang hamil. Jika memang ini yang terjadi, sebaiknya kamu tidak memaksanya untuk bermain lincah seperti biasanya. Biarkan dia bermalas-malasan, asalkan dia tetap mau makan dan minum seperti biasa. (baca: Cara Menggemukan Kucing Kampung)

ads
  1. Hangatkan tempat tidurnya

Kucing sakit lemas juga bisa disebabkan oleh suhu tubuhnya yang turun. Jika dibiarkan, bisa-bisa kucingmu terserang hipotermia. Oleh karena itu, untuk menolongnya kamu bisa membantu menghangatkan tempat tidurnya, misalnya dengan menumpuk handuk kering di tempat tidurnya. Kamu juga bisa memanfaatkan lampu pijar di bawah 15 watt untuk menghangatkan tempat kucing tidur.

  1. Suapi dengan susu kucing

Susu khusus kucing mengandung taurine dan aneka nutrisi penting lainnya yang bisa diberikan kepada kucing saat dia sakit lemas. kamu bisa menyuapinya dengan sendok kecil, sedotan ataupun syringe (suntikan tanpa jarum). Jika kucing peliharaanmu termasuk kucing yang menyukai susu, dia akan bisa minum dengan lahap. Tentu hal ini akan menambah energinya dan mempercepat penyembuhannya.

  1. Beri bubur beras merah

Kamu juga bisa memberi bubur beras merah instan yang banyak dijual di warung ataupun supermarket. Bubur beras merah ini juga sangat bergizi dan bisa membantu kucing memperkuat tubuhnya melawan penyakit yang sedang menyerangnya.  (baca: Ciri – ciri Kucing Rabies)

  1. Beri makanan dryfood

Untuk mempermudah pemberian makanan dryfood, kamu bisa menghancurkannya dan mencampurkannya dengan sedikit air hangat. Tunggulah hingga dingin baru kemudian suapkan makanan tersebut ke mulut kucing kesayanganmu. Memastikan asupan makanannya mencukupi merupakan satu cara untuk mengobati kucing sakit lemas. (baca: Cara Melebatkan Bulu Kucing)

  1. Beri oralit

Jika kucingmu sakit lemas akibat diare ataupun muntah, kamu juga bisa memberikan oralit untuknya. Kamu bisa membuat oralit sendiri, yaitu dengan mencampur gula dan garam lalu encerkan dengan air. Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa menggunakan gula merah, alih-alih gula pasir biasa. Sama seperti pada manusia, pemberian cairan oralit pada kucing juga akan bisa membantu kucing mencukupi kebutuhan cairannya dan terhindar dari dehidrasi.

  1. Beri minum air kelapa muda

Hampir sama dengan oralit, air kelapa muda bisa menjaga kucing peliharaanmu agar tidak dehidrasi. Air kelapa muda mengandung elektrolit yang baik untuk tubuh dan menjaga tubuh tetap segar. Hal ini ternyata tidak hanya berlaku untuk manusia, melainkan juga pada kucing. (baca: Ciri – ciri Kucing Anggora)

Sponsors Link

  1. Tambahkan kuning telur pada makanannya

Kuning telur dikenal kaya akan nutrisi dan protein tinggi yang baik untuk tubuh. Dengan menambahkan kuning telur pada makanan kucing, tubuh kucing akan semakin kuat dan tidak lagi lemas. Pastikan kamu memberi kuning telur yang sudah matang, dengan mengukus kuning telur tersebut dan campurkan ke makanan kucing. Jangan digoreng, ya! (baca: Tanda – tanda Kucing Hamil)

  1. Tambah asupan raw food

Kucing peliharaan bisa saja tampak sakit dan lemas karena kekurangan nutrisi dan asupan makanan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menambah asupan raw food, yaitu makanan yang mengandung banyak protein. Misalnya, ayam, ikan, minyak zaitun dan lain-lain. Potong kecil-kecil makanan tersebut dan campur ke dalam makanan khusus kucing yang biasa kamu berikan ke kucingmu. (baca: Cara Menggemukan Kucing)

  1. Beri obat cacingan

Kucing juga bisa tampak sakit lemas akibat dia sedang cacingan. Hal ini cukup umum terjadi pada kucing yang masih kitten atau bayi. Lemas akibat cacingan ini wajar, karena cacing di perutnya pasti akan menyerap nutrisi di tubuh kucing sehingga kucing itu kekurangan nutrisi untuk dirinya sendiri. Jika memang ini penyebab kucingmu sakit lemas, berilah obat cacing khusus kucing yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di petshop.

  1. Jangan beri obat untuk manusia

Kandungan obat pada manusia bisa saja tidak cocok dan justru berbahaya bagi nyawa si kucing. Jika memang kucingmu tidak kunjung membaik setelah kamu memberi makanan tambahan dan oralit, kamu perlu saran dari dokter yang lebih berpengalaman.

  1. Bawa ke dokter hewan

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, memberi obat manusia kepada kucing bukanlah hal yang disarankan. Bukannya membaik, bisa saja kucingmu justru keracunan. Maka, kamu harus membawa kucingmu ke dokter agar kucing kesayanganmu mendapatkan pemeriksaan yang lebih akurat. Selain itu, dokter akan lebih tahu obat yang harus diberikan untuk si kucing kesayanganmu.

  1. Bersihkan kandangnya

Kamu juga harus memastikan kendang kucingmu bersih. Jika kucingmu muntah, segera lap dan bersihkan bekas muntahannya. Usahakan juga untuk menyemprot bekas muntahannya dengan cairan disinfektan. Hal ini akan mencegah sakit kucingmu semakin parah ataupun penularan penyakit ke kucing lain.

Nah, kini kamu tidak perlu lagi terlalu khawatir jika kucingmu tiba-tiba sakit lemas. Hal utama yang perlu kamu perhatikan adalah penyebab dari sakit lemas pada kucing tersebut untuk kemudian kamu bisa memutuskan tindakan apa yang paling tepat untuk diberikan pada kucing kesayanganmu. Semangat, ya!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 17th, May 2017 / 05:10 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing