Sponsors Link

15 Cara Mengatasi Anjing Susah Makan Efektif

Sponsors Link

Pada dasarnya, makanan adalah kebutuhan seluruh makhluk hidup, dari manusia hingga binatang. Karena dari makanan dapat diperoleh energi untuk beraktifitas sehari – hari. Namun, pada binatang contohnya anjing, seringkali kamu temui  anjing hewan peliharaan kamu tidak bernafsu makan, padahal hampir semua jenis makanan pasti dihabiskan dari pizza, gorengan, ikan hingga nasi ( walaupun bukan makanan alaminya ) . Pasti membuat kamu kebingungan dan bertanya – tanya apa gerangan yang terjadi pada anjing kamu .

ads

Melihat anjing kesayangan kamu tidak mau makan adalah suatu hal yang menyedihkan, takut menjadi kurus, tak bertenaga bahkan sakit . Penyebab dari hal itu bermacam – macam, termasuk penanganannya yang berbeda – beda tergantung penyebab tersebut, sehingga harus ditemukan penyebabnya dalam rangka pengobatannya .

Beberapa penyebab anjing kamu tidak mau makan adalah :

  • Sedang sakit . Coba periksa anjing kamu bagaimana kesehatannya, apakah cara jalannya begitu gontai maupun bagaimana pencernaannya mungkin saja terganggu . mengenai pencernaan, bisa kamu perhatikan bagaimana kotorannya atau informasi lebih lanjut coba kamu konsultasi dengan okter hewan atau ahlinya .
  • Stress . walaupun anjing kamu tidak pernah menghadapi ujian sekolah namun banyak ujian kehidupan yang dihadapinya yang bisa mempengaruhi psikologi dari anjing tersebut . hal tersebut bisa disebabkan oleh ada anjing lain yang lebih dominan sehingga dianggap sebagai pesaing berat, lingkungan tempat tinggalnyanya yang kurang nyaman, maupun ada anjing yang meninggal .

Setelah kamu mengetahui beberapa penyebab yang berpotensi membuat anjing kamu tidak nafsu makan, maka kamu bisa melakukan cara dibawah ini yang kami ulas dalam “15 Cara Mengatasi Anjing Susah Makan” yang kami ulas dibawah ini :

1. Konsultasikan kepada dokter hewan terdekat

Karena dokter lebih mengetahui bagaimana mekanisme maupun hal psikis tubuh dari anjing sehingga akan diberi perlakuan secara medis maupun non medis. Treatment yang diberikan dokter bisa berupa pemberian obat – obatan maupun terapi yang bisa kamu lakukan di rumah. (baca: Jenis Pitbull Petarung)

2. Persaingan

Daya saing akan memicu kemajuan karena akan merasa berkompetisi dengan saingannya . Peliharalah anjing lebiih dari satu ekor agar anjing peliharaan kamu merasa bersaing dan bisa diajak untuk berkompetisi. Nah, ketika pada waktu makan bersama maka anjing kamu akan terpicu dan berlomba untuk menghabiskan makanan. Perlu diperhatikan juga, barangkali karena kamu memelihara lebih dari satu maka anjing tersebut merasa terintimidasi, maka coba pisahkan dan lihat reaksinya. (Baca : Cara Merawat Golden Retriever Agar Jinak )

3. Lingkungan

Bila anjing kamu baru tiba di lingkungan baru atau baru tiba dirumah kamu, maka kamu jangan langsung berikan makan karena anjing masih berada dalam tahap adaptasi lingkungan baru. Anjing yang berada dilingkungan baru akan membuatnya merasa ragu untuk makan karena merasa takut. Biarkan dia beradaptasi dengan lingkungan baru, melihat – lihat sekitar hingga anjing merasa aman dan nyaman, biarkan anjing minimal dalam waktu enam jam . Kemudian anjing bisa diberikan makan. (baca: Cara Menghilangkan Kutu Anjing Cepat)

4. Ganti tipe makanan

Makanan anjing kering dengan basah mengandung perbedaan.  Makanan basah seperti sup, dan yang kering seperti chip. Ganti makanan sesekali agar membuat anjing nafsu makan. Selain itu akan menambah serat bagi tubuh anjing . Namun, makanan kaleng / basah mengandung kalori lebih sedikit dari yang kering sehingga kamu juga harus mempertimbangkannya .(Baca : Cara Mengatasi Anjing Keracunan )

5. Perjalanan

Perjalanan jauh maupun pendek dalam memindahan posisinya, bisa membuatnya stress maupun mabuk dalam perjalanan karena berada pada lingkungan baru walaupun hanya dalam perjalanan dan berdampak kedepannya .sehingga biarkan ia beradaptasi maupun perlakuan yang menyegarkan si anjing.

ads

6. Disiplin waktu

Jangan beri makan anjing anda pada waktu yang senggang saja, beri dia makan pada waktu yang teratur sehingga pencernaanya pun memiliki siklus biologis yang baik. Kamu dapat memberikan anjing pada waktu – waktu tertentu seperti dua kali sehari setiap pukul 9 pagi dan pukul 7 malam secara berkala, selain itu berikan waktu juga untuk durasi menghabiskan makan 15 – 30 menit, bila anjing tidak menghabiskan atau menyentuhnya makan angkat dan jauhkan dari anjing . hal itu akan membuat anjing disiplin dan tidak menyia – nyiakan makanan.

7. Pickness atau perilaku masalah

Ini yang mungkin tidak mudah karena anjing tidak dapat berbicara. Terkadang anjing berprilaku yang aneh karena kondisi yang tidak sesuai harapannya, seperti tempat makan yang ketinggian membuatnya tak nyaman, lingkungan yang kotor maupun terlalu homogen. Sehingga kamu harus melakukan treatment ketika melihat situasi yang menjadi keluhan si anjing.

8. Olahraga

Olahraga membuat peredaran darah akan berjalan lancar dan menghasilkan oksigen. Hal ini terdengar simpel dan mudah namun terkadang sulit dituangkan dalam tindakan . Anjing harus bergerak dan berolahraga untuk membuang encergi mereka yang berlebihan dan tidak menumpuk . Olahraga juga berperan membuang lemak dan membuat anjing merasa lapar dan ingin makan, sehingga meningkatkan nafsu makan anjing kamu . Tidak perlu olahraga yang berat dan membutuhkan waktu lama, kamu cukup mengajak anjing kamu berjalan keluar rumah 15 – 20 menit maupun melakukan gerakan lempar tangkap.

9. Disiplin makanan

Memberikan anjing dengan jenis makanan yang sama akan membuat anjing merasa bosan, namun bila anda sering mengganti jenis makanan anjing ketika anjing tidak mau makan maka akan membuat anjing terus menerus mogok makan . sama seperti solusi poin ke-7, bila anjing tidak mau makan berikan shock terapy dengan mengangkat makanannya langsung agar anjing merasa makanan tsb begitu berharga.

10. Cemilan

Pemberian cemilan kepada anjing sangat diperlukan, agar makanan pokok yang harusnya dihabiskan tidak bersisa. Dengan adanya cemilan, dengan alaminya anjing akan mengurangi takaran sedikit demi sedikit makanan pokok yang ada sehingga anjing akan merasa bergantung pada cemilan makanannya. Selain itu, cemilan yang tidak cocok pada pencernaan akan membuat anjing tsb menjadi sakit sehingga menambah tidak menafsu makannya.

11. Berikan motivasi pada anjing

Motivasi untuk anjing begitu penting agar membangkitkan semangat perilaku anjing tersebut . yang bisa kamu lakukan dengan menyiapkan makanan anjing bersamaan dengan kamu menyiapkan untuk diri kamu sendiri kemudian santaplah bersamaan waktu sehingga anjing akan merasa tersemangati majikannya.

12. Steril Ancaman

Pastikan keamanan dan kenyamanan anjing kamu. Berikan lingkungan khusus sebagai tempat makan anjing kesayangan kamu . Jika anjing kamu berprilaku aktif , maka kamu bisa memberikan makanan pada tempat yang tenang, berbas dari kebisingan maupun gangguan. Hal ini akan sangat membantu agar anjing anda tidak panik maupun terdistraksi akan hal yang membuatnya menarik.

Sponsors Link

13. Umur mempengaruhi intensitas pemberian makan

Untuk anakan anjing hingga berumur 3 bulan membutuhkan banyak makan karena dalam masa pembangunan, beri makan sebanyak 4 kali sehari dan beri jarak waktu 4 – 5 jam . Untuk anjing diatas 3 – 6 bulan, beri anjing dengan 3 kali makan sehari dan jarak waktu 6 – 7 jam . untuk anjing diatas 6 bulan, maka kamu bisa memberikan makan 2 kali sehari dengan rentang sekitar 10 – 12 jam seperti jam 9 pagi dengan 7 malam.

14. Puasa Anjing

Terlihat aneh namun nyata. Anjing bisa kamu puasakan bila dalam keadaan sehat. Puasa anjing dilakukaan seminggu sekali, kemudian dilakukan pemberian makan biasa diantara hari tersebut, bisa juga menambah porsinya . Dengan adanya puasa, akan memberikan siklus pencernaan makanan pada anjing agar menambah nafsu makannya.

15. Vitamin B

Beri anjing makanan yang mengandung vitamin B12. Contohnya yaitu daging sapi, hati ayam matang maupun telur . Pemberian tidak harus setiap hari ,cukup tiga kali seminggu sebagai cemilan diwaktu makan .Beri makanan ini secara bertahap agar tak mengganggu pencernaan anjing.

Demikianlah ulasan kami dalam 15 Cara Mengatasi Anjing Susah Makan yang dapat kamu lakukan, beberapa solusi pun dilakukan setelah mencari tahu penyebab tidak bernafsunya anjing kamu, pada akhirnya kamu tak lagi sedih karena anjing kamu sudah makan dengan lahapnya .

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 27th, May 2017 / 06:23 Oleh :
Kategori : Anjing, Hewan Peliharaan