Sponsors Link

15 Cara Merawat Siberian Husky Agar Jinak yang Mudah

Sponsors Link

Siberian Husky merupakan salah satu jenis anjing yang hidup di iklim dingin. Meskipun demikian kita tetap dapat memelihara anjing ini di Negara tropis tetapi dengan perawatan yang khusus dan ekstra. Anjing ini secara natural tidak agresif dan sangat ramah terhadap manusia. Meskipun demikian jika perawatan dan pelatihan yang diberikan salah maka anjing ini bisa menjadi agresif. Berikut ini kami akan memberikan 15 tips bagaimana cara untuk merawat anjing Siberian Husky berdasarkan dari sifat alami anjing tersebut.

ads

1. Memberi Makan Makanan Anjing yang Berkualitas

Anjing Husky di habitat aslinya merupakan anjing yang dapat bertahan hidup dengan jumlah makanan yang sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya kita memberikan makanan yang tidak mengandung banyak kalori ke anjing ini agar dia dapat tumbuh sehat dan memiliki energy yang cukup untuk bermain.
Beri makan Husky cukup satu atau dua kali sehari dan hindari aktivitas berlebih minimal 90 menit setelah makan. Jumlah makanan Husky tergantung dari ukurannya, umur, dan status kesehatan. Untuk Husky muda, beri dia makan tiga kali sehari. Saat ia berusia 3 hingga 4 bulan, makanan dapat diberikan cukup 2 kali sehari. Jangan member Husky makanan manusia atau makanan kaleng karena dapat menyebabkan diare. Cukup diberikan makanan khusus untuk anjing.

Lihat juga: Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas

2. Menyikat Bulu Anjing Saat Bulu Rontok

Secara alami anjing Husky merupakan anjing yang bersih. Mereka hampir tidak berbau dan bisa merawat diri mereka sendiri sehingga kita tidak perlu repot untuk mengurusinya lagi. Meskipun begitu, bulu anjing ini mudah rontok terutama saat musim berangin. Kerontokan yang normal terjadi sekitar 3 minggu. Cara merawatnya adalah dengan menyikat bulu Husky satu kali seminggu agar dapat menghilangkan bulu mati dan dapat membuat bulu bersilau dan segar. Pada saat musim panas jangan mencukur bulu anjing ini. Dengan mencukur kita bisa menghilangkan pelindung bagi anjing ini terhadap radiasi ultraviolet.

3. Memandikan Anjing Seperlunya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa anjing Husky mampu menjaga dirinya tetap bersih sehingga kita tidak perlu terlalu sering memandikan anjing ini. Kita dapat memandikan anjing ini hanya satu kali dalam setahun. Jika kita tidak bisa memandikan anjing ini sendiri, kita bisa meminta bantuan jasa perawatan hewan.

Baca juga: Ciri – ciri Kucing Rabies

4. Rajin Memotong kuku anjing

Kuku anjing Husky perlu untuk dipotong sebanyak satu kali dalam seminggu atau dua minggu. Jika anjing Husky kita sangat berenergi dan susa bagi kita untuk memotong kukunya, ktia dapat membawanya ke dokter hewan. Yang perlu diingat, kuku anjing ini dapat terpotong secara natural karena aktifitas bermain anjing ini.

5. Menyikat Gigi Anjing

Jika dapat dilakukan, sikatlah gigi anjing Husky anda paling tidak 2 atau 3 kali seminggu. Kita dapat menggunakan pasta gigi khusus anjing yang dapat dibeli di dokter hewan atau petshop. Dengan menyikat gigi, nafas anjing dapat menjadi lebih segar. Selain itu hal ini dapat menyebabkan terbentuknya plak pada gigi yang nantinya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Jika kita kesusahan menyikat gigi anjing ini sendiri, kita dapat meminta bantuan kepada dokter hewan.

Baca: Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

6. Mengajarkan Anjing untuk Bersosialisasi

Sosialisasi dapat mengajarkan anjing untuk berinteraksi dengan beberapa aspek di lingkungan seperti orang dan anjing lainnya, dimana hal ini dapat membantu anjing menjadi percaya diri dan menjadi anjing yang bersikap baik. Biarkan anjing anda untuk menghabiskan waktu disekitar orang-orang baru dan mengalami berbagai macam pemandangan dan suara.

Sekarang ini terdapat sekolah untuk anjing muda, dimana kegiatan ini dapat membantu anjing Husky untuk berinteraksi dengan anjing lain. Anjing Husky dapat mengikuti kelas ini pada saat berusia 4 atau 5 bulan.
Selain itu kita dapat mengajak anjing Husky untuk berjalan di taman dimana di tempat itu terdapat banyak orang, pemandangan, dan suara. Amati anjing anda saat berada di lingkungan baru. Jika dia tampak ketakutan atau khawatir akan sesuatu, jangan ajak dia untuk kembali merasakan hal tersebut.

ads

7. Masukkan Anjing Husky Dewasa ke Pelatihan Anjing

Secara alami, Husky merupakan anjing yang mandiri dan pintar. Walaupun begitu, anjing jenis ini terkadang keras kepala dimana training bisa menjadi susah dilakukan. Saat Husky berusia 4 bulan bawa dia ke pelatihan anjing dan kelas dapat dilanjutkan hingga berusia 12 bulan. Sangatlah baik untuk melatih anjing Husky sejak dari dia kecil. Perlu diketahui juga bahwa anjing ini cukup pintar untuk bisa membedakan keadaan di kelas dan di rumah. Bisa saja dia berperilaku baik saat di kelas tetapi menjadi nakal saat di rumah. Untuk itu kita perlu terus rajin melatih dia meskipun berada di rumah.

Baca juga: Cara Melebatkan Bulu Kucing

8. Melatih Anjing untuk Mengenal Kandangnya

Kegiatan ini sangatlah penting untuk Husky muda. Dengan mengenalkan anjing terhadap kandangnya, dia tidak akan mudah untuk buang air kecil atau besar sembarangan. Selain itu, kandang dapat menjadi tempat yang nyaman bagi Husky apabila dia merasa takut atau membutuhkan istirahat. Perlu diingat bahwa kandang bukan merupakan tempat hukuman bagi anjing. Jangan memasukkan Husky ke dalam kandang apabila dia berbuat kenakalan, hal ini dapat membuat Husky berpikir negative terhadap kandangnya.

Baca: Cara Menggemukan Kucing Kampung

9. Latihan Mengendurkan Tali Anjing

Jika kita mengendurkan tali anjing, biasanya Husky akan langsung melepaskan diri dan lari menuju hal yang ingin dia capai. Anjing ini sangatlah senang untuk berlari dan menangkap sesuatu karena ini adalah insting alami seekor predator seperti dirinya. Oleh karena itu kita perlu mengajarkan dia jika tali anjing dikendorkan, dia tidak boleh berperilaku seperti ini.

Latihan ini juga dapat mengajarkan anjing untuk tidak menarik-narik majikannya. Jika dia melakukan hal ini, kita dapat tetap diam dan memanggilnya untuk kembali atau dengan lembut dan segera berjalan ke arah yang berlawanan dari arah tarikan anjing. Jangan menarik tali anjing secara cepat dan kuat, hal ini dapat membuat Husky untuk menarik anda semakin keras. Di kelas pelatihan anjing, latihan ini juga diajarkan ke anjing anda.

Baca juga: Ciri- ciri Kucing Anggora

10. Ajarkan Bahwa Anda Adalah Majikan Bagi Anjing Anda

Husky merupakan anjing yang hidup berkelompok dan memiliki pemimpin dalam kelompok tersebut. Anjing Husky anda harus melihat anda sebagai pemimpinnya. Cara paling mudah untuk mengajarkan hal ini adalah dengan mengajarkan dia untuk menunggu saat akan makan. Dengan mengontrol waktu anjing untuk makan, Husky akan melihat diri anda sebagai sumber yang menyediakan makanannya, sehingga dia akan melihat anda sebagai pemimpinnya.

Baca: Ciri – ciri Kucing Akan Melahirkan

11. Latihan Bersama Anjing Dalam Kegiatan Sehari-hari

Dia habitatnya, Husky merupakan anjing pekerja dimana dia terbiasa untuk menarik beban berat dalam jarak yang panjang. Oleh karena itu kita dapat melihat bahwa anjing ini membutuhkan kegiatan sehari-hari yang penuh semangat untuk menyalurkan energinya. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah sekitar 30 – 60 menit sehari. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah berjalan, bermain menangkap benda, mendaki gunung, atau berenang di kolam.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing

12. Amankan Halaman Anda Untuk Mencegah Anjing Kabur

Husky merupakan anjing yang pintar untuk kabur. Jika anda membiarkan anjing ini bermain di halaman, pastikan bahwa halaman anda tertutup dengan pagar yang tinggi. Terkadang Husky juga dapat kabur dengan menggali tanah. Oleh karena itu pagar yang didirikan juga harus menancap hingga beberapa inci di dalam tanah. Selain itu hal ini dapat dicegah dengan terus menemani anjing anda bermain agar dia tidak merasa bosan dan ingin kabur.

13. Memberikan Teman Bermain Untuk Anjing

Husky adalah anjing yang suka bersosialisasi. Dia akan sangat senang jika terdapat anjing lain yang dapat bermain bersama dengannya. Idealnya, anjing yang dapat menjadi teman bermain Husky adalah anjing yang berukuran sama dengannya.

Baca juga: Tanda – tanda Kucing Hamil

Sponsors Link

14. Jangan Berolahraga di Musim Panas

Husky memiliki bulu yang tebal yang cocok untuk hawa dingin. Jika cuaca sedang panas, aktifitas bermain haruslah dibatasi karena cuaca panas dapat membuat anjing tidak nyaman. Saat musim panas, bermain dapat dilakukan saat hari masih pagi. Dan juga jangan biarkan anjing di luar ruangan terlalu lama melainkan bawa dia untuk bermain di dalam ruangan saja.

15. Selalu Hibur Anjing Anda

Anjing Husky adalah anjing yang pandai dan membutuhkan stimulasi mental agar membuat dirinya terus senang dan terhibur. Mainan anjing dapat menjadi hiburan yang baik untuk anjing Husky. Tetapi pilihlah mainan yang kuat untuk dikunyah karena Husky dapat dengan mudah menghancurkannya.

Baca juga: Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Demikian penjelasan bagaimana tips dan 15 Cara Mudah Merawat Siberian Husky yang efektif dan membuat anjing anda sehat dan enerjik. Selamat Mencoba.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 20th, May 2017 / 06:42 Oleh :
Kategori : Anjing, Hewan Peliharaan