Sponsors Link

15 Tanda-Tanda Kucing Hamil yang Mudah Dikenali

Sponsors Link

Kucing, seperti hewan mamalia lainnya, akan bisa mengalami masa kehamilan untuk kemudian menghasilkan keturunannya. Sebagai pemilik kucing peliharaan, kamu harus mengenali ciri-ciri yang mungkin ditunjukkan oleh kucingmu saat ia hamil. Layaknya pada manusia, mengenali kehamilan pada kucing dapat membantumu untuk mempersiapkan kelahiran bayi kucing nantinya, misalnya dengan menambah asupan vitamin ataupun merencanakan apakah bayi kucing nanti akan dipelihara atau diberikan kepada orang lain untuk diadopsi.

ads

Tanda-tanda kucing hamil bisa saja cukup sulit untuk dikenali. Tidak seperti manusia yang suka ngidam atau morning sickness, kucing akan tampak biasa saja saat hamil. Namun, bukan berarti kamu sama sekali tidak bisa mengenali tanda-tandanya. Kamu juga bisa mengamati perubahan pada kucingmu untuk mengetahui apakah kucing kesayanganmu tersebut sedang hamil atau tidak.

Mengenali Ciri – Ciri Kucing Hamil

Kucing betina biasanya akan bisa hamil saat menginjak usia empat bulan, meskipun pada usia ini kucing betina dianggap masih terlalu kecil untuk hamil. Usia ideal untuk seekor kucing hamil adalah saat menginjak usia 12 bulan. Masa kehamilan pada kucing ras maupun kucing kampung adalah sekitar 60 hingga 67 hari, atau sekitar 9 minggu. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan kucing bisa hamil selama 70 hari.

Jika kamu berniat untuk mengembangbiakkan kucing (breeder), kamu perlu mengenali tanda-tanda kucing hamil agar bisa memastikan keturunan kucing tersebut lahir dengan sehat. Berikut ini beberapa tanda-tanda kucing hamil yang bisa kamu kenali:

  1. Puting susu memerah dan membesar

Hal ini biasanya terjadi pada hari ke-15 atau ke-18 sejak kehamilan dimulai. Putting susu yang memerah dan membesar, atau bisa disebut juga sebagai pinking up, merupakan tanda bahwa kucing tersebut sedang mempersiapkan dirinya untuk menyusui jika bayinya telah lahir. Namun, perlu diketahui bahwa tanda-tanda ini bukan saja merupakan tanda kucing hamil. Puting susu memerah dan membesar juga bisa menjadi tanda bahwa kucing kesayanganmu sedang dalam masa birahi. (baca: Cara Menggemukan Kucing)

  1. Punggung kucing melengkung

Biasanya punggung kucing akan tampak datar dan biasa, tapi saat kucing hamil kamu bisa mengamati bahwa punggungnya tampak agak melengkung. Tanda-tanda ini akan membuat kucingmu tampak seperti keledai berukuran kecil, apalagi ditambah dengan perutnya yang mulai membesar, seperti yang akan di poin selanjutnya.

  1. Perutnya membulat

Periksalah juga apakah perutnya sedikit membulat atau menggembung. Jika hasilnya ya, maka kemungkinan besar kucingmu sedang mengandung. Namun, sebaiknya kamu berhati-hati saat melakukan hal ini. Menekan perut kucing yang sedang hamil, jika terlalu keras, bisa saja menimbulkan resiko keguguran pada kucing. Oleh karena itu, ada baiknya kamu membawanya ke dokter hewan alih-alih memeriksanya sendiri. Tanda-tanda ini akan tampak semakin jelas saat kehamilannya telah mencapai masa akhir. (baca: Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas)

ads
  1. Rambutnya mudah rontok

Kucing betina yang sedang hamil, biasanya akan mengalami kerontokan pada bulunya. Kamu juga bisa mengamati bahwa bulu kucingmu tampak lebih tipis dibanding biasanya. Hal ini disebabkan kehamilan yang dialami oleh kucing menimbulkan diproduksinya hormon tertentu yang mempengaruhi produksi minyak di lapisan kulitnya. Namun, sebaiknya kamu tidak perlu khawatir. Kerontokan ini biasanya akan berakhir setelah satu atau dua minggu.

  1. Nafsu makan meningkat

Apakah kamu mengamati bahwa kucingmu semakin sering makan? Jika ya, kemungkinan besar kucingmuu sedang hamil. Biasanya, kucing betina yang sedang hamil akan lebih banyak makan saat kehamilannya menginjak usia tiga minggu sejak kehamilan karena dia merasa bahwa kebutuhan nutrisinya meningkat. (baca: Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok)

  1. Morning sickness

Siapa bilang yang mengalami morning sickness saat hamil hanya manusia? Ternyata kucing pun demikian. Meski tidak selalu tampak jelas, beberapa kucing akan tampak mual dan malas makan pada awal-awal dia hamil. Kamu sebagai pemiliknya, harus waspada, ya!  (baca: Ciri – ciri Kucing Anggora)

  1. Muntah

Kucing juga bisa muntah-muntah sebagai dampak dari morning sickness yang dialaminya. Jika hal ini terjadi, ada baiknya jika kamu segera membawanya ke dokter agar kucingmu mendapat pemeriksaan yang lebih akurat. Bisa saja, kan, kucingmu muntah karena keracunan makanan? (baca: Cara Melebatkan Bulu Kucing)

  1. Lebih pendiam

Jika biasanya kucingmu merupakan makhluk yang ceria, lincah dan suka bermain, tanda-tanda satu ini mungkin akan mudah kamu amati. Kucing yang sedang hamil cenderung berubah menjadi lebih lembut dan tenang dibanding biasanya. Dia juga akan lebih banyak tidur dan beristirahat dibandingkan bermain denganmu. Kamu mungkin akan menganggapnya malas, namun inilah tanda-tanda kucing hamil dan kamu harus memahaminya.

  1. Lebih suka mencari perhatian

Kucing pada dasarnya merupakan hewan yang manja. Namun, saat kucing kesayanganmu sedang hamil, dia akan menjadi lebih manja daripada biasanya. Dia mungkin akan suka mendekat ke arahmu untuk sekedar bersantai dan minta belaianmu. Maka, kamu sebagai catlovers yang baik, harus memahami ini dan belailah kucingmu dengan penuh kasih sayang. (baca: Ciri – ciri Kucing Rabies)

Sponsors Link

  1. Berhentinya siklus birahi

Kamu mungkin mengamati bahwa ada waktu-waktu tertentu dimana kucingmu memasuki masa birahi. Namun, siklus yang telah kamu amati ini berhenti tiba-tiba. Kucingmu tampak tidak memiliki birahi dan hal ini merupakan tanda-tanda kucing hamil. (baca: Cara Menggemukan Kucing Kampung)

  1. Bersikap defensive

Kucing yang sedang hamil juga bisa berubah sikap menjadi lebih protektif sehingga terkesan ‘galak’ kepada kucing lainnya. Ini mungkin merupakan bentuk kasih sayang ibu kucing kepada calon bayinya. Kucing kamu tidak mau calon bayinya dilukai atau diganggu oleh kucing lainnya. (baca: Cara Menghilangkan Kutu Kucing)

  1. Nomaden

Apakah kamu telah memberi tempat tidur khusus untuk kucingmu? Jika ya, mungkin saja saat dia hamil, dia tidak ingin tidur di tempat biasanya. Kucing yang sedang hamil akan cenderung berpinda-pindah untuk mencari tempat yang nyaman untuknya. Hal ini tidak lain untuk mencari tempat yang paling nyaman untuk mempersiapkan kelahiran bayinya.

  1. Mulai mencari sarang

Di akhir masa kehamilannya, kucing akan mulai mencari sarang atau tempat yang nyaman untuk mempersiapkan kelahiran bayinya. Biasanya kucing akan memilih tempat yang hangat dan tenang sebagai tempat dia melahirkan bayinya, dimana tempat tersebut juga akan menjadi tempat bayi-bayinya menghabiskan hari-hari pertama kehidupan mereka. Maka, di saat ini kamu pun bisa membantu mempersiapkan tempat yang nyaman untuk kucingmu. Misalnya, dengan menumpuk handuk kering dan hangat di pojok lemari.

  1. Keluar air susu

Ini merupakan tanda-tanda kucingmu sedang hamil tua. Keluarnya air susu dari puting kucingmu menandakan bahwa kucingmu benar-benar sedang hamil. Jika air susu telah keluar dari puting kucingmu, diperkirakan bahwa kucingmu akan melahirkan dalam 2 hingga 3 minggu ke depan.

  1. Hasil USG menunjukkan hasil yang positif

Untuk mendapatkan prediksi yang lebih akurat, tentu kamu bisa membawa kucingmu ke dokter hewan untuk menjalani pemeriksaan. Dokter hewan akan melakukan USG untuk memeriksa perut kucing dengan lebih akurat. Biasanya, tindakan ini bisa dilakukan saat kandungan kucing mencapai usia 3 minggu.

Setelah kamu mengetahui bahwa kucingmu hamil, ada baiknya jika kamu mulai memikirkan apakah kamu akan juga merawat bayinya atau tidak. Jika kamu tidak berniat menjadi breeder, sebaiknya kamu segera mensterilkan kucingmu setelah melahirkan nanti agar dia tidak hamil lagi. Namun, alangkah baiknya jika kamu membiarkan kucingmu hamil secara alami mengikuti siklusnya.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 17th, May 2017 / 05:13 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing