Sponsors Link

15 Cara Menggemukkan Kucing Kampung yang Efektif

Sponsors Link

Saat kamu memutuskan untuk mengadopsi seekor kucing, kamu pasti sudah membayangkan betapa lucu dan menggemaskannya bermain dengan kucing. Kucing yang lucu, berbulu tebal dan berbadan gemuk akan membuat kucing tersebut semakin menggemaskan. Apakah selama ini kamu berpikir kucing ras saja yang bisa gemuk? Mungkin kamu harus mengubah pendapatmu sekarang.

ads

Kucing kampung juga bisa menjadi gemuk dan menggemaskan jika diberi perawatan yang tepat. Tidak hanya itu, kucing kampung juga bisa memiliki bulu yang lebat dan tidak mudah rontok. Makanan, vitamin, dan lingkungan akan mempengaruhi pertumbuhan badan dan bulu kucing. Untuk itu, jika kamu menyukai kucing yang gemuk, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memelihara kucing kampung. Namun, kamu juga harus mempelajari cara menggemukkan kucing kampung berikut ini:

  1. Tambah nafsu makannya

Makan  banyak pastilah merupakan cara pertama untuk membuat kucing kampung gemuk. Dengan menambah nafsu makannya, asupan kalori yang masuk ke tubuh kucing akan lebih banyak dibanding kalori yang terbakar. Hal ini jika dilakukan terus menerus tentu akan membuat kucing kampung kesayanganmu semakin gemuk dan menggemaskan. Cara mudah untuk menambah nafsu makan kucing adalah dengan mendekatkan makanan kesukaannya ke hidungnya. Hal ini akan memancing nafsu makan kucingmu dan membuatnya makan meski sedang tidak terlalu lapar. (baca: Penyebab Kucing Tidak Mau Makan)

  1. Beri makanan dengan protein tinggi

Seperti yang telah diketahui, protein merupakan sumber makanan yang tepat untuk menambah massa otot dan berat badan. Hal ini juga berlaku pada kucing. Kamu bisa menambah asupan protein pada makanan kucing. Misalnya, kamu menambah ikan, daging, ataupun kuning telur ke dalam makanannya. Kamu bisa merebus bahan makanan tersebut dan campur ke dalam makanan basahnya.

Untuk hasil yang baik, berikan makanan ini dua hingga tiga kali seminggu. Kamu juga bisa menambahkan dry food ke dalam makanannya, namun pastikan dry food ini hanya sebagai camilan saja untuk kucingmu. Pastikan kamu memilih dry food yang tidak menggunakan pewarna yang berbahaya bagi kesehatan ginjal kucing.

  1. Sesuaikan makanan dengan kebutuhan kucing

Kamu bisa menyesuaikan makanan yang kamu beri dengan kebutuhan makan kucing. Jangan paksa kucing kesayanganmu untuk terus menerus makan biscuit, misalnya. Kamu bisa mengganti makanan dengan berbagai variasi agar kebutuhan gizinya pun terpenuhi dari variasi makanan tersebut. Dengan memberi makanan yang bervariasi, kamu juga menjaga agar kucingmu tidak bosan dengan makanannya sehingga nafsu makannya pun akan terjaga. (baca: Tanda – tanda Kucing Hamil)

  1. Tambah vitamin kucing

Vitamin juga memiliki peran penting dalam membuat tubuh kucing kampungmu gemuk. Kamu bisa memberi vitamin berupa minyak ikan kepada kucingmu. Minyak ikan ini akan membantu meningkatkan nafsu makan si kucing kesayangan sehingga dia pun akan lebih mudah gemuk.

  1. Campur minyak ikan dengan nasi hangat

Kucing kampung terkenal mudah pemeliharaannya karena dia tidak pilih-pilih makanan. Kamu bisa memberi nasi hangat sebagai makanan kucingmu yang irit dan praktis. Untuk membuatnya lebih bernutrisi, campur nasi tersebut dengan minyak ikan. Kalau kamu tidak mempunyai minyak ikan, kamu bisa juga menggantinya dengan minyak sisa menggoreng. Cara ini dianggap cukup ampuh untuk membuat kucing kampung cepat gemuk!

  1. Beri vaksin

Kamu juga disarankan untuk memberi kucing kesayanganmu vaksin. Tujuannya adalah agar kesehatan kucingmu tetap terjaga. Vaksin bisa membantu daya tahan tubuh kucing sehingga dia lebih kuat melawan virus yang menyerang. Jika kucingmu sehat, maka dia akan lebih cepat gemuk dan segar, bukan?

Sponsors Link

  1. Pastikan mood kucing baik

Kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana bisa mood dapat membantu menggemukkan kucing? Kucing yang stress akan lebih mudah sakit dan nafsu makannya pun bisa memburuk. Jika hal ini terjadi, tentu saja akan membuat tubuh kucing lemas dan kurus. (baca: Ciri- ciri Kucing Anggora)

Oleh karena itu, jagalah agar kucingmu tidak kehilangan moodnya. Pastikan lingkungannya nyaman dan jauh dari gangguan kucing yang nakal. Kamu juga bisa mengajaknya bermain yang juga bermanfaat agar kucingmu aktif bergerak.

  1. Beri makan setelah lelah bermain

Kamu pasti suka bermain dengan kucingmu? Bermain dengan kucing akan sangat baik untuk kesehatan kucing, karena selain membuatnya aktif bergerak, dengan bermain kucing kesayanganmu pun akan merasa senang. Hal ini akan membantu menjaga moodnya agar tidak stress.

Setelah lelah bermain, kamu bisa segera memberinya makanan lagi. Makan setelah lelah bermain, akan membuat makanan tersebut lebih mudah diserap oleh tubuh kucing. Selain itu, kucingmu pun akan sangat semangat untuk makan setelah dia lelah bermain denganmu. (baca: Cara Melebatkan Bulu Kucing)

  1. Batasi waktu bermainnya

Memang, kamu disarankan untuk mengajak kucingmu bermain. Namun, kamu harus membatasi waktu bermainnya. Jangan sampai kucingmu merasa kelelahan atau terlalu banyak beraktivitas. Banyak berlari, melompat ataupun berjalan akan membakar banyak kalori di tubuhnya. Jika hal ini terjadi, maka kucingmu akan semakin sulit untuk gemuk. (baca: Ciri – ciri Kucing Rabies)

  1. Beri pendingin ruangan

Pastikan tempat tidur atau tempat dia bermalas-malasan memiliki suhu udara yang cukup dingin. Dengan udara yang dingin, kucing akan merasa malas untuk banyak bergerak sehingga dia akan banyak tidur dan bermalas-malasan. Hal ini juga akan membuatnya nyaman. Tubuhnya pun akan semakin gemuk jika kerjanya hanya makan dan tidur saja.

  1. Beri susu khusus kucing

Susu merupakan satu minuman kaya protein yang baik untuk tubuh kucing. Maka, kamu pun bisa menambahkan susu pada menu makanannya. Namun, sebaiknya kamu berhati-hati dalam memilihkan susu untuk kucing kesayanganmu. Jangan beri dia susu sapi. Hal ini dikarenakan protein dalam susu sapi akan sulit dicerna oleh kucing sehingga justru bisa membuat kucingmu mengalami diare.

  1. Sisa makanan rumah pun bisa dimanfaatkan

Tidak mungkin kan kamu setiap hari memberi ikan, daging ataupun telur untuk kucingmu? Tentu jika demikian, ongkos yang harus kamu keluarkan untuk memelihara kucing kampung tersebut sangat mahal. Nah, supaya lebih irit, kamu bisa memanfaatkan sisa makanan rumah untuk kucingmu.

Tulang belulang atau kepala ikan sangat bisa kamu manfaatkan untuk makanan kucingmu. Selain hemat, kucingmu pun akan sangat menyukainya. (baca: Cara Menghilangkan Kutu Kucing)

Sponsors Link

  1. Cek kesehatan kucingmu

Terkadang, gemuk bukan berarti sehat. Kamu boleh saja menambah asupan makanan dan minumannya, naamun pastikan bahwa semua makanan yang dimakan oleh kucingmu akan membuat tubuhnya tetap sehat. Jangan sampai semua makanan yang kamu berikan justru membuat kucingmu mengalami penyakit tertentu.

  1. Suguhi kucing dengan makanan berbau tajam

Kamu juga bisa memancing kucing agar semakin berselera makan dengan memberinya makanan berbau tajam. Misalnya, ikan goreng, ikan asin, ataupun makanan lain yang beraroma. Cara ini akan membuatnya tertarik dan ingin makan meskipun dia belum terlalu merasa lapar.

  1. Lihat riwayat kesehatan kucingmu

Apakah setelah kamu melakukan banyak cara di atas kucing kampung kesayanganmu tidak kunjung gemuk? Mungkin kucingmu memang memiliki bakat kecil atau kurus secara genetic. Cobalah untuk melihat apakah induk kucing kampung tersebut berbadan kecil juga? Karena jika ya, akan sangat sulit untuk kucingmu bisa tumbuh gemuk dan besar. Hal maksimal yang bisa kamu lakukan adalah mencukupi nutrisinya untuk membuatnya lebih sehat dan besar, setidaknya jika dibandingkan dengan induknya.

Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 18th, May 2017 / 09:55 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing