Sponsors Link

20 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan & Cara Mengatasi

Sponsors Link

Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yag paling umum dimiliki oleh para pecinta hewan. Bagaimana tidak, kucing merupakan hewan yang manja,lucu dan cukup mudah untuk dipelihara. Mungkin beberapa alasan inilah yang menjadikan banyak orang jatuh cinta kepada kucing.

ads

Tapi, tahukah kamu jika kucing merupakan hewan yang cukup rentan terkena penyakit? Ya, kucing akan sangat rentan untuk sakit, bahkan jika dia tidak mau makan sehari saja. Pada hewan pada umumnya, terdapat cadangan lemak di tubuhnya yang secara fisiologis tubuhnya akan mengubah cadangan lemak tersebut menjadi  energi.

Namun, pada kucing proses ini terjadi secara sangat tidak efisien. Menurut beberapa sumber, proses pembakaran lemak yang terjadi pada kucing,terdapat sebuah proses metabolisme yang bisa merusak jaringan organ di hati kucing.  Akibatnya, jika kucing kamu sedang melakukan aksi mogok makan, bisa jadi organ hatinya rusak dan bisa berujung pada kematian!

Oleh karena itu, kamu harus bisa memahami kucingmu. Kucing kesayanganmu tidak bisa berbicara dengan bahasa manusia, maka kamulah yang harus mempelajari penyebab-penyebab yang bisa jadi alasan kucing kesayanganmu mogok makan.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Jika kamu sudah mengetahui bahaya yang bisa terjadi jika kucingmu tidak mau makan, kamu harus waspada jika gejala tidak mau makan terjadi pada kucingmu. Untuk itu, yuk simak pembahasan berikut ini tentang beberapa penyebab kucing tidak mau makan:

  1. Bosan dengan Makanannya

Tidak berbeda dengan manusia yang menginginkan makanan yang bervariasi, hewan peliharaan juga memiliki keinginan yang sama. Kucing peliharaanmu bisa saja bosan dengan makanan yang kamu berikan, terutama jika kamu memberi makanan yang itu-itu saja setiap hari. Hal ini bisa saja menjadi penyebab dari kucingmu yang tidak mau makan. (baca: Cara Menggemukan Kucing)

  1. Nafsu Makan

Sama seperti manusia, ada kalanya kucing juga kehilangan nafsu makan. Kucing merasa malas makan dan lebih memilih untuk bermalas-malasan dan tidur seharian. Namun, kamu sebagai pemiliknya sebaiknya tidak membiarkan hal ini. Teruslah membujuk kucingmu untuk mau maka. Jika perlu, berilah kucingmu vitamin tambahan untuk merangsang rasa laparnya. (baca: Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas)

  1. Sakit Mulut

Apakah kamu pernah mengalami sariawan yang mengganggu nafsu makanmu? Hal ini juga bisa terjadi pada kucingmu. Ada kemungkinan terdapat luka di mulut kucing yang membuatnya merasa sakit saat makan sehingga menghilangkan nafsu makannya. Cobalah untuk memeriksa mulutnya apakah ada luka tertentu di mulutnya atau apakah ada bau yang kurang sedap dibanding biasanya. (baca: Tanda – tanda Kucing Hamil)

  1. Sistem Pencernaan Terganggu

Seperti yang sudah dibahas di awal, kucing merupakan salah satu hewan yang memiliki metabolisme tubuh yang kurang baik. Akibat dari hal ini pula, kucing lebih rentan untuk mengalami gangguan pencernaan, dimana saat pencernaan kucing terganggu, dia juga akan kehilangan nafsu makannya.

Penyebab dari pencernaan kucing yang terganggu ini bisa saja berasal dari makanannya yang kurang berkualitas. Selain itu, parasit atau benda asing lain yang masuk ke tubuh kucing juga bisa memicu masalah pencernaan pada kucing.

Beberapa penyakit pencernaan pada kucing, antara lain radang akut atau kronis yang menyerang membran lapisan usus besar. Bisa juga penyakit pencernaan akibat adanya cacing dan protozoa di perutnya. Kamu juga harus memperhatikan kucingmu jika dia sedang bermain karena bisa saja kucingmu memakan benda asing yang bukan makanannya yang bisa menyebabkan pencernaannya terganggu. (baca: Ciri – ciri Kucing Anggora)

  1. Malas

Ada kalanya juga kucing merasa malas dan hanya ingin tidur seharian. Hal ini cukup umum terjadi pada kucing ras, khususnya kucing Persia. Jika hal ini yang terjadi, pancinglah kucing untuk beraktivitas dan mau makan meskipun sedikit. (baca: Cara Melebatkan Bulu Kucing)

ads
  1. Sakit

Hal ini mungkin sedikit berhubungan dengan poin nomor tiga dan empat. Namun, sakit yang terjadi pada kucing bukan hanya sakit mulut dan pencernaan. Bisa saja kucing kesayanganmu mengalami sakit yang lain yang membuatnya merasa lemas dan muntah-muntah. Hal ini tentu membuatnya tidak nyaman dan kehilangan nafsu makan. (baca: Ciri – ciri Kucing Rabies)

Seperti manusia, kucing pun bisa saja terserang berbagai penyakit. Berikut ini beberapa penyakit pada kucing yang mungkin menjadi penyebab kucing kesayanganmu tidak mau makan:

  • Pankreatitis, atau peradangan yang terjadi pada organ pankreas kucing.
  • Kanker, misalnya limfoma pada usus
  • Perubahan lingkungan bakteri usus.

Melihat banyaknya kemungkinan penyakit yang bisa dialami oleh kucing, maka kamu sebagai catlover  harus lebih waspada terhadap perubahan apapun yang terjadi pada kucingmu. (baca: Cara Menggemukan Kucing Kampung)

  1. Stress

Kucing juga bisa merasa stress yang membuatnya melakukan aksi mogok makan. Penyebab kucing merasa stress biasanya ada dua macam, yaitu lingkungan dan tekanan. Misalnya, jika kucing tersebut baru kamu adopsi dan dia masih dalam masa adaptasi, biasanya kucing tersebut rentan mengalami stress. Maka, buat kucingmu merasa senyaman mungkin, ya! (baca: Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok)

  1. Sedang dalam Masa Birahi

Apakah kucingmu sudah lama sendiri dan tidak memiliki pasangan? Bisa jadi, dia merasa stress dan tertekan karena birahinya tidak tersalurkan! Oleh karena itu, ada baiknya kamu sebagai pemilik yang baik mencarikan pasangan untuk kusing kesayanganmu. Hal ini dikarenakan, kucing yang sedang birahi namun tidak mendapat pasangan bisa merasa tertekan dan kehilangan nafsu makan. (baca: Cara Menghilangkan Kutu Kucing)

9. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kucing tidak mau makan. Pada umumnya, kucing menyukai tempat yang hangat dan menyesuaikan kondisi suhu tubuhnya. Oleh karena itu, di saat cuaca yang sangat panas, kucing enggan makan dan memilih untuk tidur. Sementara, saat cuaca dingin, kucing memilih untuk minum susu hangat dibandingkan memakan makanannya. (baca: Ciri – ciri Kucing Akan Melahirkan)

10. Kondisi Tempat Makan Lembab

Sudah dijelaskan di atas bahwa kucing menyukai tempat yang hangat. Oleh karena itu, tempat makan bagi kucing harus dibersihkan setiap ingin memberi makan. Sebelum menuangkan makanan, pastikan tempat makan sudah kering dan tidak ada air tersisa.

Kamu mungkin merasa khawatir atau bahkan panik jika kucingmu sedang tidak mau makan meski kamu sudah membujuknya dengan berbagai cara. Namun, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi mogok makan pada kucing. Yuk, kita simak berikut ini!

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Jika kamu melihat kucingmu menunjukkan beberapa tanda dan gejala mogok makan, sebaiknya kamu tidak perlu panik dan terlalu khawatir. Kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk membujuk kucing kesayanganmu agar mau makan kembali:

  1. Beri makanan kucing yang bervariasi

Cobalah untuk mengganti makanan kucingmu dengan variasi makanan lain. Jika biasanya kamu memberi makanan yang kering, cobalah untuk mengganti dengan makanan kucing kalengan yang basah. Atau, kamu juga bisa mencampur makanan yang basah dan kering. Namun, perlu kamu ketahui bahwa memberi makanan basah terlalu banyak pada kucing bisa menyebabkan karang dan fel yang berlebih di gigi kucing kamu.

  1. Dekatkan makanan ke hidungnya

Kadang kucing terlalu malas untuk beranjak dan mendekati makanannya. Untuk itu, cobalah untuk mendekatkan makanan ke hidung dan mulut kucing. Cara ini mungkin bisa membangkitkan nafsu makannya dan memancing kucingmu untuk mau mendekati makanannya dan mulai makan dengan lahap.

  1. Suapi

Kucing peliharaan itu layaknya anak-anak yang harus kamu rawat sebaik mungkin. Maka, jangan ragu untuk menyuapi kucingmu jika dia terlihat lemas dan malas makan. Hal ini merupakan bentuk kasih sayangmu kepada kucing peliharaanmu.

Kamu bisa menggunakan sendok kecil, sedotan, atau bahkan syringe (suntikan tanpa jarum) untuk memasukkan makanan ke mulut kucing. Tentu saja untuk melakukan hal ini kamu perlu memberikan makanan basah, bukan yang kering. Kamu bisa menambahkan air hangat ke makanan tersebut untuk menambah tingkat kelembutan makanannya untuk mempermudah kucingmu menelan makanan tersebut. Suapi kucingmu dengan perlahan-lahan untuk mencegah dia tersedak.

  1. Beri obat sakit mulut

Jika kucingmu mengalami sakit mulut sebagai penyebab tidak mau makannya, kamu bisa memberinya obat untuk sakit mulutnya. Tidak perlu pusing memilih obat, kamu bisa memberi obat yang biasa kamu pakai. Misalnya, salep untuk sariawan yang aman  jika tidak sengaja tertelan.

  1. Beri vitamin

Seperti anak kecil yang susah makan biasa kita beri vitamin, kucing peliharaan pun juga bisa diberi vitamin tambahan untuk menambah nafsu makannya. Kamu bisa mencari vitamin di apotek terdekat. Usahakan kamu memilih vitamin untuk anak-anak agar takarannya lebih tepat. Misalnya, vitamin B kompleks dan lysin yang bisa menambah nafsu makan sekaligus mencegah virus herpes dan flu kucing.

Sponsors Link

  1. Ajak dia bermain

Jangan sampai kucingmu merasa bosan, apalagi jika kamu baru saja mengadopsinya. Ajak kucingmu bermain dan aktivitas bermain ini akan membantunya beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Dengan kucingmu merasa happy, nafsu makannya pun akan lebih terjaga.

  1. Beri tempat yang nyaman

Saat awal-awal kucing tersebut diadopsi, usahakan kucingmu jauh dari lingkungan yang membuatnya stress dan tertekan. Usahakan tidak ada hewan lain yang terlalu agresif padanya. Jauhkan dia dari kucing kampung atau kucing tetangga yang galak. Berikan dia juga tempat tidur yang nyaman supaya kucing kesayanganmu lebih tenang.

  1. Bawa ke dokter

Jika kamu masih khawatir dengan kondisi kucingmu, maka tidak ada salahnya untuk segera membawanya ke dokter hewan. Dokter mungkina akan memberinya Tube Feeding atau pemberian makan melalui selang langsung ke lambungnya. Jika kucingmu memang sakit, dokter juga bisa memberi obat atau vitamin yang lebih tepat untuk kesehatan kucingmu.

9. Tube Feeding

Tube Feeding adalah salah satu cara dalam pemberian makanan dengan memasukkan makanan ke dalam perut kucing melalui selang khusus. Cara Tube Feeding direkomendasikan hanya dilakukan oleh dokter hewan atau ahli spesialis kucing. Tube Feeding juga hanya diperuntukkan untuk hewan yang sedang sakit atau tidak dapat menelan ataupun mengunyah makanan secara sempurna. Kemudian, cara ini juga diterapkan pada anak kucing yang tidak bisa menyusui langsung juga tidak dapat menyusu menggunakan dot.

10. Jangan Campurkan Obat di dalam Makanan

Kucing bisa mendeteksi dengan baik apa saja yang tercampur di dalamnya. Hal ini dikarenakan indra penciuman kucing yang sangat tajam dibandingkan dengan hewan lainnya. Oleh karena itu, pastikan memberikan obat secara terpisah serta berikan makanannya dengan jarak waktu yang teratur.

Nah, sekarang kamu tidak perlu lagi terlalu khawatir menghadapi kucing yang tidak mau makan. Kamu cukup perlu mengenali penyebabnya dan memberi kucingmu perlakuan yang tepat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 15th, May 2017 / 12:48 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing