Sponsors Link

15 Tips Memelihara Anak Kelinci Bagi Pemula

Sponsors Link

Bagi anda yang ingin memelihara anak kelinci baik itu membeli, mengadopsi atau menemukan anak kelinci yang ditinggalkan induk, maka harus dilakukan dengan benar sebab anak kelinci sangat rentan terhadap penyakit khususnya karena sudah lepas dari induk pada usia yang masih terlalu kecil.

ads

Seperti anak hewan lain seperti kucing, anjing dan beberapa hewan peliharaan lainnya, anak kelinci membutuhkan perawatan dan kasih sayang tanpa henti agar bisa tumbuh dengan baik dan juga bahagia.

Dalam artikel kali ini kami akan memberikan beberapa tips memelihara anak kelinci bagi pemula yang bisa anda gunakan sebagai panduan dalam memelihara anak kelinci tersebut.

  1. Siapkan Kotak Untuk Bersarang

Untuk cara memelihara kelinci di rumah, maka hal pertama yang harus dipersiapkan adalah kotak untuk bersarang. Bayi kelinci yang baru lahir beberapa hari belum memiliki bulu sehingga sangat butuh kehangatan. Mempersiapkan kotak lengkap dengan alas sehingga anak kelinci bisa selalu merasa hangat dan aman dalam satu tempat. Jika anda tidak memiliki kotak kecil, anda juga bisa menggunakan kardus dengan penutup sekitar 2.5 cm agar bayi tidak keluar dari dalam kotak.

  • Masukkan rumput ke dalam kotak namun yang tidak mengandung pestisida atau penyubur, jerami atau ijuk sebagai alas dalam kotak. Letakkan alas tersebut diatas handuk bersih yang tidak memiliki banyak benang kendur agar anak kelinci tidak tersangkut.
  • Letakkan kotak tersebut pada area sepi dan gelap sebab terlalu banyak aktivitas disekitarnya bisa membuat anak kelinci stress.
  1. Kenalkan Makanan Pada Anak Kelinci

Bayi kelinci bisa mulai mengunyah pelet sesudah masuk usia 2 minggu sesudah kelahiran. Bayi kelinci biasanya akan menyusu selama 8 minggu sesudah dilahirkan dan akan mengurangi asupan susu dari induk secara perlahan. Hindari menyapih anak kelinci terlalu cepat sebab sistem imunnya belum kuat tanpa antibodi cukup dari air susu induk kelinci yang juga harus dilakukan pada cara merawat kelinci anggora.

Hindari memberi makan sayuran hijau pada anak kelinci selama beberapa bulan karena bisa menyebabkan komplikasi pencernaan. Jika anak kelinci sudah mulai besar, maka bisa diberikan wortel, selada romaine dan juga kale.

  1. Beri Susu Anjing atau Kucing

Anak kelinci bisa diberikan susu untuk bayi anjing atau bayi kucing sebanyak 2 kali sehari yang bisa didapat di toko hewan peliharaan dan tambahkan juga dengan sedikit probiotik untuk menjaga pencernaan anak kelinci agar selalu sehat namun jangan pernah berikan anak kelinci dengan susu sapi.

  1. Hindari Memberi Makan Terlalu Banyak

Hindari juga memberikan makanan terlalu banyak untuk anak kelinci karena bisa menyebabkan kematian dan juga bisa menyebabkan tanda tanda kelinci anggora sakit. Untuk jumlah makanan yang diberikan tergantung dari umur anak kelinci dengan mengikuti pedoman yang kami berikan berikut ini.

Sponsors Link

  • Kelinci baru lahir hingga 1 minggu: 2 sampai 2.5 cc/ml untuk setiap pemberian makan yang dilakukan 2 kali sehari.
  • Kelinci umur 1 sampai 2 minggu: 5 sampai 7 cc/ml setiap kali pemberian makan yang dilakukan 2 kali sehari.
  • Kelinci umur 2 sampai 3 minggu: 7 sampai 13 cc/ml untuk setiap pemberian makan sebanyak 2 kali sehari.
  • Kelinci berumur 2 sampai 3 minggu sudah bisa diberikan jerami timothy, jerami oat atau makanan dengan bentuk pelet yang ditambahkan dengan air.
  • Kelinci umur 3 sampai 6 minggu: 13 sampai 15 cc/ml untuk setiap kali makan yang diberikan 2 kali sehari.
  1. Hentikan Susu Formula Pada Waktu Tepat

Hentikan pemberian susu formula sesudah anak kelinci berumur 6 sampai 9 minggu dan secara perlahan, ganti pemberian susu formula tersebut dengan makanan berupa potongan kecil kecil apel tanpa biji dan juga pisang.

  1. Jaga Kelinci Dengan Mata Belum Terbuka Sempurna

Apabila anak kelinci yang anda pelihara masih terlalu muda dan bagian mata baru terbuka sebagian, maka anda bisa membantu bayi kelinci tersebut dengan membungkus kelinci memakai kain hangat untuk membungkus area mata dan telinga agar tidak membuat anak kelinci ketakutan yang juga harus dilakukan dalam cara untuk beternak kelinci.

ads

  1. Rangsang Perut Kelinci

Anak kelinci atau kelinci yang baru lahir membutuhkan rangsangan agar bisa buang air kecil dan air besar sekaligus untuk memberikan makanan. Ini bisa dilakukan dengan cara membelai lembut alat kelamin kelinci dan juga area dubur dengan cotton bud atau kapas. Ini harus dilakukan untuk mengganti rangsangan yang biasanya dilakukan induk kelinci ketika menjilat.

  1. Biarkan Kelinci Bermain Diluar

Sesudah anak kelinci bisa berjalan, maka anak kelinci harus menghabiskan waktu bermain di rerumputan selama beberapa jam. Jaga terus kelinci selama bermain agar tetap aman dari pemangsa atau bahaya lain.

Membiarkan kelinci bermain pada area rerumputan terbuka sangat penting agar kelinci tidak stress dan membantu tumbuh kembangnya menjadi sehat dan bahagia. Namun sebaiknya ini tidak dilakukan dalam cara merawat kelinci di musim hujan karena bisa membuat kelinci sakit.

  1. Berikan Makan dan Minum Tanpa Dibantu

Sesudah anak kelinci berumur 4 hari atau lebih, maka letakkan wadah air di tempat datar berukuran kecil di dalam kandang. Biarkan anak kelinci minum susu formula tanpa bantuan dan segera ganti susu yang sudah tumpah agar anak kelinci selalu makan dengan takaran yang tepat. Isi ulang susu formula tersebut setiap pagi dan sore namun jangan dilakukan berlebihan.

Hindari meletakkan wadah air terlalu dalam di sekitar kandang kelinci karena bisa menyebabkan anak kelinci tenggelam yang juga harus dilakukan dalam cara memelihara kelinci anggora anakan.

  1. Perkenalkan Makanan Baru

Sesudah anak kelinci berumur lebih dari 4 hari dan sudah bisa minum susu formula sendiri, maka anda bisa memberikan makanan lain dalam kandang mereka. Beberapa jenis makanan yang bisa diberikan untuk anak kelinci diantaranya adalah:

  • Potong roti berukuran kecil kecil
  • Rumput segar yang baru saja dipetik
  • Jerami kering yang serupa dengan rumput.
  • Jerami timothy
  • Jerami clover
  • Potongan buah apel tanpa biji
  • Oat.
  1. Sediakan Air Minum Bersih

Anak kelinci yang mulai tumbuh dewasa juga sangat membutuhkan air bersih dan segar. Air bersih ini bisa membantu pencernaan anak kelinci dan menjaganya agar tetap sehat dan tidak dehidrasi atau kekurangan air.

  1. Coba Angkat Kelinci

Dalam cara merawat kelinci tanpa induk yakni ketika anak kelinci sudah mulai tumbuh dewasa, maka anda bisa mencoba untuk mengangkat kelinci. Jika anak kelinci tersebut tidak berlari ketika anda mengelusnya, maka duduk dan angkat kelinci secara perlahan dan taruh diatas pangkuan anda. Sebaiknya anda duduk diatas lantai dan bukan di kursi atau bangku. Kelinci merupakan hewan darat sehingga terlalu berada jauh di ketinggian akan membuatnya takut.

Jika kelinci berusaha menghindar ketika diangkat, maka jangan dipaksa namun bisa dipancing dengan makanan. Saat ia sudah terbiasa dengan anda dan tidak menganggapnya sebagai ancaman, maka ia akan keluar dari kandang dan mulai mengambil makanan tersebut kemudian bisa mengelus kelinci tersebut dengan perlahan.

  1. Sisir Bulu Kelinci

Menyisir bulu kelinci menjadi cara baik untuk membentuk ikatan antara anda dengan anak kelinci sekaligus untuk cara membersihkan kelinci. Gunakan sisir sikat berbahan lembut sehingga ia bisa merasa senang dan nyaman ketika dielus. Cara ini sangat baik dilakukan untuk mengajari anak kelinci jika kehadiran anda tidaklah berbahaya.

  1. Hindari Beberapa Jenis Makanan Berbahaya Untuk Kelinci

Seperti jenis hewan lain, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan oleh kelinci. Meski kelinci adalah hewan herbivora, namun bukan berarti bisa mengkonsumsi segala jenis tumbuhan.

  • Hindari memberikan kacang kacangan: Makanan jenis kacang kacangan atau gandum  seperti jagung, gandum, biskuit dan juga segala jenis kacang memang sangat disukai kelinci, namun membuat anak kelinci hanya makan makanan yang dianggapnya enak. Hal ini bisa membuat nutrisi anak kelinci berkurang yang kemudian tulang melemah dan gigi kelinci bisa tumbuh terlalu besar yang akhirnya membuat kelinci obesitas.
  • Hindari diberikan sayuran hijau: Anak kelinci yang masih berumur dibawah 6 bulan sebaiknya tidak terlalu banyak diberikan sayuran berwarna hijau. Sayuran hijau bisa diberikan hanya sebagai camilan dan untuk buah bisa dipotong kecil kecil namun juga pemberiannya harus dibatasi karena tinggi akan gula.
  • Jika kelinci kesulitan mencerna, maka berikan air, jerami dan serealia yang direbus lama dan jumlah banyak pada anak kelinci yang sangat baik juga dilakukan sebagai cara mengobati kelinci sembelit. Jangan berikan makanan lainnya lebih dahulu dan batasi menu makan kelinci. Sesudah pencernaan kelinci kembali normal, maka bisa diberikan jenis makan lain satu per satu dengan bertahap.
  • Hindari memberikan wortel terlalu banyak sebab mengandung tinggi oksalat yang bisa membuat anak kelinci menderita batu kandung kemih.
  1. Berikan Mainan Untuk Kelinci

Anak kelinci sangat senang bermain diluar karena merupakan hewan aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sekaligus baik dilakukan sebagai cara mengobati kelinci yang stress. Untuk itu, berikan banyak jenis mainan untuk anak kelinci agar bisa tetap aktif. Beberapa mainan yang bisa diberikan untuk anak kelinci adalah:

  • Mainan gratis seperti gulungan kertas tisu toilet yang dijejali dengan jerami yang nantinya bisa digulingkan atau dilemparkan bahkan digigit oleh anak kelinci.
  • Mainan kucing juga bisa diberikan untuk mainan kelinci seperti bola plastik ukuran kecil dengan lonceng di bagian dalam yang sangat menyenangkan untuk anak kelinci.
  • Anda juga bisa membuat mainan bayi seperti cincin kunci yang bisa digunakan anak kelinci untuk dilempar atau digoyangkan.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 11th, July 2018 / 08:07 Oleh :
Kategori : Kelinci