Sponsors Link

10 Ciri-Ciri Kucing Rabies yang Harus Kamu Ketahui

Sponsors Link

Semua orang pasti sudah mengenal penyakit yang seringkali diidap oleh hewan peliharaan khususnya anjing, yaitu rabies. Rabies biasanya kita sebut juga dengan penyakit anjing gila. Penyakit ini tergolong penyakit yang cukup serius dan cukup berbahaya karena bagian tubuh yang diserang adalah otak dan sistem syaraf, sehingga sangat vital dampak yang diberikan. Namun, Penyakit ini ternyata tidak hanya dialami pada anjing saja, melainkan kucing pun juga bisa mengidap penyakit rabies ini sehingga kita harus mengetahui ciri-ciri kucing rabies dan cara mengatasinya.

ads

Menurut beberapa referensi dokter hewan, penyebab dari penyakit kucing rabies ini adalah virus lyssaviruses. Yang kita ketauhi, beberapa virus merupakan media sumber penyakit yang mematikan seperti flu babi, SARS dan lain lain, dan virus untuk penyakit rabies ini dapat ditularrkan dari hewan yang terkena penyakit rabies kepada siapapun yang terkena air liur yang dimiliki pengidap rabies masuk kedalam tubuh manusia, walaupun awalnya hanya bersentuhan tangan. (baca: Penyebab Kucing Tidak Mau Makan)

Penyakit kucing rabies ini tergolong penyakit yang cukup mematikan seperti yang dijelaskan sebelumnya, dan memang harus ditangani secara medis maupun non medis secara cepat dan tepat pula, karena ternyata beberapa informasi menjelaskan penyakit ini tergolong yang sangat berbahaya dan bisa menular kepada semua makhluk hidup termasuk manusia.

Maka dari itu, apabila sekeliling kita ada kucing bahkan apabila kita memelihara kucing, anda harus memperhatikan beberapa ciri – ciri kucing rabies barangkali kucing anda mengidap penyakit ini . Berikut merupakan 10 ciri-ciri kucing rabies :

1. Rabies yang membabi buta

Gejala rabies yang satu ini seringkali juga disebut hidropobia yang mana kita kenal hydro adalah air dan phobia adalah takut, maka hidropobia adalah takut dengan air. Sehingga kucing yang mempunyai gejala seperti ini menyebabkan ketakutan yang besar kepada air, ketika kucing tersebut bertemu dengan air entah tidak sengaja maupun sengaja ketika disiram manusia maka otot-otot pada kucing yang terkena rabies ini menjadi kejang-kejang yang tak beraturan. sehingga kucing terlihat sangat takut kepada air dan terlihat aneh.

Bahkan, akibat gejala ini juga, kucing akan sangat kehausan karena jangankan meminum, untuk bertemu air saja sudah sangat takut. Apabila kamu ingin mengujinya, bisa kamu siram kucing kamu dengan air dan lihat reaksinya.

2. Rabies normal

Ketika kucing ini mengidap penyakit rabies dan mempunyai gejala rabies normal, tidak berarti kucing terlihat dan berprilaku normal. Namun, kucing ini akan terlihat berprilaku berlarian dengan aktif kesana kemari seperti sedang mencari benda yang tak kunjung ditemukan, terlihat gelisah dan sangat terlihat bingung, kucing pengidap rabies ini pun sangat mudah sekali terangsang dengan kondisi lingkungan sekitar dan juga suka sekali bertingkah tidak wajar dengan berprilaku menggigit benda apapun yang terlihat bergerak yang kucing itu mengira sedang berpotensi ancaman maupun tidak berpotensi ancaman. Sehingga hati-hati ketika kamu mendekati kucing kemungkinan akan diserang. (baca: Cara Menggemukan Kucing)

3. Rabies diam

Ciri-ciri kucing pengidap rabies  adalah memiliki gejala rabies diam, sama dengan rabies normal yang bukan berarti karena diam rabies ini tidak terlihat, namun gejala ini berhubungan dengan ketidakaktifannya dalam bertindak dan berprilaku. Dengan adanya gejala rabies diam ini, kucing pengidap rabies ini pun kehilangan vitalitas dengan cepat mengalami kelelahan ketika beraktifitas, suka menyendiri sehingga terkesan menjauhi bila ada kucing lain yang mendekat. (baca: Tanda – tanda Kucing Hamil)

Ciri lainnya, Kucing akan tidak terlalu responsif terhadap rangsangan yang bergerak dari yang berpotensi terhadap ancaman maupun yang tidak kemudian mengalami kelumpuhan atau sulit bergerak. Kemudian, karena rabies ini juga menyerang otot yang membuat kejang-kejang sehingga sekilas terlihat dari badan kucing ini seakan-akan gemetar, dan mempunyai sikap yang apatis dengan tidak peduli dengan kondisi lingkungan sekitar termasuk suka menyendiri terhadap kawanan kucing yang ada maupun manusia disekitarnya.

Sponsors Link

4. Seperti tidak ada gejala rabies

Sampai kepada gejala keempat, perhatikan kucing yang anda temui di jalanan maupun kucing yang anda pelihara dirumah, apakah memiliki gejala rabies . Bila iya segera beri tindakan secara medis maupun non medis. Pada gejala ini bukan berarti secara keseluruhan kucing pengidap rabies ini tidak mempunyai gejala apa-apa. Air beriak tanda tak dalam dan air tenang menghanyutan. (baca: Ciri – ciri Kucing Anggora)

Selayaknya peribahasa tersebut, gejalanya kambuh-kambuhan seperti gejala gatal-gatal pada tubuh sehingga terlihat sering menggesek-gesekkan tubuh atau anggota badan kepada benda sekitar yang ada agar rasa gatal pun berkurang, kemudian kejanga otot sampai kaku otot sehingga terlihat tubuh kucing pengidap rabies ini pun terkadang bergerak maupun diam, kemudian sembelit yang tak dimengerti.

5. Kucing akan terlihat kehausan

Ciri-ciri kucing rabies ini berhubungan dengan gejalan yang pertama, yaitu kategori penyakit ini kita kenal dengan hidrofobia yang mana kita kenal dari penjelasan sebelumnya atau pada poin pertama hydro adalah air dan phobia adalah takut, maka hidropobia adalah bersifat takut dengan air yang mengalir maupun tergenang. Tetapi dari beberapa refrensi, orang menyebutkan ciri-ciri kucing rabies ini pun hanya manusia yang dicurigai mengidap penyakit rabies yang mengalami hidofobia atau takut dengan air.

Namun beberapa orang lain meyakini bahwa tidak hanya manusia saja yang takut dengan air. Pernyataan ini didukung ketika kucing rabies yang kehausan diberikan air minum, kemudian respon yang diberikan kucing ini adalah otot kejang-kejang, kemudian kucing tersebut seolah-olah takut dengan air yang berprilaku menjauhi air dan enggan untuk mau minum. (baca: Cara Melebatkan Bulu Kucing)

6. Gelisah yang melanda

Ciri-ciri kucing rabies berikutnya adalah kucing rabies terlihat mudah gelisah dan kebingungan. Rasa gelisahnya terlihat tak ada sebab yang khusus,  terkadang kucing ini berjalan keliling kesana kemari kemudian balik lagi dan mengulanginya kembali. Seakan-akan mencari suatu benda yang belum ditemukan, gejala penyakit rabies ini memiliki kecendrungan kucing rabies ini bergerak kesana – kemari yang kucing rabies ini kira dapat menenangkan pikirannya bila bergerak – gerak.

Namun, kucing ini karena sering gelisah dengan bergerak kesana-kemari, akan terlihat lelah untuk beraktifitas lainnya. Namun, bila terlihat lemas juga bukan berarti pasti mengidap rabies mungkin ia sakit dan butuh kamu. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara mengatasi bila kucing lemas . Maka, coba lihat kucing sekeliling anda apakah memiliki ciri-ciri kucing rabies yang satu ini atau tidak.

7. Bereaksi tak wajar

Karena rabies ini menyerang bagian syaraf, prilaku mereka akan berubah. Sehingga kucing rabies akan terlihat sangat ganas dan tak bersahabat yang membuat suka menggigiti apapun dan menyerang benda apapun yang bergerak, membuat kucing ini bereaksi tak wajar yang membuat kita sulit menebaknya, hati – hati dekat kucing dengan gejala ini

Sponsors Link

8. Rabies tanpa Bentuk

Ciri-ciri dengan ciri ini tidak bisa ditebak karena kucing ini terkadang kucing ini merasa gatal, gejala spasm yang merujuk pada tegang dari otot , aktivitas tiba-tiba. Pada bidang kedokteran, istilah ini sering dipakai untuk menunjukkan kontraksi otot yang muncul tiba-tiba dan tanpa sadar

9. Sensitif terhadap suara, getaran, dan cahaya

Ciri-ciri kucing rabies yang satu ini sangat rentan terhadap suara, getaran maupun cahaya. Apabila ada kucing rabies ini, ketika kita berikan suara maupun dalam bentuk panggilan atau nyanyian maka respon kucing ini tidak tenang. Sama dengan kita berikan getaran juga, apabila kita beri getaran pada lantai dimana kucing tsb berada maka respon kucing ini cenderung agresif dan tidak bersahabat. Kemudian ketika diberikan cahaya saat gelap dengan cara diberi cahaya senter maupun menyalakan lampu maka kucing ini bereaksi tanpa wajar dan bisa bisa menyerang.

10. Kucing menjadi agresif

Pada akhirnya, ciri-ciri kucing rabies ini pun secara garis besar menjadi sangat agresif. Maka dari itu, jangan sekali-kali mendekati kucing rabies dengan gejala ini. kucing ini akan merespon benda apapun yang bergerak sebagai ancaman, kucing ini akan bereaksi tanpa wajar dan bisa menyerang tanpa sebab padahal benda yang bergerak itu tak melakukan apa-apa.

Setelah dari penjelasan diatas, ciri-ciri kucing rabies cukup banyak namun menjaga diri sendiri dan keluarga dari penularan virus rabies adalah yang paling utama dan sebenarnya tidak sulit. Bisa dengan cara menghindari interaksi kucing pengidap rabies dimana saja, tapi sebelumnya telisik lebih dahulu apakah berpotensi rabies atau tidak, karena seyogyanya yang dijauhi penyakitnya bukan anjingnya, oke? (kn)

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 18th, May 2017 / 09:40 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing