Sponsors Link

15 Cara Memelihara Kelinci Anggora Dengan Mudah

Sponsors Link

Kelinci Anggora merupakan salah satu jenis kelinci yang memiliki bulu yang lebat dan sering dimanfaatkan sebagai bahan pakaian. Kelinci ini bersifat sangat ramah dan dapat dijadikan hewan peliharaan karena sifatnya yang cukup disukai itu. Jika anda memiliki kelinci Anggora atau berencana untuk memelihara kelinci ini, maka anda harus mengetahui cara merawat kelinci tersebut termasuk mengenai kesehatan, kebutuhan nutrisi, kandang, dan pengetahuan lainnya. Oleh karena itu berikut ini kami akan memberikan 15 cara memelihara kelinci Anggora yang efektif dan mudah.

ads

1. Menjaga Kesehatan Kelinci Anggora

Untuk menjaga kesehatan kelinci Anggora berarti kita harus sering membawa kelinci ini ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan rutin. Jika kelinci anda menunjukkan gejala sakit maka jangan ragu untuk segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Beberapa gejala sakit pada kelinci adalah diare yang berair, tidak menggunakan kaki belakangnya untuk bergerak atau malas untuk melompat, konstipasi, urin berwarna gelap atau urin jarang keluar, mudah lelah, mata atau hidung berair, demam, dan selalu mengeluarkan air liur.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah membuat kelinci anda steril. Tindakan ini dapat dilakukan dengan melakukan konsultasi dengan dokter hewan anda sebelumnya. Jika anda tidak berniat untuk memiliki anak kelinci yang lain, anda dapat melakukan tindakan ini pada usia 4 hingga 6 bulan. Tujuan dari steril pada kelinci adalah mencegah kehamilan yang tidak diinginkan serta mencegah timbulnya penyakit. Perlu diketahui bahwa kelinci betina yang tidak di steril memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mendapatkan kanker uterus.

2. Selalu Memeriksa Keadaan Gigi Kelinci

Gigi dari kelinci Anggora tidak akan pernah berhenti untuk bertumbuh. Oleh karena itu dia akan selalu senang untuk mengunyah sesuatu agar meratakannya. Jika gigi kelinci anda terlihat semakin panjang maka anda dapat membawanya ke dokter hewan untuk sedikit memotongnya. Jangan pernah memotong gigi kelinci anda sendiri, karena gigi kelinci dapat menjadi retak dan menyebabkan pembengkakan hingga masalah yang serius pada mulutnya.

3. Rajin Merawat Bulu Kelinci

Kelinci Anggora merupakan jenis kelinci yang memiliki bulu yang halus sehingga banyak orang yang mencukurnya untuk dijadikan bahan pakaian. Walaupun demikian, jangan pernah untuk mencukur bulu kelinci anda. Anda dapat menyikat bulu kelinci ini sebanyak satu kali sehari agar bulu mereka tetap halus dan sehat. Pada saat menyikat bulu kelinci anda dapat menggunakan sisir khusus hewan. Dengan menyikat bulu kelinci maka anda dapat mengurangi bulu yang rontok pada perabotan, karpet, dan pakaian anda.

4. Memberi Makanan Yang Tepat

Kelinci Anggora sangat menyukai jerami sebagai makanannya. Selalu pastikan bahwa kelinci anda memiliki cukup banyak jerami untuk dikunyah, Jerami memiliki semua nutrisi penting yang dibutuhkan bagi kelinci untuk tetap sehat. Dengan mengunyah, gigi kelinci dapat menjadi rata dan tertahan pertumbuhannya. Selain itu kita perlu mengetahui bahwa terdapat makanan yang tidak boleh diberikan kepada kelinci Anggora. Makanan tersebut adalah brokoli, jagung, bayam, kacang yang belum dikupas, kubis, dan kembang kol. Makanan-makanan ini berbahaya karena susah untuk dicerna oleh kelinci Anggora dan dapat menyebabkan kelinci menjadi sakit.

5. Memberikan Pellet Kelinci

Anda juga dapat memberikan kelinci Anggora anda pellet kelinci setiap hari sebagai tambahan nutrisi. Anda dapat memberikan pellet sebanyak seperempat atau setengah mangkuk per hari. Beberapa kelinci Anggora membutuhkan penyesuaian makanan tergantung kondisinya. Hal ini dapat anda konsultasi kan ke dokter hewan anda.

6. Memberikan Sayuran Hijau Kepada Kelinci

Sayuran hijau merupakan sumber nutrisi yang baik bagi kelinci Anggora. Berikan beberapa sayuran hijau kepada kelinci anda setiap hari. Kelinci anda dapat menyukai kale, lobak hijau, kalian, atau seledri.

7. Selalu Memenuhi Kebutuhan Air

ads
Kelinci Anggora memerlukan akses yang mudah ke sumber air yang bersih dan segar. Untuk wadah air anda dapat menggunakan botol yang terdapat dihisap diujungnya karena botol ini lebih susah terkontaminasi dengan kotoran, debu, dan jerami. Selalu ganti air minum kelinci anda paling tidak sekali sehari dan selalu periksa keadaannya. Jika anda ingin menggunakan mangkuk keramik, pastikan bahwa mangkuk tersebut cukup berat dan lebar sehingga tidak mudah dibalikkan oleh kelinci anda.

8. Memilih Kandang Yang Tepat Untuk Kelinci

Kelinci Anggora membutuhkan ruang yang cukup luas agar dia dapat melompat dan bermain. Untuk itu pastikan bahwa kandang kelinci anda berukuran paling tidak 1,2 meter persegi. Jika alas kandang terbuat dari kawat besi, berikan alas seperti papan atau alas plastic yang dapat melindungi kaki kelinci anda.

9. Meletakkan Beberapa Kotak Kardus Di Dalam Kandang

Kelinci Anggora sangat senang bersembunyi di dalam kotak kardus, mengunyah kotak tersebut, dan mendorong-dorongnya. Oleh karena itu kita dapat meletakkan beberapa kotak kardus di dalam kandangnya sehingga dia dapat bermain-main dengan kotak tersebut. Kotak tersebut dapat diisi dengan jerami dan lubangi di sisinya sehingga kelinci dapat bermain sekaligus makan dengan mudah. Selain kotak kardus untuk bermain, anda juga harus menyediakan sebuah kotak untuk kelinci buang air. Kotak tersebut dapat dialasi dengan beberapa lembar koran atau sobekan koran. Pastikan juga bahwa kotak tersebut selalu bersih agar tidak menimbulkan bau tidak sedap.

10. Menyediakan Bahan-bahan Yang Mudah Dikunyah

Kelinci Anggora memiliki kebiasaan untuk mengunyah sepanjang waktu untuk mencegah giginya terus bertumbuh. Untuk itu pastikan bahwa kita selalu menyediakan beberapa benda yang dapat dikunyah oleh kelinci ini. Benda tersebut dapat berupa handuk, papan, batang apel, buah papan dari pinus, dan sebagainya.

11. Selalu Meletakkan Kelinci Di Dalam Rumah

Kelinci yang diletakkan di luar rumah biasanya tidak dapat berumur panjang. Hal ini disebabkan karena kelinci tidak tahan terhadap panas, mudah mengalami hipotermia, dapat diserang predator, dan sering merasa kesepian. Untuk itu kita harus selalu menjaga kelinci Anggora kita dengan meletakkan dirinya di dalam rumah sepanjang hari.

12. Bermain dengan Kelinci Setiap Hari

Kelinci Anggora memiliki kebutuhan untuk berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatanya. Paling tidak dalam sehari dia membutuhkan 2 jam untuk bergerak dengan cara meletakkannya di luar kandang. Selalu pastikan bahwa anda mengawasi kelinci anda setiap waktu saat dia bermain di luar kandangnya dan jangan melukai dirinya.

13. Melindungi Kelinci dari Kabel Listrik

Karena sifatnya yang suka mengunyah sesuatu, maka saat bermain di luar kandang dia dapat mengunyah kabel listrik. Untuk itu kita harus memastikan bahwa area dia bermain jauh dari kabel listrik atau jangan biarkan kabel listrik berada di lantai. Jika tidak maka kelinci akan menggigitnya dan ia akan mati karena tersengat listrik. Oleh karena itu kita harus selalu waspada agar kelinci tidak melakukan tindakan yang berbahaya seperti ini.

Sponsors Link

14. Mencegah Kelinci Mengunyah Kayu dan Tembok

Kelinci Anggora juga dapat mengunyah perabotan kayu seperti pintu, kursi dan meja serta tembok. Anda perlu mengawasi kelinci anda saat dia bermain di luar kandang untuk memastikan bahwa dirinya tidak mengunyah benda-benda tersebut. Pastikan juga bahwa kelinci anda tidak mengunyah karpet, atau wallpaper tembok. Jika anda melihat dia mengunyah sesuatu yang tidak diperbolehkan jangan mendisiplinkan kelinci tersebut. Kelinci tida dapat mengerti dan dapat menyebabkan dirinya takut terhadap orang. Untuk mengatasi hal ini, cukup angkat kelinci anda dan letakkan dirinya di benda yang boleh dikunyah.

15. Menggendong Kelinci dengan Benar

Cara menggendong kelinci Anggora dengan benar adalah dengan menahan pantat kelinci dengan satu tangan dan gunakan tangan anda yang satunya untuk menahan beban tubuh kelinci. Jangan mengangkat kelinci dengan cara menarik telinganya atau dengan meletakkan tangan anda di bagian dada. Jika anda melakukan tindakan yang salah ini, anda malah akan membuat kelinci anda menjadi terluka.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 29th, May 2017 / 08:46 Oleh :