Sponsors Link

15 Ciri-ciri Kucing Akan Melahirkan yang Mudah Dikenali

Sponsors Link

Kucing merupakan mamalia yang akan mengandung sekitar 2 bulan untuk kemudian mengalami proses persalinan. Sama seperti hewan lainnya, pada saat akan melahirkan kucing akan menunjukkan beberapa tanda yang menunjukkan bahwa ia akan segera melahirkan. Dari muncul tanda hingga bayi kucing lahir akan memakan waktu sekitar 12 hingga 36 jam. Kita perlu terus mengawasi kucing kita yang akan melahirkan karena terkadang terdapat beberapa masalah terkait kehamilan yang dapat berbahaya bagi induk dan bayinya. Jika kita mengetahui dari dini permasalahan yang ada, kita dapat segera meminta bantuan dokter hewan agar persalinan dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu berikut ini kami akan memberikan 15 ciri-ciri dari seekor kucing yang akan melahirkan:

ads

1. Perubahan Perilaku Pada Kucing

Pada tahap awal menjelang persalinan, kucing akan mengalami beberapa perubahan perilaku yang dapat kita amati. Perubahan perilaku tersebut berupa kucing yang terlihat gelisah, gugup, dan juga menjadi lebih manja. Terkadang kucing juga tampak mencari perhatian dari pemiliknya seperti terus mengikuti majikannya kemana pun. Untuk mengatasi tanda ini, kita dapat mengelus kucing untuk menenangkan dan membuat dia lebih relax.

Baca juga: Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

2. Kucing Mengeong Terus Menerus

Selain perubahan perilaku seperti yang telah di jelaskan di atas, pada tahap awal persalinan kita juga akan mendapati kucing yang terus menerus mengeong. Hal ini dikarenakan kucing mulai gelisah karena akan melahirkan. Oleh karena itu jika kita mendapati kucing kita suka mengeong lebih sering dari biasanya, kita perlu curiga bahwa kucing tersebut akan memasuki proses persalinan.

3. Membuat Tempat Tinggal Baru

Beberapa hari sebelum melahirkan, kucing akan mulai berkeliling untuk mencari tempat sebagai “rumah”nya yang baru. Biasanya kucing akan tampak mencari ruang kosong seperti lemari atau perabotan rumah dan akan masuk di dalamnya. Hal ini dilakukan karena kucing ingin melahirkan di tempat yang nyaman dan hangat. Sebagai majikan, kita dapat menyediakan sebuah kotak besar yang cukup untuk menampung induk dan anak-anak kucing yang akan lahir. Kita bisa menggunakan koran dan handuk atau selimut sebagai alas agar kandang baru tersebut nyaman bagi induk kucing dan anak-anaknya.

Baca juga: Tanda – tanda Kucing Hamil

4. Berkurangnya Nafsu Makan

Pada tahap awal saat akan melahirkan, kucing akan mengalami penurunan nafsu makan. Kita tidak perlu khawatir jika kucing kita mengalami hal ini, karena ini merupakan tanda bahwa ia akan segera melahirkan. Penurunan nafsu makan ini terjadi karena kucing merasa gugup dan ingin berkonsentrasi penuh pada proses persalinan yang akan dihadapi. Oleh karena itu tidak perlu cemas akan tanda seperti ini jika anda menemukannya pada kucing anda yang sedang hamil. (baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing)

5. Perubahan Suhu Tubuh

Normalnya kucing memiliki suhu tubuh antara 37,5  – 39 derajat celcius. Jika terjadi penurunan suhu tubuh di bawah 37 derajat celcius maka itu merupakan tanda bahwa kucing akan mengalami persalinan segera. Biasanya jika mengalami penurunan suhu tubuh, sekitar satu hari setelahnya kucing tersebut akan melahirkan. Untuk itu kita perlu untuk mengecek suhu tubuh kucing kita yang sedang hamil setiap hari sehingga kita bisa melihat perubahan suhu tubuh seperti ini.

Baca juga: Ciri- ciri Kucing Anggora

6. Suka Tidur Terus Menerus

Jika mendekati masa persalinan, hal yang sering kita jumpai pada kucing adalah ia akan tidur lebih lama dari biasanya. Untuk kucing normal yang tidak mengandung biasanya akan menghabiskan waktu sekitar 17 – 18 jam untuk tidur dalam sehari. Dan jika ia akan melahirkan, maka kucing akan tidur lebih lama dari itu. Hal ini dikarenakan kucing yang mudah lelah karena kontraksi yang sudah mulai dapat dirasakan.

ads

7. Mudah Terusik Dengan Kucing Lain

Beberapa hari sebelum melahirkan, kucing akan mudah merasa terganggu dengan kehadiran kucing lain. Terkadang induk kucing ini juga akan mudah bertengkar dengan kucing lain. Hal ini terjadi karena induk kucing menganggap kucing lain sebagai ancaman terhadap anak-anaknya yang akan lahir. Jika memiliki kucing lebih dari satu, maka lebih baik jika kita memisahkan sementara induk kucing ini dengan kucing-kucing yang lainnya.

Baca juga: Cara Melebatkan Bulu Kucing

8. Mengeluarkan Cairan dari Daerah Kelamin

Pada tahap awal proses persalinan kucing akan mengalami kontraksi uterus. Meskipun demikian kita kontraksi ini tidak dapat tampak oleh mata kita. Salah satu tanda lain adalah keluarnya cairan seperti air seni dari kelamin kucing. Terkadang juga bisa berupa bercak mirip darah. Kita tidak perlu khawatir akan hal ini, karena ini merupakan pertanda bagus bahwa kucing kita akan segera melahirkan.

9. Terjadi Perubahan Pola Nafas

Pada saat persalinan semakin dekat, pola nafas dari kucing akan berubah. Jika kita mendengarkan dengan seksama, nafas kucing terdengar semakin cepat dan terkadang kucing akan terdengar terengah-engah. Selain itu kucing juga akan mengeluarkan suara dengkuran teratur dan terus-menerus. Tanda-tanda ini menunjukkan bahwa proses kelahiran akan segera tiba. (baca: Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok)

10. Sulit untuk Bergerak

Tanda lain dari kucing yang akan melahirkan adalah perilaku kucing yang semakin tidak cekatan atau gesit.

Pada umumnya kucing yang normal akan bergerak dengan gesit, tetapi pada kucing yang akan melahirkan tidak. Induk kucing akan tapak lebih sering diam dan hanya menjilat-jilat tubuhnya dan tidak terlalu banyak bergerak. Hal ini terjadi karena perut kucing sudah semakin membesar sehingga kucing akan merasa kesulitan jika harus banyak bergerak.

Baca juga: Ciri – ciri Kucing Rabies

11. Membesarnya Kelenjar Susu

Pada minggu akhir kehamilan, kita akan mendapati kelenjar susu dari induk kucing yang membesar. Hal ini adalah normal karena kelenjar susu tersebut memang akan dipersiapkan untuk dapat menyusui anak-anaknya setelah melahirkan. Jadi dengan pembesaran kelenjar susu ini menandakan bahwa anak-anak kucing akan segera lahir.

12. Mengeluarkan Cairan Kolustrum

Pada akhir minggu menjelang persalinan, kita akan mendapati keluarnya cairan dari kelenjar susu kucing. Cairan ini disebut dengan cairan kolustrum. Cairan kolustrum berwarna kekuningan dan merupakan pertanda bahwa kucing telah siap untuk melahirkan. Cairan kolustrum ini adalah cairan susu yang nantinya akan diminum oleh anak-anak kucing setelah lahir.

13. Air Ketuban Pecah

Tanda ini merupakan tanda yang paling mencolok jika kucing kita akan melahirkan. Air ketuban akan pecah dan keluar jika kontraksi telah mencapai tahap selanjutnya. Air ketuban berwarna bening dan tidak berwarna. Jika kita telah melihat cairan ini maka sebaiknya kita segera menyiapkan tempat yang nyaman dan hangat yang nantinya akan digunakan oleh induk kucing untuk melakukan persalinan.

Sponsors Link

Lihat juga: Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas

14. Kucing Sering Menjilat Area Kelamin

Hal lain yang dapat menjadi pertanda bahwa kucing kita akan segera melahirkan adalah kucing akan tampak sering menjilat area kelaminnya. Hal ini diakibatkan kucing mulai merasakan kontraksi karena akan segera melahirkan. Jika melihat tanda ini kita perlu segera waspada karena kucing akan segera melahirkan.

15. Kucing Merasa Kesakitan

Pada tahap lanjut proses persalinan, kontraksi yang dialami induk kucing akan semakin kuat. Karena kontraksi yang semakin kuat ini kucing akan merasa kesakitan dan dia akan mengejan agar anak-anaknya bisa keluar. Tetapi jika kita mendapati induk kucing yang terus mengejan lebih dari setengah jam dan tidak ada anak yang keluar, atau dia telah mengalami proses persalinan normal selama lebih dari 4 jam, maka kita harus segera menghubungi dokter terdekat. Hal ini mungkin karena terdapat masalah dalam kandungan kucing tersebut dan membutuhkan penanganan lebih lanjut dari dokter hewan.

Lihat juga: Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Demikian penjelasan terkait bermacam Ciri-ciri Kucing Akan Melahirkan yang mudah dikenali.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 19th, May 2017 / 08:33 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing